Cara Bermain Harmonika Yang Baik dan Benar Untuk Pemula

Posted on

Cara Bermain Harmonika – Masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang gemar dengan musik. Terbukti, Indonesia memiliki banyak sekali penyanyi maupun grup musik yang tak hanya tersohor di negerinya sendiri, namun di beberapa negera tetangga juga banyak yang menyukai musik Indonesia.

Sejak kecil, tak sedikit dari masyarakat Indonesia yang sudah terjun dan berlatih di bidang musik. Mereka menggunakan berbagai alat musik untuk mendukung aktifias bermusiknya. Dan salah satu alat musik yang cukup banyak digunakan oleh para pemian musik di Indonesia adalah harmonika.

Harmonika sendiri merupakan salah satu alat musik yang memiliki ukuran kecil. Meskipun kecil, namun alat musik satu ini mampu menghasilkan suara nada yang sangat bagus, sehingga tak heran jika masyarakat Indonesia banyak yang menggandrungi dan memainkan alat musik ini. Tentu semua orang bisa memainkan harmonika, asalkan mereka memiliki keinginan untuk belajar bermain harmonika dengan benar.

Cara Bermain Harmonika

Cara Bermain Harmonika Yang Benar Untuk Pemula

Nah, bagi anda yang masih pemula dalam memainkan harmonika, mungkin informasi seputar cara bermain harmonika yang bakal seputarcaraku.com bagikan pada kesempatan kali ini dapat membantu dan bermanfaat untuk anda semua. Silahkan anda simak baik-baik cara mudah belajar harmonika dibawah ini.

1. Memilih Harmonika Yang Tepat Untuk Pemula

Harmonika sendiri memiliki banyak sekali jenis yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Jika anda masih pemula, maka sebaiknya anda lebih memilih harmonika dengan jenis diatonik atau kromatik. Kedua jenis harmonika ini memang paling sering digunakan oleh para pemain harmonika, termasuk para pemula. Selain lebih mudah digunakan dibandingkan dengan jenis harmonika lainnya, diatonik dan kromatik bisa digunakan untuk membawakan lagu-lagu populer.

Untuk diatonik sering dikenal dengan nama Blues Harp, yang memiliki ciri fisik 10 lobang, yang artinya memiliki nada 2 1/2 oktav. Bagi Anda yang ingin bermain musik solo maupun isntrumen pengiring, maka harmonika diatonik dapat dijadikan sebagai pilihan tepat. Diatonik juga kerap kali digunakan untuk bermain musik Blues, Folk, dan Country. Dengan memiliki Ritcher-Tuned membuat diatonik datang dengan berbagai macam kunci, yakni mulai dari C-B.

Sedangkan untuk kromatik adalah memilih ciri fisik pada tombol disebelah kanan dengan fungsi untuk menaikkan nada yang ada. Dengan memiliki suara yang sangat lembut dan merdu, maka kromatik lebih banyak digunakan untuk memainkan solo pada musik Classic dan Swing Jazz. Namun, sekarang ini kromatik juga banyak digunakan untuk jenis musik lainnya, seperti Pop, Irish, Tanggo, hingga Blues. Umunya, kromatik datang dengan kunci C, yang artinya memiliki susunan notasi ketika tombol slider tidak ditekan.

2. Cara Memegang Harmonika Yang Benar Untuk Pemula

Sebagai pemula, memegang harmonika yang benar wajib anda lakukan untuk memudahkan Anda dalam mempelajari cara bermain harmonika. Dimana setiap pemain harmonika memiliki caranya sendiri-sendiri dalam memegang harmonika sesuai dengan kecocokannya. Namun, bagi anda yang masih pemula, maka kami sarankan kepada anda untuk memegang harmonika sesuai dengan kebanyakan orang memegang harmonika, seperti gambar dibawah ini.

cara memegang harmonika

3. Pelajari Nada Dasar Dalam Bermain Harmonika

Setelah anda melakukan kedua cara diatas dengan benar, maka cara selanjutnya merupakan langkah yang sangat penting untuk mempelajari bermain harmonika, yakni memahami posisi nada dasar dalam harmonika. Untuk nada dasar harmonika terletak pada lubang berikut:

Do = lubang 4 ditiup
Re = lubang 4 dihisap
Mi = lubang 5 ditiup
Fa = lubang 5 dihisap
Sol = lubang 6 ditiup
La = lubang 6 dihisap
Si = lubang 7 dihisap
Do = lubang 7 ditiup

Agar cepat menguasai dan lihai dalam bermain harmonika, maka sebaiknya anda lebih sering dan rajin dalam mempelajari nada dasar harmonika diatas. Selain itu, mempelajari nada dasar diatas juga digunakan sebagai salah satu pembelajaran teknik pernafasan.

Setelah anda menguasai nada nasar Harmonika, kini anda sudah bisa memainkan beberapa lagu menggunakan harmonika. Saran kami, pilihlah lagu yang sekiranya cukup mudah dipelajari dan dipraktekan menggunakan harmonika anda.

Untuk belajar harmonika memang terbilang gampang-gampang susah. Intinya Anda harus menguasai teknik nasa dasar bermain alat musik ini melalui cara bermain harmonika yang sudah kami sampaikan diatas, agar dapat memudahkan anda dalam memainkan alat musik satu ini.