6 Cara Memilih Laptop Murah Harga 3 Jutaan yang Berkualitas

Posted on

Mencari laptop murah dengan harga 3 jutaan atau kurang adalah perkarah mudah, tinggal masuk ke mbah google ketik keyword laptop murah berharga 3 jutaan, langsung deh nemu deh sederetan link yang bisa membawa kita ke deretan laptop murah tersebut.

laptop murah 3 jutaan
Laptop Murah 3 Jutaan

Namun, yang sulit adalah mencari laptop murah kisaran harga 3 jutaan tetapi yang berkualitas terbaik di antara sekian banyak laptop murah yang kualitas-nya buruk atau sedang.

Bila bisa membayar harga paling minimal di banding harga pasar tetapi bisa mendapatkan barang yg terbaik di kelas-nya, kenapa tidak? Untuk hal itulah artikel ini kami ciptakan.

Cara pertama  : Pilih Brand Laptop Terpercaya

Untuk laptop murah berkualitas kami menyarankan anda membeli hanya brand – brand laptop sebagai berikut : Hp, Lenovo, Dell, Asus, dan Acer.

Yang di maksud dengan brand berkualitas adalah brand yang mempunyai pangsa pasar terbesar di dunia ( arti-nya seluruh dunia menggunakan produk mereka atas dasar kepercayaan terhadap kualitas dan after sales mereka) Kualitas sudah jelas, dan biasa-nya sudah terdapat garansi yang jelas selama satu sampai dua tahun ke depan dari tanggal pembelian. Ada-nya garansi yang jelas tentu memudahkan anda ketika laptop mengalami masalah dan butuh reparasi atau penggantian spare-part, serta dari sisi ekonomi anda akan membayar biaya yang minimal bila masi dalam masa garansi.

Saran : Bila anda tiba – tiba tertarik untuk membeli laptop karena harga-nya murah, tetapi brand-nya bukan salah satu yang kami sebut di atas, lebih baik lupakan saja, lanjutkan pencarian anda sampai menemukan salah satu dari brand di atas. Dengan begini anda akan terhindar dari sakit kepala di masa mendatang.

Cara Kedua : Pilih Processor berkualitas

Terdapat 2 Produsen besar Processor untuk laptop, yakni Intel dan Amd.

Processor yang di sematkan di laptop murah, tentu juga merupakan processor yang murah.

Perbedaan umum antara processor Intel dan AMD, Intel cenderung lebih mahal, tetapi tidak cepat panas dan cenderung lebih stabil jika di gunakan untuk kerja jangka panjang.

Processor tipe celeron adalah yang menjadi jagoan intel untuk beradu di pasar laptop murah, tipikal processor ini adalah processor hemat daya  dan mempunyai clockspeed dasar antara 1.0 GHz-1.1 GHz dan turbospeed sampai dengan antara 2,4 GHz – 2,6 GHz.

Ada juga tipe atom, tapi kami sama sekali tidak merekomendasikan tipe ini, bila tersemat intel atom pada spesifikasi suatu laptop, harap anda jauhi karena kinerja-nya yang kurang.

AMD memiliki Jagoan berupa Seri A ( A4, A6 dan A9 ) dan seri E2 (quad core). Dari sisi performance AMD seri A cenderung mempunyai nilai benchmark (nilai komputasi dari software tertentu) yang lebih baik ketimbang intel dan mempunyai clockspeed dasar yang lebih tinggi,  kisaran 1,5 GHz sampai 3.0 GHz. Walaupun termasuk kategori hemat daya, kemampuan ini kalah dibandingkan seri celeron.

Saran :

Untuk Seri Intel, kami saran : N3350 dan N4000

Untuk seri AMD, kami saran : A4-9120, E2 6110, A9-9400, dan semua seri A yang memiliki kode berkisar 9000 atau lebih.

Cara Ketiga : Pilih Nilai Ram 4 GB atau lebih

Ram adalah memori sementara, setiap apliksi yang kita jalankan, setiap tab browser yang kita buka akan mengambil ram dari laptop kita agar bisa beroperasi, dengan makin besar-nya ram, maka makin banyak aplikasi yang dapat di buka secara simultan. Membuat proses multi tasking menjadi lebih lancar.

Saran : kami merekomendasikan minimal 4 GB, karena 2 GB akan membuat pengalaman ber komputer anda penuh dengan lemot dan hang, yang berujung pada banyak penantian dan ketidaknyaman.

Cara ke-empat : Pilih display Minimal berkualitas HD

Laptop standard mempunya layar ukuran 14 Inci,

dan resolusi 1366 x 768 di kenal sebagai High Definition (HD). Dengan layar ber resolusi HD anda dapat menonton video ber resolusi 4K dengan baik, pengalaman yang anda rasakan sewaktu menonton atau membaca di laptop akan terasa jelas dan tajam.

