Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Ampuh dan Terbukti Berhasil

Posted on

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur – Budi daya burung Lovebird dari waktu kewaktu semakin banyak dan diminati. Hal ini disebabkan karena permintaan burung Lovebird semakin meningkat dipasaran. Tak heran, jika Lovebird menjadi salah satu burung yang tengan populer hingga saat ini.

Umumnya, orang-orang menginginkan burung Lovebird sebagai peliharaan semata, karena tertarik dengan bentuk fisiknya yang sangat indah dan kicauan suaranya yang enak didengarkan. Selain itu, bagi sebagian orang memelihara Lovebird karena dijadikan sebagai master untuk burung lainnya. Ada pula, yang memilihara Lovebird untuk diikutkan kontes, meski sebenarnya Lovebird bukanlah burung untuk kontes.

Namun tak sedikit pula bagi mereka yang memilihara dan beternak burung Lovebird karen keuntungan dari penjualan burung satu ini cukup menjajikan. Hanya saja, untuk beternak Lovebird tidak semudah mengembalikkan telapak tangan. Dibutuhkan cara-cara tertentu agar tumbuh kembang burung Lovebird sesuai dengan harapan, terlebih bagi yang ingin burung Lovebird peliharannya cepat bertelur, maka harus dibutuhkan penangan khusus, seperti yang seputarcaraku.com bakal bagikan dibawah ini.

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Paling Ampuh

1. Berikan Makanan Yang Tepat
Cara ternak lovebird supaya cepat bertelur yang pertama adalah dengan memberikan makanan yang tepat. Anda bisa memberikan burung Lovebird betina Anda dengan makanan tertentu, seperti kangkung, tauge, dan biji kwaci, yang mana beberapa contoh makanan tersebut dapat memicu hormon burung Lovebird betina. Selain itu, atur pula pola makan Lovebird Anda agar burung selalu dalam kondisi sehat.

2. Mengganti Minuman Secara Rutin
Selain memberikan makanan yang tepat, Anda juga harus secara rutin mengganti minuman di kandang Lovebird. Coba ganti setiap hari minuman burung Lovebird yang bersih, jernih, dan tidak bau, yang tujuannya agar kondisi burung selalu sehat. Jangan lupa pula untuk selalu membersihkan tempat minuman Lovebird jika terlihat kotor.

3. Berikan Suplemen Untuk Lovebird
Suplemen yang diberikan untuk burung Lovebird bertujuan agar Lovebird cepat kawin. Tentu Anda bisa menemukan berbagai suplemen Lovebird, namun suplemen yang disarankan oleh banyak peternak Lovebird adalah suplemen Ebod Breeding. Dengan memberikan suplemen, juga bakal memperbaiki kualitas telur yang dihasilkan Lovebird.

4. Pasang Sarang Lovebird di Dalam Kandang
Cara beternak love bird agar cepat bertelur yang selanjutnya adalah Anda disarankan untuk memasang kotak sarang, yang fungsinya sebagai tempat untuk meletakkan sekaligus mengerami telur yang baru ditetasnya. Untuk membuat kotak sarang, disaranakan agar Anda untuk memperhatikan tata letak dan ukuran sarang agar Lovebird lebih merasa nyaman.

5. Gunakan Lampu Full Spektrum Untuk Menghatkan Lovebird
Coba tempatkan sebuah lampu Full Spektrum yang sangat berguna untuk menghangatkan Lovebird agar tidak kedinginan. Selain itu, adanya lampu Full Spektrum didalam kandangan juga dipercaya bakal semakin memberikan kenyamanan bagi burung Lovebird Anda.

6. Carikan Pasangan Lain
Cara ternak burung Lovebird agar cepat bertelur yang terakhir adalah coba Anda carikan pasangan lain. Cara ini cukup ampuh agar Lovebird cepat bertelur. Usahakan, tempatkan pasangan lain dibeda kandang.

6 cara ternak Lovebird agar cepat bertelur sudah kami sampaikan kepada Anda semua secara lengkap dan jelas. Dengan adanya cara-cara diatas, kiranya dapat membantu dan memudahkan Anda ketika ingin membuat burung Lovebird agar cepat bertelur. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.