Benarkah Teknologi Informatika dan Ilmu Komputer Memiliki Prospek Kerja yang Bagus?

Posted on

Ingin belajar ilmu teknologi informatika namun masih ragu karena tidak tahu akan bekerja apa setelahnya? Berikut kami telah merangkum prospek lapangan pekerjaan yang bisa Anda coba.

pekerjaan untuk jurusan teknologi
Pekerjaan Untuk Jurusan Teknologi Informatika dan Ilmu Komputer

Dizaman yang serba canggih ini, beruntunglah Anda yang belajar dan memahami tentang dunia teknologi informatika dan ilmu komputer karena banyak sekali lapangan pekerjaan yang membutuhkan jasa Anda. Anda yang sudah penasaran dengan job-job tersebut, silahkan simak artikel ini hingga usai.

5 Prospek Pekerjaan Untuk Jurusan Teknologi  Informatika dan Ilmu Komputer

Di bawah ini adalah beberapa informasi mengenai prospek lapangan pekerjaan untuk Anda yang ahli atau merupakan lulusan jurusan teknologi informatika dan ilmu komputer. Berikut informasi selengkapnya untuk Anda,

  1. Sistem Analis

Prospek pekerjaan yang pertama adalah sistem analis. Sistem analis bertugas melakukan analisis terhadap sistem yang berbasis teknologi pada suatu perusahaan. Setelah melakukan analisis, mereka akan mencari jalan keluar untuk masalah teknologi yang ada di dalam perusahaan tersebut.

  1. Software Engineer

Pekerjaan yang selanjutnya adalah sebagai software engineer atau dengan mengembangkan perangkat lunak. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan keinginan klien seperti membuatnya untuk kepentingan bisnis, pendidikan, hiburan, ataupun games.

Seperti yang kita semua ketahui, pekerjaan software engineer sedang sangat dibutuhkan sekarang ini, baik oleh perusahaan digital maupun non digital. Startup startup digital juga kabarnya berani membayar besar untuk posisi ini, seperti traveloka, bukalapak, sepulsa, tokopedia, kliknclean, gojek, dan banyak lainnya.

  1. Konsultan IT

Lapangan pekerjaan teknologi informatika yang selanjutnya adalah menjadi konsultan IT. Anda yang sudah fasih atau ahli dalam bidang teknologi ini tentunya dapat memberikan saran mulai dari perencanaan hingga evaluasi saat menerapkan hal yang berbasis teknologi ini.

  1. Web Engineer

Menjadi seorang web engineer merupakan pekerjaan yang cukup keren. Tugasnya yaitu merancang sebuah website lengkap dengan beberapa komponen di dalamnya. Selain melakukan perancangan seorang web engineer memiliki tanggung jawab untuk memelihara dan mengembangkan web tersebut jika diperlukan.

  1. Programmer

Programmer menjadi salah satu pekerjaan yang paling digemari oleh mereka yang ahli dalam bidang teknologi informatika khususnya mereka kalangan muda. Tugas dari programmer ini membuat suatu  program sebagai suatu perangkat lunak yang memiliki suatu fungsi tertentu.

Tidak hanya sebatas software, banyak masalah hardware yang bisa diatasi oleh programmer, misalnya lambatnya kinerja laptop, smartphone yang terlalu panas, wifi yang tidak konek dan lain lain. Menjadi programmer membuka kesempatan tidak terbatas untuk menciptakan dan menyelesaikan banyak sekali permasalahan.

Demikianlah beberapa lapangan pekerjaan untuk Anda yang ahli atau memang lulusan jurusan teknologi informatika dan ilmu komunikasi. Pilihlah salah satu pekerjaan tersebut dan segera membuat surat lamaran pekerjaan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Gravatar Image
Saya orang yang simpel, suka nulis, dan jalan-jalan.