Arti Kata Syukron

Posted on

Arti Kata Syukron – Halo sobat seputarcaraku.com, Pada materi kali ini kami akan mengulas mengenai Arti Kata Syukron dimana dalam hal ini mengenai Arti Kata Syukron,Contoh Penggunaan Kata Syukron, Jawaban Kata Syukron,Keutamaan Kata Syukron dan Kenapa Kita Dianjurkan Mengucapkan Kata Syukron, agar lebih dapat memahami dan mengerti selengkapnya dibawah ini.

Arti Kata Syukron
Arti Kata Syukron

Arti Kata Syukron

Kalimat Syukron (aksara Arab شُكْرًا)? adalah ucapan yang ditulis dalam bahasa Arab yang, diartikan secara harfiah, berarti “terima kasih”.

Jadi, dalam penggunaan kata Syukron sering digunakan oleh seseorang untuk mengucapkan terima kasih.

Namun terlepas dari itu, kata syukron biasanya disandingkan dengan kata katsiiraa, sehingga membentuk kata “Syukron Katsiira” yang berarti “terima kasih banyak”.

Selain Syukron katsiira, penggunaan kata syukron sangat bermacam-macam, beberapa ucapan atau kalimat lain yang mengandung kata syukron, termasuk yang berikut;

  • Syukron yaa habibati, yang artinya; terima kasih cintaku (untuk pria)
  • Syukron yaa habibi, yang berarti; terima kasih cintaku (untuk wanita)
  • Syukron ala du’ai’ihi, yang berarti; terima kasih atas doa (untuk pria)
  • Syukron ala du’aiha, yang artinya; terima kasih untuk doanya (untuk wanita)
  • Syukron ala du’aika, yang berarti; terima kasih atas doamu (diucapkan kepada pria)
  • Syukron ala du’aiki, yang berarti; terima kasih atas doamu (untuk wanita)
  • Syukron laka, yang artinya; terima kasih (untuk pria)
  • Syukron jantan, yang artinya; terima kasih (untuk wanita)
  • Syukron ala ihsanini, yang artinya; terima kasih atas kebaikan Anda
  • Syukron jazilan, yang artinya; Terima kasih banyak

Nabi Muhammad SAW, beliau menyarankan mengucapkan terima kasih yang disertai dengan doa, sebagai berikut;

  • Syukron, Jazakallahu Khairan: Terima kasih, semoga Allah membalas Anda dengan kebaikan. (Untuk pria)
  • Syukron, Jazakumullahu Khairan: Terima kasih, semoga Allah membalas Anda dengan kebaikan. (Jamak / kerumunan)
  • Syukron, Jazakillahu Khairan: Terima kasih, semoga Allah membalas Anda dengan kebaikan. (Untuk wanita)
Baca Juga :  Arti Kata Wa Iyyakum

Contoh Penggunaan Kata Syukron

Di Indonesia, kalimat syukron sering digunakan dalam percakapan antar umat Islam. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan kata syukron:

Abi: Assalamualaikum
Ustad: Walikumsalam, silahkan masuk.
Abi: Pak Ustad, Saya datang kemari ingin meminta pertolongan Pak Ustad, Alhamdulillah pembangunan toko saya sudah selesai. Nah, nanti malam saya akan mengadakan Tasyakuran, untuk itu saya meminta pertolongan bapak untuk memimpin Do’a di Acara tersebut, Bagaimana pak apakah bapak berkenan.
Ustad: Alhamdulillah, Malam ini saya tidak ada kesibukan, Insya Allah saya akan membantu kamu.
Abi: Syukron, Jazakallahu Khairan Pak Ustad.
Ustad: Aamiin, Afwan..

