Arti Kalimat Ya Muqollibal Qulub

Posted on

Arti Kalimat Ya Muqollibal Qulub – Halo sobat seputarcaraku.com, Pada materi kali ini kami akan mengulas mengenai Arti Kalimat Ya Muqollibal Qulub dimana dalam hal ini mengenai Pengertian, Arti Ucapan dan Makna, agar lebih dapat memahami dan mengerti selengkapnya dibawah ini.

Arti Kalimat Ya Muqollibal Qulub
Arti Kalimat Ya Muqollibal Qulub

Pengertian Kalimat Ya Muqollibal Qulub

Ya muqollibal qulub (يَا ​​مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ) merupakan kutipan dari doa menggunakan bahasa Arab yang berarti “Dzat yang membolak-balik hati”. Inti dari kalimat ini berarti bahwa Allah Subhanahu wa ta’ala, Tuhan Yang Maha Esa mengubah hati manusia.

Jika Anda hanya mengatakan “Ya muqollibal qulub”, Anda memiliki kesan bahwa kalimat itu tidak lengkap, karena secara umum atau yang merupakan salah satu doa yang sering dibaca oleh Nabi, yaitu sebagai berikut;

“Ya, muqollibal quluub tsabbit qolbi ‘alaa diinik (aksara Arab; يامقلب القلوب ثبت قلبي على دينك) seperti artinya,”Dzat yang membolak-balik hati, tegaskan hatiku di atas agamamu)”.

Doa ini dimulai dengan pengakuan seorang hamba bahwa Allah SWT adalah Hakikat Yang Mahakuasa atau dalam hal ini yang mampu mengubah hati makhluk, terutama manusia.

Karena itu pantas bagi kita untuk memintanya menjaga hati kita selalu di atas agamanya, yaitu Islam. Dengan cara ini, iman kita dan Islam kita selalu dapat dibangunkan dari berbagai godaan yang menipu.

Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

قَوْلُهُ تَعَالَى: إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ

Artinya: “Sungguh, agama dengan Allah hanyalah Islam”
Memahami Ya Muqollibal Qulub

Dari uraian di atas, kita dapat memahami dan mengetahui bersama bahwa “Ya muqollibal qulub” berarti “Dzat yang membolak-balik hati”.

Baca Juga :  Pengertian Data

Ada kisah yang menceritakan doa ini. Salah satunya adalah narasi yang diceritakan oleh Ummu Salamah Radiallahu anha, salah satu istri Yang Mulia Utusan Allah SWT Baginda Rasulullah Saw.

Ummu Salamah R.a mengatakan bahwa do’a yang sangat sering dibaca oleh Rasulullah ahu alayhi wa sallam adalah do’a,

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ

“Yaa muqollibal qulub tsabbit qolbi ‘ala diinik berarti”Dzat yang membolak-balik hati, menegaskan hatiku di atas agamamu” [HR. Tirmidzi, Ahmad dan Hakim]

Arti Ucapan Ya Muqollibal Qulub

Doa ya moqollibal qulub adalah apa yang didoakan kepada Allah SWT agar hati selalu tersadarkan di jalan dan agamanya. Ini disebut hati istiqomah. Hati manusia dapat dibandingkan dengan kertas di angin, yang mudah dibalik.

Sifatnya tidak permanen, kadang-kadang bisa bersih, kuat, lembut, bercahaya tetapi suatu hari ia akan menjadi lemah dalam iman, menolak kebenaran, gelap gulita. Ini disebut iman manusia yang bisa naik turun, seperti pernyataan berikut.

Satu orang pernah berkata: Al iman yazid wa yanqus “yang berarti bahwa iman naik turun. Dan salah seorang teman, Abu ad-Darda` Uwaimir al-Anshaari rahimahullah pernah berkata,

الإِيْمِانُ يَزْدَادُ وَ يَنْقُصُ

Ini adalah; “Iman ini meningkat dan menurun.”

Hati manusia ada di “jari-jari Allah Azza wa Jalla. Seperti hadis; Dari Anas Radiallahu anhu, Utusan Allah SWT (Rasulullah Saw) berdoa lebih banyak,” Yaa muqollibal quluub tsabbit qabbii qalbii ‘alaa diinik”, kemudian saya bertanya, “Wahai Rasulullah Saw, kami percaya pada Anda dan pada apa yang Anda bawa. Jadi mengapa Anda khawatir (tentang jiwa kita)? “jawabnya, karena sesungguhnya hati para manusia itu ada di antara jari-jari Allah SWT, ternyata seperti yang diinginkannya. (H.R. Imam Ahmad, Tirmidzi dan al-Hakim).

Inilah sebabnya mengapa Nabi Shallallahu Alaihi wassalam mendorong kita semua sebagai umatnya untuk selalu membaca doa seperti yang dijelaskan di atas.

Baca Juga :  Contoh Hikayat

 

 

Makna Ya Muqollibal Qulub

Berikut ini adalah makna atau manfaat yang terkandung dalam kalimat thoyyiba dan merupakan doa yang ya moqollibal qulub. Apa sajakah makna atau kelebihan dan isi kalimat Ya muqollibal qulub? Lihat deskripsi berikut.

1. Hati Menjadi Tenang

Ketenangan pikiran dan hati akan menjadi keinginan semua manusia. Dengan hati yang tenang, seseorang tentu dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik dan bernilai ibadah. Allah SWT akan menjauhkan hatinya dari rasa kegelisahan, kebingungan dan kesusahan karena mendapatkan rahmat Allah SWT dalam bentuk perlindungan dari-Nya, Dzat Yang Sangat Tinggi menjadi penjaga hatinya dari berbagai hal-hal yang mengganggu atau bahkan menipu.

2. Iman Akan Menjadi Lebih Kuat

Inti dari doa Ya Muqollibal Qulub adalah permintaan atau doa yang dipersembahkan kepada Allah SWT agar kita akan selalu tetap istiqomah dalam iman dan Islam. Seperti disebutkan di atas, ada yang mengatakan bahwa iman seseorang sangat mudah diubah (bolak-balik).

Hari ini itu dapat diterangi oleh cahaya iman, yaitu, kepatuhan, tetapi itu dapat luntur karena ketidaktaatan. Jadi, dengan kita masih membaca doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad sa seperti di atas, semoga Allah SWT membuat iman kita kuat dan kokoh.

3. Selalu dekat dengan Allah SWT

Hati yang tenang atau Tuma’ninah adalah hati yang selalu dekat dengan Allah SWT. Di dalam hatinya tidak ada seorang pun selain Allah SWT. Doa ya muqollibal qulub adalah permintaan dari seorang hamba dengan harapan mendapatkan rahmat darinya dalam bentuk ketenangan pikiran dan hati.

Demikianlah pembahasan tentang Arti Kalimat Ya Muqollibal Qulub beserta ulasan lengkapnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda, jangan lupa untuk selalu mengujungi website ini untuk mendapatkan artikel – artikel menarik sobat sekalian.

Baca Juga :  Pengertian Integrasi

Baca Juga :