3 Ciri Perkembangan Bayi Anda Terlambat

Posted on

Memperhatikan perkembangan bayi merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh para orang tua. Karena, tidak hanya pertumbuhannya, perkembangan bayi juga perlu menjadi perhatian karena berkaitan dengan kecerdasannya di masa depan.

ciri perkembangan bayi anda terlambat
3 Ciri Perkembangan Bayi Anda Terlambat

Sebagai orang tua, Anda perlu mengetahui seberapa pesat perkembangan yang dialami bayi Anda mulai dari perkembangan bayi 2 bulan sampai dengan perkembangan bayi 10 bulan perlu Anda perhatikan. Karena beberapa ciri berikut bisa menjadi pertanda bahwa bayi Anda terlambat berkembang.

Kaku dalam bergerak

Setiap bayi tentu perlu mendapatkan rangsangan agar dapat bergerak secara normal. Hal ini bertujuan agar ketika bergeran anak Anda nantinya tidak terlihat kaku. Perhatikan perkembangan bayi 10 bulan dan apabila gerakannya kaku, maka bisa jadi perkembangan bayi Anda tergolong terlambat. Sehingga, Anda perlu memberikan rangsangan motorik yang lebih sering agar perkembangan bayi Anda dalam bergerak dapat lebih lentur dan terlihat normal.

Menggunakan salah satu sisi dalam tubuh

Setiap anak tentu memiliki kebiasaan untuk menggunakan salah satu sisi di tubuhnya untuk beraktivitas. Mulai dari makan, menendang hingga memegang barang umumnya dilakukan dengan menggunakan anggota tubuh bagian kanan. Ketika anak Anda lebih sering menggunakan anggota tubuh di bagian kiri maka berarti anak Anda cenderung kidal. Namun, Anda juga perlu mewaspadai apabila bayi Anda hanya menggunakan salah satu sisi anggota tubuhnya sepanjang hari tanpa menggunakan sisi lainnya. Karena, hal tersebut dapat membuat otot di bagian lainnya dari anggota tubuhnya menjadi lemas dan tidak bisa digunakan. Untuk itu, sebagai orang tua Anda perlu memberikan stimulus dengan menggunakan kedua sisi anggota tubuhnya saat beraktivitas agar perkembangan bayi Anda berjalan lancar.

Sulit saat makan

Perkembangan anak tentu perlu diperhatikan dengan melatih dirinya agar bisa makan secara mandiri. Hal ini sangat perlu diperhatikan karena Anda perlu melatih anak Anda untuk belajar makan sendiri sejak kecil. Apabila bayi Anda terlihat sulit untuk memegang sendok dan makan sendiri saat perkembangan bayi 10 bulan, maka bisa jadi perkembangannya terlambat dan Anda perlu memberikan dorongan agar ia mau menggunakan alat makan sendiri.

Gravatar Image
Saya orang yang simpel, suka nulis, dan jalan-jalan.