Jawaban Kata Syukron

Apa balasan / jawaban ketika seseorang mengucapkan kata syukron (شكرًا)? Nah, ketika seseorang mengatakan syukron, kita dapat menjawabnya dengan “Afwan (bahasa Arab; عَفْوًا). Meski secara harfiah, makna “Afwan adalah” maaf “, tetapi kata ini sering digunakan untuk menjawab kata syukron. Selain itu, Beberapa ulama berpendapat, menjawab kata-kata “Syukron dengan” Afwan “juga tidak ada salahnya karena termasuk dalam kategori hubungan sosial/muamalah.

Jadi kata Afwan yang diartikan sebagai “sama-sama”. Pengucapan Afwan dimaksudkan sebagai tanda kerendahan hati dari seseorang yang telah melakukan perbuatan baik dan kemudian menerima ucapan syukron. Menggunakan kata “Afwan” berarti bahwa bantuan yang dia berikan tidak banyak, karena seharusnya dia dapat membantu lebih dari itu. Jadi dia mengatakan “afwan”.

Keutamaan Kata Syukron

Keutamaan menggunakan Kalimat “Syukron” yang berarti “terima kasih” adalah kata yang sangat mudah diungkapkan kepada siapa pun, terutama Muslim.

Namun, sedikit orang yang mengerti bahwa perkataan kalimat “syukron” adalah perkataan yang sangat bermanfaat, terutama bagi mereka yang mengucapkan kalimat ini dan juga bagi mereka yang mendapatkan kalimat ini.

Baca Juga :  Pengertian Banjir : Jenis, Proses dan Penyebab

Kemudian, salah satu manfaat lainnya adalah bisa memberi kita pelajaran yang berharga sehingga kita dapat selalu bersyukur atas semua berkah yang Allah berikan kepada kita dan bahwa kita akan selalu terhindar dari kekufuran ats nikmat yang telah kita peroleh.

Seperti yang tertulis dalam hadis Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan:
Dan siapapun yang telah berbuat baik kepadamu, maka kamu harus membayarnya kembali dengan (kebaikan) yang sepadan. Dan jika Anda tidak dapat menemukan sesuatu untuk membalas kebaikannya, maka Anda berdoa untuknya sampai Anda merasa telah membalas kebaikannya (HR.Ahmad)

 

Kenapa Kita Dianjurkan Mengucapkan Kata Syukron

sebagai seorang muslim, Kita diajar agar kita selalu dapat mengucapkan terima kasih (Syukron) atau berterima kasih  kepada mereka yang telah berbuat baik kepada kita.

Tetapi tidak hanya itu di mana rasa terima kasih juga merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah, seperti yang dikatakan Nabi Muhammad (SAW) dalam hadist berikut:

Siapa pun yang tidak berterima kasih kepada manusia, ia tidak berterima kasih kepada Allah (HR. Ahmad)

Arti Hadits di atas adalah sebagai berikut:
Pada dasarnya, bantuan datang dari Allah sementara manusia hanyalah perantara untuk mengirimkan apa yang Allahkehendaki.

Yang mana Allah tidak akan menerima rasa syukur seorang hamba sampai dia melakukan atau berbuat sesuatu yang baik dengan berterima kasih kepada seseorang yang telah berbuat baik padanya. Ini adalah perintah untuk berterima kasih.

Arti Kata Syukron?

Arti Syukron atau (شُكْرًا)? adalah sebuah kosakata dalam bahasa Arab yang diartikan secara harfiah sebagai “terima kasih”.

Arti Kata Afwan adalah?

Untuk afwan sendiri mempunyai arti Maaf, tetapi dalam penggunaan kata afwan dapat diartikan dengan kata “Sma-sama” jadi jangan heran jika seseorang mengatakan “Syukron” maka kita dapat menanggapi dengan kata “Afwan” yang berarti “Sama-sama”.

Baca Juga :  Pengertian Vulnerability

Arti Kalimat Syukron Jazilan Adalah?

Kalimat ini memiliki arti “Terima kasih banyak

Demikianlah pembahasan tentang Arti Kata Syukron beserta ulasan lengkapnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda, jangan lupa untuk selalu mengujungi website ini untuk mendapatkan artikel – artikel menarik sobat sekalian.

Baca Juga :