Cara Membasmi Rayap Lengkap dengan Manfaat Sarang Rayap

Posted on
manfaat sarang rayap
Manfaat Sarang Rayap

Rayap dianggap sebagai hewan yang merusak perabotan rumah, khususnya perabotan yang terbuat dari kayu. Rayap merupakan serangga yang menjadikan kayu sebagai makanannya dan memanfaatkan kayu sebagai tempat tinggalnya. Meski rayap dianggap sebagai hama bagi manusia, ternyata rayap juga memiliki manfaat dalam kehidupan. Manfaat-manfaat rayap tersebut dapat diperoleh dari sarang rayap.

Rayap dapat digolongkan ke dalam tiga jenis, berdasarkan lokasi sarang atau tempat tinggalnya. Jenis rayap itu antara lain adalah rayap kayu lembab, rayap kayu kering dan rayap tanah. Di antara ketiga jenis rayap tersebut, tipe yang paling banyak menimbulkan kerugian adalah kelompok rayap tanah dan rayap kayu kering.

Selain tiga jenis rayap tersebut sebagian ahli juga ada yang menggolongkan rayap dalam lima jenis rayap perusak kayu, berdasarkan lokasi sarang atau tempat tinggalnya yaitu rayap kayu lembab, rayap kayu kering, rayap tanah, rayap pohon, dan rayap subteran.

Manfaat Sarang Rayap

Beberapa ilmuan sudah menguji manfaat dari sarang rayap melalui beberapa penelitian. Pada penelitian di Amerika Serikat disebutkan bahwa tanaman yang memiliki sarang rayap disekitarnya akan memiliki kemampuan bertahan hidup lebih lama pada musim panas dan kemarau yang panjang. Sarang rayap juga dapat menjadi tolak ukur kesuburan dari tanah. Selain itu, adanya sarang rayap menunjukkan banyaknya jumlah cadangan air pada daerah tanah yang kering. Adanya sarang rayap di lingkungan dapat menjaga ketananan dan kesehatan ekosistem yang ada di sekitarnya. Sarang rayap yang dapat tumbuh sampai lima meter akan menjadi penunjuk arah bahwa cadangan air banyak tersedia di lingkungan tersebut. Hal ini sangat dibutuhkan oleh mahluk hidup lainnya.

Meskipun sering dianggap sebagai hama, di sisi lain ternyata rayap memiliki sarang yang begitu berguna bagi mahluk hidup lainnya, antara lain seperti menyuburkan tanah dan menjadi penunjuk arah adanya cadangan air yang dibutuhkan mahluk hidup. Karena seperti yang kita ketahui Tuhan akan menciptakan mahluk hidup dengan manfaatnya masing-masing. Begitu juga rayap dengan bermacam-macam manfaatnya bagi lingkungan di sekitarnya.

Cara Membasmi Rayap

Di sini kami tidak menjelaskan panjang lebar mengenai cara membasmi rayap. Lebih tepat Anda bisa langsung berkonsultasi dengan ahlinya. Yaitu jasa anti rayap yang siap membantu Anda dalam mengusir rayap-rayap di rumah Anda yang dirasa mengganggu keramahan lingkungan Anda. Silahkan hubungi ahlinya di nomor 021-29049130 atau langsung kunjungi website fumida.co.id.