Penyebab dan Cara Mengatasi Haid Terus Menerus

Posted on

Haid terus menerus bisa terjadi pada semua perempuan. Dan kondisi ini menunjukan bahwa siklus menstruasi bulanan anda sedang dalam kondisi tidak normal. Secara umum, siklus haid yang dikatakan normal yaitu apabila terjadi dalam waktu sekitar 21 sampai 40 hari dalam sekali dan mentruasi tersebut terjadi kurang lebih 1-10 hari. Apabila digambarkan, darah haid yang normal adalah memiliki jaringan lendir yang disebabkan oleh terjadinya peluruhan pada dinding rahim seorang wanita.

Penyebab dan Cara Mengatasi Haid Terus Menerus
Penyebab dan Cara Mengatasi Haid Terus Menerus

Penyebab haid terus menerus dan berlangsung lama dapat terjadi dari berbagai hal. Menstruasi atau haid sendiri merupakan proses merontoknya darah pada di dinding rahim yang berasal dari sel telur yang gagal dibuahi. Menstruasi ini keadaan alami yang akan dialami oleh semua wanita dewasa dan umumnya dimulai saat usia 12 tahun dan seorang wanita tidak akan mengalami haid lagi saat usia sekitar 40-50 tahun, karena umumnya wanita mengalami masa menopause.

Seorang wanita yang mengalami masa haid terus menerus akan mengeluarkan darah haid lebih dari 10 hari, jika anda mengalami hal ini berarti ada gangguan di organ reproduksi anda. Gangguan menstruasi secara terus menerus ini dan dalam waktu yang alam disebut juga metorrhagia. Gangguan haid berkepanjangan ini harus segera diatasi, karena jika dibiarkan akan menimbulkan infeksi yang akan membahayakan organ intim dan alat reproduksi wanita.

Karena itu seorang wanita sangatlah penting untuk menjaga kesehatan reproduksinya, agar terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk terjadinya haid terus menerus. Lalu apa penyebab haid yang tidak berhenti-henti ini.

Penyebab Haid Terus Menerus

Penyebab menstruasi yang berlangsung lama atau terus menerus tanpa henti salah satunya yaitu karena faktor stress dan kelelahan. Saat stres dan mengalami lelah yang berlebih, hormon estrogen akan terganggu. Dan akibatnya menyebabkan darah yang digerus di dinding rahim berlangsung secara tidak normal atau berlebihan.

Berat badan yang berlebih juga dapat menyebabkan siklus haid tidak teratur. Kemudian penggunaan alat kontrasepsi seperti Iud memberikan efek negatif rahim menjadi membesar sehingga darah keluar terus menerus.

Pernah mengalami keguguran atau pernah melakukan aborsi juga dapat menyebabkan siklus haid tidak normal. Terdapat penyakit seperti tumor, kista serta kanker rahim juga dapat memicu haid terus menerus.

Cara Mengatasi Haid Terus Menerus

Masih banyak lagi penyebab haid terus menerus yang terjadi pada seorang wanita, lalu bagaimana cara mengentikan atau mengatasi haid yang tidak berhenti-henti tersebut. Berikut ini beberapa cara mengatasi haid terus menerus yang harus anda ketahui.

Setelah anda mengetahui penyebabanya, langkah selanjutnya adalah mencari cara bagaimana mengatasi atau mengobati haid terus menerus tersebut. Langkah yang paling aman untuk anda lakukan yaitu melakukan pemeriksaan ke dokter, karena dibutuhkan pemeriksaan secara fisik dan beberapa tes medis untuk mengetahui penyebabnya agar diketahui solusi apa yang tepat untuk mengatasinya.

Biasanya dokter akan memeriksa anda secara fisik dan selanjutnya memberikan saran kepada anda untuk menjalankan beberapa tes medis seperti ini:

  • Tes darah, untuk mengetahui apakah anda mengidap anemia
  • Mengecek kadar hormon anda
  • Mengecek kesehatan sel servis
  • Mengecek seluruh organ reproduksi
  • Mengecek dinding rahim anda

Setelah mengetahui penyebab sebenarnya yang mengakibatkan haid terus menerus, dokter akan memberikan solusi untuk menangani masalah tersebut sesuai dengan penyebab yang terjadi pada anda.

Gravatar Image
Saya orang yang simpel, suka nulis, dan jalan-jalan.