Cara Membeli Saham Online untuk Pemula

Posted on

Banyak orang yang penasaran dan tertarik untuk melakukan investasi saham. Tetapi banyak yang belum tahu ilmunya dan cara untuk membeli saham secara online, terutama bagi para pemula. Sebelumnya kami sudah membagikan informasi tentang Cara Investasi yang Benar dan Aman, sekarang kami kembali berbagi informasi menarik lainnya untuk Anda.

cara membeli saham secara online
Cara Membeli Saham Online untuk Pemula

Bagi Anda yang masih termasuk kategori pemula, maka perlu dan penting mempelajari segala hal yang berkaitan dengan investasi saham ini. Jaman sekarang investasi saham dianggap sesuatu yang mahal, padalah investasi saham bisa dimulai dengan modal yang minim.

Tidak hanya modal sedikit, sekarang sudah ada kemudahan untuk daftar secara online dalam memulai investasi saham. Anda cukup memiliki smartphone/komputer/laptop dan jaringan internet, maka sudah bisa mendaftar di rumah. Membeli saham secara online tentu sangat memudahkan Anda, karena tanpa harus keluar rumah Anda sudah bisa melakukannya di rumah.

Bagaimana cara beli saham online yang mudah, dan apa saja yang harus diperhatikan? yuk simak poin dan penjelasannya di bawah ini.

Pilih Broker Saham Terpercaya

Perusahaan broker saham atau yang disebut dengan istilah sekuritas merupakan tempat perantara untuk membeli saham kepada bursa efek Indonesia. Ada banyak sekali broker saham yang bisa Anda temui melalui internet, mulai dari broker saham lokal hingga broker asing. Nantinya Anda akan melakukan transaksi saham di broker, maka sebaiknya memilih broker saham yang benar-benar terpercaya.

Sebelum memilih broker, maka kumpulkan informasi mengenai rekomendasi broker yang terpercaya. Salah satu ciri broker yang memiliki kualitas terbaik adalah support costumer servisnya siap melayani nasabahnya kapan saja. Jadi, Anda bisa dengan mudah konsultasi.

Apabila Anda sudah menemukan broker saham terpercaya, kemudian silahkan kunjungi situsnya. Untuk pendaftaran, seperti halnya membuka rekening bank, yaitu akan diminta mengisi forumulir data Anda yang biasanya didukung dengan dokumen penting seperti KTP maupun NPWP.

Deposit

Apabila sudah melakukan pendaftaran, maka Anda sudah memiliki rekening yang nantinya dipergunakan untuk transaksi jual beli saham. Nah, sebelum rekening tersebut diaktifkan, biasanya nasabah diharuskan untuk Deposit terlebih dahulu sebelum memulai transaksi. Besarnya dana yang didepositkan tentu berbeda-beda pada setiap broker saham. Ada yang minimal deposit sebesar 1 juta, 3 juta, 5 juta bahkan ada yang hanya ratusan ribu rupiah.

Untuk pembelian saham, nanti menggunakan dana yang ada di rekening tersebut. Untuk membeli saham, satuannya menggunakan satuan lot. Satuan lot saham mendapat 100 lembar. Biasanya broker juga menerapkan fee atau biaya setiap kali Anda melakukan transaksi.

Membeli Saham

Ini merupakan langkah terakhir yang perlu Anda perhatikan. Yaitu membeli saham dari perusahaan yang memiliki potensi kenaikan harga saham. Tipsnya simpel, yaitu membeli saham saat harga saham sedang turun, dan menjualnya ketika harga sedang naik. Meskipun begitu, diperlukan analisis untuk dapat mengetahui kapan saatnya saham itu naik maupun turun. Sehingga kita tahu waktu yang tepat untuk menjualnya. Dan nantinya keuntungan yang didapatkan.

Gravatar Image
Saya orang yang simpel, suka nulis, dan jalan-jalan.