Arti Istiqomah

Posted on

Arti Istiqomah – Halo sobat seputarcaraku.com, Pada materi kali ini kami akan mengulas mengenai Arti Istiqomah dimana dalam hal ini mengenai Arti Istiqomah,Menurut Khulafaur Rasyidin, Perilaku Sikap Istiqomah, Manfaat Sikap Istiqomah,Menumbuhkan Sikap Istiqomah dan Contoh Istiqomah, agar lebih dapat memahami dan mengerti selengkapnya dibawah ini.

Arti Istiqomah
Arti Istiqomah

Arti Istiqomah

Kalimat Istiqomah (الإستقامة) merupakan istilah dalam bahasa Arab yang secara

umum dapat diartikan sebagai “berdiri tegak lurus, atau konsisten”. Kemudian menurut bahasa, kata istiqomah yang terdiri dari huruf qaf (ﻕ), wa (ﻭ) dan mim (م) yang memiliki arti, yaitu sekumpulan orang (manusia) yang berdiri dengan bertekad bulat.

Selain itu, penjelasan lain juga menjelaskan bahwa kata istiqomah dapat diartikan sebagai suatu kondisi atau usaha seseorang yang tegas dalam perjalanannya di jalan yang lurus (dalam Islam) yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Kemudian, berdasarkan informasi yang diperoleh dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, di mana makna dari kata Istiqomah adalah sikap tegas terhadap pendirian untuk menentukan sesuatu yang diyakini. Sedangkan dalam kamus bahasa Arab-Indonesia, kata istiqomah juga bisa diartikan dengan adil dan lurus.

Istiqomah Menurut Khulafaur Rasyidin

Selanjutnya, makna kata istiqomah juga telah disampaikan oleh sejumlah khulafaur rasyidin, yang merupakan empat khalifah pertama yang melanjutkan ajaran Islam sejak kepergian Nabi Muhammad SAW. Dimana mereka berempat membantu membawa semua ide dan hasil pemikirannya ke dalam Islam, terutama yang berkaitan dengan pemahaman istiqomah. Ketika di antara mereka ditanya tentang makna istiqomah, mereka juga menjawab sebagai berikut:

Menurut Abu Bakar as-Shiddiq

Arti kata istiqomah adalah kemurnian tauhid , yang berarti tidak menyekutukan/menduakan Allah SWT dengan siapa pun dan juga dengan apa pun.

Baca Juga :  Pengertian Informasi

Menurut Umar bin al-Khattab

Arti kata istiqomah adalah komitmen untuk melakukan semua yang diperintahkan dan apa yang dilarang dan tidak boleh melakukan penipuan juga. Dapat menjaga larangannya atau peritahnya, jadi jangan ubah dairnya terhadap sesuatu seperti layaknya seekor musang.

Menurut Utsman bin Affan

Arti kata istiqomah adalah penegasan tindakan amal kepada Allah SWT. Kemudian ketika Anda melakukan sesuatu pada dasarnya karena Allah SWT dan melakukan semua ibadah yang telah diperintahkan oleh Allah SWT.

Menurut Ali bin Abi Thalib

Arti istiqomah adalah perintah yang harus dijalankan untuk semua kewajiban yang telah diberikan. Perilaku yang mencerminkan sikap Istiqamah. Berikut adalah beberapa contoh sikap yang mencerminkan sifat istiqomah, serta penjelasan:

  • Melakukan semua yang diperintahkan Allah SWT dengan ikhlas dan tulus ketika mendapatkan ujian dan cobaan selalu bersabar menerimanya.
  • Ibadah tepat waktu (sholat) Tidak tertipu oleh kemewahan kehidupan dunia.
  • Selalu percaya dan tawakal pada Allah SWT.
  • Selalau berpikiran baik pada Allah SWT.
  • Patuhi serta taati semua perintah dan jauhi semua larangan.