Cara ke lima : Pilih yang sudah dibekali Windows 10

Sering kali vendor laptop menjual laptop sudah dibekali dengan sistem operasi Microsoft Windows 10 Original. Dengan membeli laptop yang sudah di paketkan dengan Windows 10, dapat di katakan anda mendapat-kan discount yang yang bermakna, karena 1 license Windows 10 jika di beli terpisah dibrandol dengan kisaran 1 Juta rupiah.

Saran: dengan memilih Laptop yang dibundling Windows 10 Original, anda dapat berhemat secara bermakna.  

Cara ke enam : Pilih desain tipis dan ringan

Jaman now desain laptop itu identik dengan perangkat yang tipis dan ringan (kecuali laptop gaming). Secara kinerja memang desain ringan dan tipis tidak memberikan nilai tambah, tetapi secara pamor tentu mempunyai nilai tersendiri, karena laptop desain tipis dan ringan sering di cap sebagai barang premium, jadi-nya tidak malu – maluin ketika anda membuka laptop ini di tempat umum seperti Coffee shop.

Contoh penerapan ke enam cara di atas dalam kasus nyata

Kami hadirkan 3 contoh  Laptop murah kisaran 3 jutaan yang sudah memiliki variabel – variabel di atas ( dapat anda cek di berbagai marketplace seperti Jd.Id, Tokopedia, Blibli dan Lazada)

Contoh 1 

Laptop DELL Inspiron 14-3462 6PFTF-CEL4W-BLK 14″/N3350/4GB/500GB/Intel HD Graphics/Win10

Laptop DELL Inspiron

Laptop besutan Dell ini memenuhi semua variabel positif kami di atas, sangat hemat daya dapat bertahan 6 – 8 jam, dan sangat ringan dengan berat hanya 1,8 Kg. Kami menemukan harga laptop ini berkisar sekitar 3,8 – 3,9 Juta di berbagai marketplace online di Indonesia, anda dapat melakukan riset lebih lanjut dengan mengetikan nama laptop ini di google DELL Inspiron 14-3462.

Contoh 2

Laptop ASUS VIVOBOOK SLIM A407MA-BV001T Intel N4000/4GB/1TB/WIN10

laptop asus vivobook slim

Laptop Asus ini sangat tipis dan ringan, hanya 1,5 Kg, sudah memenuhi semua variabel yang telah kami sebutkan di atas. Dari riset kami, harga laptop ini berkisar sekitar 3,8 – 3,9 juta rupiah. Anda dapat melakukan riset lebih lanjut di google dengan memasukkan kata kunci ASUS VIVOBOOK A407MA-BV001T.

Contoh 3

Laptop ASUS E402WA-GA001T

Laptop ASUS E402WALaptop ASUS E402WA

Dari riset kami Laptop ini lebih murah dari kedua temannya di atas, hanya sekitar 3,6 – 3,8 jutaan, walaupun demikian, laptop ini sudah memenuhi semua kriteria kami di atas, dan mempunyai nilai tambah tersendiri, seperti layarnya yang sudah beresolusi Full HD (1920 x 1080), menjadikan pengalaman menonton dan membaca berjalan sangat smooth dengan laptop ini.

Bila anda ingin menelursuri lebih banyak contoh nyata laptop murah terbaik, anda dapat berkunjung ke artikel 10 Laptop Murah Terbaik yang di tulis oleh tim meteran.net. Di artikel yang berkualitas tersebut, tim meteran menyaring 50 lebih laptop murah secara seksama dan hasil-nya terdapat 10 laptop murah yang menonjol, standard mereka terbilang tinggi walaupun untuk laptop budget. Review tersebut juga di lengkapi dengan penjelasan mendetail bagaimana mereka menguji atau memfilter tiap laptop, sampai dengan kelemahan dan kekuatan dari tiap laptop.  

Kesimpulan

Demikian tips kami mengenai 6 cara memilih laptop murah harga 3 jutaan  yang berkualitas, jika setiap cara tersebut di padukan dengan baik, kami yakin anda akan mendapatkan laptop murah bekinerja baik atau terbaik di kelas-nya (murah rasa premium).

3 contoh laptop murah yang kami lampirkan di atas merupakan penunjang untuk memudahkan anda mendapatkan gambaran dari panduan kami dan bagaimana mengaplikasikan-nya dengan baik dalam riset anda secara nyata.

Kami yakin dengan pengetahuan yang anda peroleh dari artikel ini jika diterapkan dengan seksama dapat menghemat waktu, tenaga, energi berpikir dan uang anda.
Semoga bermanfaat.