Arti Kalimat Barakallah Fii Umrik

Posted on

Arti Kalimat Barakallah Fii Umrik – Halo sobat seputarcaraku.com, Pada materi kali ini kami akan mengulas mengenai AArti Kalimat Barakallah Fii Umrik dimana dalam hal ini mengenai Arti Kalimat,Hukum serta Pandangan Sosial, agar lebih dapat memahami dan mengerti selengkapnya dibawah ini.

Arti Kalimat Barakallah
Arti Kalimat Barakallah

 

Arti Kalimat Barakallah Fii Umrik

Kalimat “Barakallah fii umrik” sering digunakan sebagai salah satu doa milad ( Ulang Tahun ) bagi umat Islam. Ungkapan ini mempunyai makna yang dalam dan dimaksudkan sebagai doa untuk pertambahan usia seseorang.

Ungkapan “Barakallah fii umrik” berasal dari bahasa Arab yang artinya “semoga Allah selalu memberikan berkah di usia Anda”. Dengan mengucapkan kalimat tersebut, seorang muslim turut serta dalam mendoakan keberkahan usia seseorang yang semakin bertambah.

Faktanya, dalam Islam tidak ada perayaan khusus untuk menyambut hari ulang tahun seorang muslim setiap tahunnya. Namun usia yang panjang adalah berkah dari Allah SWT yang patut disyukuri.

Seorang Muslim bisa memperingati hari kelahirannya dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan memperhatikan dan merenungkan amalan yang telah dilakukan. Kemudian bisa juga dilakukan dengan berdoa atau mendoakan sesama umat Islam. Bacaan doa yang biasa diucapkan adalah “Barakallah fii umrik”.

Pengucapan “Barakallah fii umrik” dimaksudkan untuk mendoakan seseorang yang sedang merayakan hari lahirnya agar Allah SWT mengabulkan dan memberrikan berkah terhadap umurnya. Ucapan ini juga sebagai wujud rasa syukur atas keberkahan usia yang semakin bertambah.
براك الله في عمرك
Barakallah fii umrik
Berarti:
Semoga Allah memberkati usia Anda.

Ucapan selamat ulang tahun ini juga bisa dilengkapi dengan beberapa doa yang bisa Anda ucapkan sendiri. Anda bisa memohon beberapa doa seperti agar diberikan umur panjang, kesuksesan karir Kemudahan Rezeki dan lain-lain.

Baca Juga :  Pengertian Novel

 

Hukum Mengucapkan Selamat Ulang Tahun

Semua tindakan manusia bergantung pada niatnya. Niatlah yang menentukan nilai dari tindakan tersebut. Selama tidak bertentangan dengan syariat agama Islam, semua hal layak untuk dikerjakan, termasuk sekedar mengucapkan selamat ulang tahun.

Mengucapkan selamat ulang tahun diperbolehkan atau mubah. Mubah artinya, jika dilakukan tidak memperoleh pahala dan jika tidak dikerjakan bukan dosa. Meskipun ditinggalkantidak mendaptkan dosa serta tidak mendapatkan pahala.

Hukum ini cenderung dilakukan pada hal-hal yang bersifat lebih duniawi. terdapat Dalil qiyas, atau dasar untuk mengambil hukum. Yakni informasi dari kitab “Al-Iqna ‘” juz I halaman 162. Imam Bukhari menuturkan bahwa ketika sahabat Ka’ab bin Malik mendapat kabar baik dari Nabi Muhammad SAW tentang penerimaan taubatnya, sahabat Talhah bin Ubaidillah pun mengucapkan selamat kepadanya.

Berdasarkan riwayat tersebut, dengan mengqiyaskan ucapan selamat maulid dengan perilaku para sahabat Nabi, berarti hukum pengucapan itu dibolehkan ( Mubah ). Bahkan sebagian ulama mengatakan sunnah, namun dengan catatan sepanjang tidak ada hal buruk yang dilakukan di dalamnya.

 

Pandangan Sosial

Manusia Sebagai makhluk sosial, Tentunya akan berinteraksi dengan orang lain. Baik itu teman, rekan bisnis, keluarga, dll. Sementara itu, ulang tahun merupakan momen spesial di hati setiap orang. Dan sebagai seorang muslim yang baik, menunjukkan keramahan dan berusaha untuk berbahagia adalah hal yang tidak dilarang untuk dilakukan.

Selain mengucapkan Selamat ulang tahun, memberi kado juga merupakan hal yang baik. Jadi dari segi sosial, mengucapkan selamat ulang tahun apalagi memberi kado itu baik karena bisa mempererat hubungan saudara.

Demikianlah pembahasan tentang Arti Kalimat Barakallah Fii Umrik beserta ulasan lengkapnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda, jangan lupa untuk selalu mengujungi website ini untuk mendapatkan artikel – artikel menarik sobat sekalian.

Baca Juga :  Arti Kata Tabarakallah

Baca Juga :