 

Manfaat Sikap Istiqomah

Berikut adalah keuntungan dari sikap istiqomah, berikut penjelasannya:

Seseorang yang memiliki sikap istiqomah akan selalu terhindar dari rasa takut dan sedih. Untuk seseorang yang istiqomah akan selalu memiliki sifat sabar bahkan jika dia diuji. Bagi seseorang yang istiqomah akan selalu menerima saran dalam perjalanan hidupnya. Bagi seseorang yang istiqomah akan mendapatkan kebahagiaan baik dalam kehidupan di dunia maupun di akhirat.

 

Cara untuk Menumbuhkan Sikap Istiqomah

Berikut ini sejumlah langkah yang bisa diambil untuk melahirkan sikap istiqomah, beberapa di antaranya adalah:

1. Bertobat

Maksudnya adalah meminta pengampunan kepada Allah SWT dengan serius dan tidak akan mengulangi apa yang telah dilakukan.

Baca Juga :  Arti Kata Tabarakallah

2. Muhasabah (mengintrospeksi diri)

seorang Muslim yang memiliki alasan yang baik untuk melakukan perbuatan jahat, ia akan memikirkannya terlebih dahulu dan mereka akan selalu mengintrospeksi dirinya, Keutamaan dan kelebihan Muhasabah ini adalah untuk meningkatkan dirinya dibandingkan dengan mereka yang sebelumnya sering membuat keburukan dan membuat perubahan dengan selalu melakukan perbuatan baik dan selalu menyadari bahwa ia memiliki tidak ada kekuatan atau usaha tanpa kehendak Allah SWT.

3. Muraqobah (Perasaan selalu diawasi oleh Allah SWT)

Ini berarti bahwa ia selalu dapat merasakan bahwa seseorang selalu diawasi oleh Allah SWT. Sedangkan sifat muroqobah adalah pada seseorang yang posisinya telah diduduki dalam maqom ikhsan, di mana maqom menempatkan posisi terdepan pada kepatuhan salah satu seseorang kepada Tuhannya.

4. Mujahadah (Bersungguh-sungguh)

Arti Mujahadah di sini adalah, seorang Muslim harus selalu berusaha dengan sungguh-sungguh dan harus menyadari bahwa musuh yang sebenarnya untuk diperangi adalah hawa nafsunya sendiri.

5. Tadabbur

Arti Tadabbur di sini adalah untuk selalu dapat merenungkan semua tanda kebesaran Allah SWT sambil selalu melihat besarnya kekuatan Allah SWT yang menciptakan alam dan semua isinya.

Contoh Istiqomah

Berikut adalah beberapa contoh sikap istiqomah, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Selalu mempertahankan keyakinan bahwa Allah SWT itu Esa meskipun ujiannya berat.
  • Selalu konsisten dalam melakukan semua ibadah yang di perintah oleh Allah SWT sebagai doa dan shalat, bahkan dalam keadaan sulit.
  • Selalu tulus ketika membantu orang lain, bahkan jika orang itu telah menyakiti kita, jadi setelah membantu, jangan mengharapkan imbalan apa pun selain imbalan dari Allah SWT.
  • Selalu bertakwa dan juga mematuhi semua itu adalah perintah Allah SWT dan bisa menjauh dari semua larangannya.
Baca Juga :  Pengertian Negara Kesatuan

Apa arti dari kata Qadarullah?
Kalimat ini memiliki makna: takdir atau keputusan Allah SWT

Apa arti dari kata-kata La Tahzan?
Kalimat ini atau pernyataan ini memiliki arti “Jangan bersedih”

Apa itu Innallah maana?
Kalimat ini memiliki arti “Sungguh Allah SWT bersama kita”

Arti dari Istoqomah adalah?
Kalimat ini memiliki arti “lurus atau konsisten”.

Demikianlah pembahasan tentang Arti Istiqomah beserta ulasan lengkapnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda, jangan lupa untuk selalu mengujungi website ini untuk mendapatkan artikel – artikel menarik sobat sekalian.

 

Baca Juga :