Alat Musik Tradisional

Posted on

Pengertian Alat Musik Tradisional – Halo sobat seputarcaraku.com pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu keberagaman Indonesia yaitu alat musik tradisional, sebelum kita membahas jenis alat musik tradisional mari kita simak dulu pengertian alat musik tradisional berikut ini.

Pengertian Alat Musik Tradisional
Pengertian Alat Musik Tradisional

Pengertian Alat Musik Tradisional

Alat musik tradisional adalah alat musik yang telah turun temurun di suatu daerah dan sudah ada sejak nenek moyang yang biasanya digunakan sebagai alat pengiring musik seperti tarian, acara adat, upacara dan lain sebagainya.

Pengertian Alat Musik Tradisional Menurut Ahli

Sedangkan menurut ahli alat musik tradisional adalah alat musik yang berkembang diseluruh wilayah-wilayah Indnesia dengan ciri khas masing-masing dari daerahnya. Untuk menurut para ahli yang menyatakan pengertian tradisional diungkapkan satu persatu disetiap jenis alat musiknya. Maka dari itu dibawah ini merupakan pengertian alat musik tradisional menurut para ahli yang dikutip dari pengertian musik.

  • Menurut Wikipedia

    Alat musik merupakan suatu benda yang memproduksi suara dengan cara yag disesuaikan dengan ketetapan, dimodifikasi sehingga tercipta musik yang diinginkan.

  • Menurut Sedyawati (1992 : 23)

    Alat musik adalah suatu benda yang menghasilkan suara yang disebut musik sebagai perwujudan dari berbagai nilai kebudayaan sesuai dengan tradisi.

  • Tumbijo (1977 : 13)

    yang mengatakan alat musik tradisional merupakan bentuk fisik dari seni budaya yang sudah ada sejak lama secara turun temurun yang dipertahankan untuk selalu hidup dan berkembang didaerahnya.

  • Menurut KBBI

    Alat musik adalah kumpulan beberapa benda yang berbeda bentuk dan beda cara pemakaiannya serta dapat menghasilkan suara yang disebut musik.

Fungsi Alat Musik Daerah

Alat musik tradisional ini berfungsi sebagai pengiring suatu pertunjukan, sejarah bagi daerah yang bersangkutan, dan juga sebagai sarana pendidikan bagi masyarakat dan anak anak masa sekarang.

Alat musik berdasarkan sumber bunyinya

  • Idiofon, adalah salah satu alat musik tradisional yang bunyinya berasal dari bahan dasar alat musik itu sendiri. Contoh: Drum, kolintang, kabasa, bongo, dan angklung.
  • Aerofon, merupakan alat musik tradisional dimana bunyi yang dihasilkan bersumber dari udara melalui sebuah rongga. Contoh: trombon, suling, harmonika, dan trombon.
  • Kordofon, alat musik ini sumber dari bunyinya, berasal dari dawai. Contoh: bass, sitar, biola, gitar, kecapi dan piano.
  • Membranofon, ialah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari membran atau disebut juga dengan selaput. contoh: rebana, kendang, tifa, drum,tam-tam.
  • Elektrofon, adalah alat musik tradisional yang bunyinya akan muncil jika ada aliran listrik (elektronik). Contoh: piano listrik, keyboard, bass listrik dan gitar listrik.

Macam-Macam Alat Musik Daerah Di Indonesia

  1. Angklung

adalah alat musik tradisional ini berasal dari daerah Jawa Barat. Angklung memiliki bahan dasar dai bambu dan cara memainkannya adalah dengan digoyangkan. Bukan hanya di Indonesia, namun angklung ini sudah mendunia sampai pernah memukau di Prancis dan juga Amerika Serikat. Dan sudah disahkan oleh UNESCO sebagai hak milik Indonesia.

  1. Gamelan

Gamelan juga merupakan alat musik tradisional Indonesia (Jawa) yang sudah mendunia. Seperti di New Zealand dan Amerika Serikat gamelan termasuk mata pelajaran yang diajarkan di kurikulum sekolah mereka.

  1. Genggong

Genggong ini merupakan alat musik tradisional dari Sumatera Selatan yang cara menggunakannya dengan ditiup, mirip seperti penggunaan harmonika. Filosofinya genggong dahulu digunakan sebagai pelipur rasa bosan para petani pada saat istirahat bekerja diladang.

  1. Saluang

merupakan alat musik dengan cara ditiup untuk memainkannya, ala musik tradisional dari daerah Sumatra Barat. Alat ini mirip seperti suling namun terkesan lebih sederhana karena hanya memiliki empat lubang saja. Filosofinya pemain Saluang punya mantra untuk menghipnotis penontonnya.

  1. Gong

adalah alat musik tradisional Indonesia asalnya dari Jawa Barat. Gong menjadi salah satu alat musik tradisional yang emiliki ukuran yang besar. Dimainkan dengan cara dipukul dengan aturan sesuai ketetapan.

  1. Kecapi

Sulawesi Barat adalah asal dari alat musik ini. Dimainkan dengan cara dipetik sehingga menghasilkan bunyi kordofon.

  1. Tifa

Alat musik dari Maluku yang menjadi ciri khas daerah Maluku yang memiliki bentuk tube. Dimainkan dengan cara dipukul dan sering ada terdpat ukiran khas Papua dan juga Maluku.

  1. Kendang

Alat musik ini dikenal di daerah Sunda namun ada juga di Jawa Timur, biasanya digunakan sebagai iring-iringan pertunjukan, juga musik jazz dan seni kontemporer.

  1. Sadando

Merupakan alat musik tradisional Indonesia khas dari tanah Rote, tepatnya di Nusa Tenggara Timur yang bahannya dari daun-daun lontar. Alat musik tradisional ini dimainkan dengan cara dipetik.

  1. Bonang

Alat musik ini sudah mengglobal, berasal dari Jawa Timur dan dimainkan dengan cara dipukul sehingga menghasilkan bunyi ideofon.

Baiklah sobat, sekian dulu artikel mengenai Alat Musik Tradisional. Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya yang tak kalah bermanfaat dan lengkapnya.

Baca Juga :

Baca Juga :  Cara Memainkan Recorder Secara Mudah dan Pasti Bisa