Cara Investasi yang Benar dan Aman

Posted on

Di zaman yang serbah canggih ini, ada banyak cara untuk menggandakan uang. Investasi merupakan salah satu opsi yang tepat bagi sebagian besar orang. Untuk mengembangkan uang, tentu juga ada reskio yang harus siap diterima. Tetapi, bila Anda hendak berinvestasi, maka akan kami share informasi mengenai cara investasi yang benar dan aman.

cara investasi yang benar
Cara Investasi yang Benar dan Aman

Dengan mempelajari cara investasi yang baik, maka diharapkan Anda dapat berinvestasi dengan efisien dan aman. Yuk simak informasinya berikut ini.

Pertama

Untuk bisa berinvestasi, Anda tidak perlu harus menunggu mapan. Sebagaimana kebanyakan orang kaya yang biasa berinvestasi. Tetapi berinvestasi dengan tujuan agar bisa mapan. Oleh karena itu, investasi bisa dimulai sedini mungkin. Apabila Anda sudah berusia di atas 30 tahun, maka sebaiknya lakukan investasi mulai sekarang juga. Niat berinvestasi itu penting untuk masa depan Anda. Maka, investasi juga harus dilakukan untuk jangka panjang agar bisa dinikmati ketika Anda sudah tua nanti.

Ke dua

Investasi yang Anda lakukan akan mengecil daya belinya apabila Anda mengabaikan inflasi. Anda harus memperhatikan nilai saham, apakah sedang turun atau naik. Karena investasi saham memiliki resiko yang cukup besar, tetapi juga keuntungannya paling besar. Saham konsisten melampaui inflasi sejak tahun 1940.

Ke Tiga

Diversifikasi merupakan salah satu langkah yang perlu untuk dilakukan. Diversifikasi yaitu membagi modal Anda ke beberapa aset. Contohnya seperti diversifikasi properti, emas, surat hutang, dan saham. Tujuan melakukan diversifikasi adalah untuk mencegah kerugian secara total atau keseluruhan. Karena bila salah satu aset mengalami kerugian, maka masih ada aset lainnya yang mengalami keuntungan.

Ke Empat

Ini merupakan langkah yang penting. Ada banyak opsi investasi di pasar saham, mulai dari saham obligasi, saham, deposito, dan lain sebagainya. Sebaiknya Anda memilih investasi sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satunya yaitu memiliki resiko yang berbeda. Bila Anda tertarik untuk investasi saham, maka Anda harus mempelajari seluk-beluk saham dan kuatkan mental akan resiko yang dihadapi.

Ke Enam

Mulailah berinvestasi dengan modal kecil atau sedikit demi sedikit. Hal ini untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan keyakinan pada diri Anda. Pilihlah investasi terpercaya dan terjamin peningkatan performanya. Sebaiknya Anda juga berkonsultasi dengan broker Anda untuk mengetahui perkembangan saham di Internet.

Ke Tujuh

Monitoring investasi Anda minimal sebulan sekali. Terlalu sering memonitor investasi Anda justru dapat menimbulkan rasa was-was atau kecemasan.

Selain tips-tips berinvestasi di atas, Anda harus lebih banyak mempelajari segala hal yang berkaitan dengan investasi. Agar Anda benar-benar paham dan tahu betul seluk beluk investasi yang benar dan efisian demi masa depan Anda nantinya.