2 Cara Mengembalikan File yang Terformat di Flashdisk, Laptop, dan Hardisk Lengkap

Posted on

Cara Mengembalikan File yang Terformat – Sebuah file yang terformat baik sengaja maupun tidak sengaja, memang akan membuat kita merasa kesulitan. Terlebih, jika file tersebut sangat penting dan dibutuhkan saat itu juga, maka kita akan sangat jengkel dan kesal.

Namun, bagi Anda yang mengalami permasalah tersebut seperti diatas, maka Anda tidak perlu panik dan bingung. Pasalnya, file yang terformat di flashdisk, laptop, hardisk, dan media storage lainnya, sebenarnya masih bisa dikembalikan seperti semuala. Hanya saja, untuk mengembalikkan file atau data yang terformat dibutuhkan cara-cara tertentu.

Lalu bagaimana cara mengembalikan file yang terformat dengan cara tertentu tersebut? Berikut seputarcaraku.com telah menyiapkan ulasan selengkapnya untuk Anda semua.

Cara Mengembalikan File yang Terformat

2 Cara Mengembalikan File yang Terformat Terbaru

1. Cara Mengembalikan File yang Terformat Tanpa Software
Untuk cara pertama yang akan kami bagikan kepada Anda adalah tanpa menggunakan bantuan software. Nah, bagi Anda yang ingin mengembalikan data yang terformat tanpa sofwatre, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Pertama, silahkan Anda menuju ke folder dimana Anda menyimpan file tersebut sebelum terformat.
  • Kemudian, klik kanan > Restore Previous.
  • Selanjutnya, klik pada folder atau file terformat yang ingin dikembalikan, dengan memilih tanggal file yang ingin dikembalikan.
  • Setelah itu, klik pada tab Restore, lalu tunggu hingga muncul peringatan Restore.
  • Jika langkah-langkah diatas sudah dilakukan dengan benar, maka secara otomatis file yang terformat akan kembali semula.

2. Cara Mengembalikan File yang Terformat Dengan Software
Untuk cara kedua dalam mengembalikan file yang terformat adalah dengan menggunakan bantuan software. Dimana, ada beberapa software yang bisa membantu Anda untuk mengembalikan data yang terformat, seperti yang bisa Anda ketahui sendiri dibawah ini.

  • Pandora Recovery

Pandora Recovery merupakan salah satu software untuk memudahkan para penggunanya dalam mengembalikan file yang terformat dengan cepat. Berkat tampilan dan menu yang user friendly alias mudah dipahami, membuat software ini diminati dan digunakan oleh banyak orang.

  • SoftPerfect File Recovery v1.2

SoftPerfect File Recovery v1.2 bisa digunakan untuk mengembalikan file dan data yang terformat pada flash disk. Software ini sendiri sangat ringan, sehingga sangat kami rekomendasikan untuk Anda gunakan. Terlebih, software ini disebut-sebut mampu mengembalikkan data dari NTFS dan FAT. Namun sayangnya, SoftPerfect File Recovery v1.2 hanya mendukung sistem operasi Windows XP atau Windows 10 saja.

  • Disk Drill

Disk Drill menjadi software untuk mengembalikkan data yang terformat selanjutnya. Software ini terbilang cukup ampuh untuk digunakan, karena mampu mengembalikan file yang terformat untuk hardisk, flashdisk, dan perangkat keras penyimpanan lainnya. Yang lebih istimewanya lagi, Disk Drill sanggup mengembalikan data dengan kapasitas yang cukup besar, hingga 500 MB.

  • Recuva

Jika file Anda terformat pada media hardisk, flash disk, hardisk eksternal, SD Card, hingga CD/ DVD, maka Anda bisa menggunakan aplikasi Recuva. Aplikasi ini cukup mudah digunakan, karena tampilan dan menu yang ditawarkan sangat user friendly, sehingga sangat cocok digunakan untuk para pemula sekalipun.

Perlu Anda ketahui jika kami sengaja tidak membagikan link download dari keempat software untuk mengembalikkan file yang terformat diatas, karena kami khawatir terjadi pelanggaran hak cipta. Untuk mendapatkan aplikasi keempat software tersebut diatas, Anda bisa mencarinya sendiri dengan mudah melalui google. Pasalnya, ada banyak sekali web dan blog yang telah membagikan link download keempat software diatas. Anda hanya cukup mengetik keyword nama aplikasinya saja di google.

Informasi seputar 2 cara mengembalikan file yang terformat di flashdisk, laptop, dan hardisk sudah kami bagikan secara lengkap kepada Anda semua. Sehingga, dengan adanya 2 cara ditas diharapkan dapat memudahkan Anda ketika ingin mengembalikan data dan file yang telah terformat. Semoga bermanfaat.