Apa Yang Dimaksud Dengan Tangga Nada

Posted on

Apa Yang Dimaksud Dengan Tangga Nada – Halo sobat seputarcaraku.com, Pada materi kali ini kami akan mengulas mengenai Tangga Nada dimana dalam hal ini mengenai Pengertian,Macam-Macam, contoh dan Sifat-Sifat Nada, agar lebih dapat memahami dan mengerti selengkapnya dibawah ini.

Tangga Nada
Tangga Nada

Pengertian Tangga Nada

Tangga Nada ialah pengaturan berjenjang dari nada dasar (Pokok) dari sistem nada, dari salah satu nada dasar sampai ke nada oktaf. nada oktaf lebih rendah atau bahkan lebih tinggi dari dasar tangga nada.

Jadi dalam tangga nada ada nada dasar yang kemudian diikuti oleh nada-nada berikutnya, mungkin nada yang lebih rendah atau lebih tinggi menggunakan pola interval tertentu, sehingga membentuk karakteristik tangga nada tersebut.misalnya tangga nada mayor, yang memiliki pola interval (1-1-1 / 2-1-1-1-1 / 2) jadi bila kita memainkan tangga nada dengan pola interval ini, maka ada akan membentuk suatu susunan nada yang unik dari tangga nada utama, yang tidak kami temui pada tangga nada lain.

Dalam suatu seni musik, tangga nada dibagi menjadi dua, termasuk tangga nada pentatonis dan diatonis, masing-masing memiliki pengertian:

Tangga Nada Pentatonis

Tangga Nada Pentatonis adalah jenis Tangga Nada yang menggunakan lima nada utama. Tangga Nada Pentatonis dibedakan oleh jarak antara nada dan juga oleh pilihan nada yang didengar. Berdasarkan nada, ada Tangga Nada yang menggunakan slendro dan pelog. Contoh alat musik yang menggunakan tangga nada ini adalah gamelan.

Pelog dan Slendro
Pelog dan Slendro

Tangga Nada Kromatik

Tangga Nada Kromatik adalah tangga nada yang menggunakan 12 nada berbeda dan semua berjarak 1/2. Tangga Nada Kromatik adalah kumpulan dari semua nada musik. Karena nada selalu mengulang oktaf, skala kromatik sering digunakan untuk 12 not oktaf. Berikut ini adalah tabel Tangga Nada Kromatik.
Tangga Nada Kromatik
Tangga Nada Kromatik

Tangga Nada Diatonis

Tangga Nada Diatonis adalah tangga nada yang memiliki jarak dua tangga nada, yaitu setengah dan juga satu. Nada pada organ dan piano termasuk tangga nada diatonis. Ada beberapa jenis skala diatonis, termasuk yang berikut ini.

Baca Juga :  Pengertian Montase
a) Tangga Nada Diatonis Mayor

Tangga Nada Diatonis Mayor adalah tangga nada diatonis dengan susunan nada spasi 1-1-1 / 2-1-1-1-1 / 2.

Tangga Nada Mayor

b) Tangga Nada Minor

Tangga Nada Minor adalah tangga nada diatonis yang pengaturannya adalah 1–1 / 2–1–1–1 / 2–1–1.

Tangga Nada Minor
Tangga Nada Minor

Tangga Nada Minor ini dibagi menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut.

(1) Tangga Nada Minor Asli

Tangga Nada Minor Asli memiliki nada dasar dan tidak memiliki nada sisipan. Musik Gregorian adalah bentuk khas yang menggunakan tangga nada ini. Berikut adalah Tangga Nada Minor Asli.

Minor Asli
Minor Asli
(2) Tangga Nada Minor Melodis

Tangga Nada Minor Melodis adalah tangga nada minor asli, nada keenam dan ke tujuh dinaikkan setengah laras. Ketika turun, not ke-6 dan ke-7 diturunkan sebesar ½ laras. Berikut ini adalah skala minor melodi.

Minor Melodis
Minor Melodis
(3) Tangga Nada Minor Harmonis

Tangga Nada Minor Harmonis adalah tangga nada minor yang nada ketujuhnya dinaikkan setengah laras. Dalam tangga nada ini, baris dari atas ke bawah juga tetap sama. Berikut adalah skala kecil yang harmonis.

Minor Harmonis
Minor Harmonis

 

Macam-Macam Tangga Nada Pentatonik

Ada 2 tangga nada pentatonik yang umumnya digunakan, tangga nada pentatonik “Mayor” dan skala pentatonik “Minor”. Model interval pada tangga nada penatonik “mayor” adalah M2-M2-m3-M2-m3, sedangkan skala pentatonik “minor” adalah m3-M2 -M2-m3-M2.

 

Pentatonik Mayor

Pentatonik Mayor
Pentatonik Mayor

Pentatonik Minor

Pentatonik Minor
Pentatonik Minor

Contoh Tangga Nada

Misalnya, jika dalam tangga nada diatonis mayor yang terdiri dari nada DO, RE, MI, FA, SOL, LA, SI, DO, untuk menjadi pentatonik, nada ‘Fa’ dan ‘Si’ dihilangkan dalam DO, RE, MI, SOL, LA, DO.

Dengan model interval: 1 – 1 – 1 + 1/2 – 1 – 1 + 1/2 atau W – W – WH – W – WH.

Baca Juga :  Pengertian Banjir : Jenis, Proses dan Penyebab

 

Sifat-Sifat Nada

Dalam nada, ada 4 sifat penting untuk dimengerti, yaitu tinggi nada,Intensitas Nada, panjang nada, warna nada, dan intensitas nada. Berikut ini penjelasan untuk masing-masing:

Tinggi Nada
Tinggi Nadajuga sering disebut fitch atau pitch, yang merupakan ketepatan rentang nada.

Intensitas Nada
Nada dapat keras atau lembut dan ini disebut intensitas nada.

Panjang Nada
Ini berarti bahwa durasi not harus dibunyikan, ada yang panjang dan ada yang pendek.

Warna Nada
Intensitas nada atau biasa disebut timbre, di mana Anda harus memahami bahwa setiap orang memiliki karakter suara yang berbeda, itulah sebabnya ada istilah warna suara. Ini juga dipengaruhi oleh sumber suara, cara membaca sumber suara dan ruang gema.

Demikianlah pembahasan tentang Apa Yang Dimaksud Dengan Tangga Nada beserta ulasan lengkapnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda, jangan lupa untuk selalu mengujungi website ini untuk mendapatkan artikel – artikel menarik sobat sekalian.