Arti Kata Tabarakallah

Posted on

Arti Kata Tabarakallah (تبارك الله) – Halo sobat seputarcaraku.com, Pada materi kali ini kami akan mengulas mengenai Arti Kata Tabarakallah  dimana dalam hal ini mengenai Arti Kata Tabarakallah, Jawaban Tabarakallah dan arti Masha Allah Tabarakallah agar lebih dapat memahami dan mengerti selengkapnya dibawah ini.

Arti Kata Tabarakallah
Arti Kata Tabarakallah

Arti Kata Tabarakallah

Arti dari Tabarakallah (تبارك الله) ialah “semoga Allah memberkahi Anda”. Ada juga yang mengartikan Tabarakallah dengan “berkah Allah, semuanya dapat terjadi”. Ungkapan tabarakallah ini sendiri biasanya akan dikaitkan dengan kata-kata Masha Allah, yang menjadi Masha Allah Tabarakallah.

Apa arti dari Masha Allah? Berdasarkan dari tafsir Al-Quranul Karim tentang Surah Al-Kahf, Syekh Muhammad bin Salih Al ‘Utsaimin, kalimat Mashaa Allah (ماسيا الله) berisi 2 (dua) makna.

Pertama, Masha Allah berarti “inilah yang dikehendaki Allah”. Kedua, makna Masha Allah adalah “apa yang dikehendaki Oleh Allah, itu akan terjadi”.

Kata-kata Masha Allah biasanya akan diucapkan ketika seseorang melihat sesuatu yang mencengangkan atau menakjubkan. Artinya, ketika kita mengucapkan kalimat itu, itu berarti bahwa kita mengakui bahwa apa yang membuat kita takjub hanya dengan kehendak Allah SWT.

Dengan tambahan ucapan Tabarakallah, kita berdoa untuk sesuatu yang kita harapkan agar menjadi lebih berkah.

Karena kalimat atau ucapan Masha Allah Tabarakallah adalah sebuah doa agar apa yang kita lihat menjadi lebih berkah, lebih dari itu, ucapan Masha Allah Tabarakallah adalah bentuk kekaguman akan kekuasaan Allah Subhanahu wa ta’ala.

 

Jawaban Tabarakallah

Mengenai Jawaban atau balasan terhadap kata-kata Tabarakallah, nyatanya tidak ada tanggapan khusus terhadap kalimat ini. Tetapi alangkah baiknya, ketika kita mengatakan bahwa tabarakallah kita ganti dengan mendoakan lagi untuk orang itu, karena seperti yang dijelaskan di atas, Ungkapan tabarakallah ini adalah doa yang sangat luar biasa.

Baca Juga :  Arti Mimpi Kutu lengkap

Seolah-olah “Aisyah RA berkata ketika dia menanggapi kata-kata Barakallah. yaitu sebagai berikut;

  • Wa fiiki barakallah berarti “semoga Allah memberkatimu juga” (untuk wanita)
  • Wa fiika barakallah berarti “semoga Allah memberkatimu juga” (untuk pria)

 

Arti Masya Allah Tabarakallah

Mengacu pada arti kalimat yang disebutkan di atas, yaitu menyangkut makna Masha Allah dan makna Tabarakallah. Jadi masya Allah tabarakallah berarti sebagai berikut;

Arti Masha Allah Tabarakallah (Arab; ماسيا الله تبارك الله): Inilah yang Allah inginkan, semoga Allah memberkati Anda.

Jadi mengapa kita harus mengatakan kata seperti di atas ketika kita melihat sesuatu yang luar biasa atau serupa?

Dengan mengatakan Masha Allah Tabarakallah, itu berarti bahwa kita tidak lupa bahwa segala sesuatu yang terjadi di bumi ini atas kehendak Allah Subhanahu wa ta’ala.

Selain itu, Masha Allah Tabarakallah yang kita katakan dapat mencegah munculnya penyakit ‘Ain. Mungkin sebagian dari kita sudah tahu tentang “penyakit ‘Ain.”

Ya, ‘Ain adalah penyakit yang dapat menyerang seseorang, yang disebabkan oleh adanya penglihatan terhadap seseorang yang disertai dengan rasa takut, kekaguman atau bahkan disertai dengan kecemburuan, kebencian dan iri hati.

Berdasarkan sebab-sebab penyakit ‘Ain di atas, penyakit ini dapat didatangkan oleh orang-orang yang senang, cinta atau bahkan suka sehingga ia kagum pada apa yang kita lakukan tetapi tidak mengucapkan ungkapan “Masha Allah Tabrakallah “, jadi dia lupa bahwa apa yang dilakukan orang ini pada dasarnya adalah kehendak Allah Subhanahu wa ta’ala.

Adapun berasal dari orang yang tidak senang, tidak suka atau membenci kita, karena asal usul penyakit ‘ain berasal dari kekaguman disertai dengan kebencian, kedengkian, kecemburuan atau tanggapan negatif lainnya dari Pedang.

Baca Juga :  Arti Kata Syukron

Kemudian respon dari jiwa, menggunakan media mata untuk menyalurkan “racun” kepada orang yang dilihatnya sebelumnya. Karena ‘ain berasal dari kata” aana-ya’iinu “yang merupakan arti atau makna dari sesuatu yang disebabkan oleh mata.

Penyebab penyakit ‘ain ini bahkan lebih sering terjadi di lingkungan keluarga, seperti kekaguman orang tua untuk anak-anak mereka, atau suami terhadap istri atau sebaliknya.

Jadi, sebagai Muslim, kita harus berhati-hati dalam menanggapi bahaya “penyakit Ain” ini, seperti yang dikatakan Rasulullah Shallallhu Wa Sallam;

“Jika seseorang di antara kamu melihat saudaranya, melihat diri saudaranya atau melihat barang-barangnya (harta) yang dimilikinya menakjubkan, hendaklah mendo’akan keberkahan kepada saudaranya tersebut, karena Penyakit ‘Ain benar-benar ada” [HR. Ahmad].

Seperti yang diperintahkan oleh Rasulullah yaitu, yaitu untuk mendoakan keberkahan sebagaimana disebutkan dalam hadits di atas, maka ketika kita melihat sesuatu yang luar biasa, kita harus mengucapkan Masha Allah Tabarakallah.

Demikianlah pembahasan tentang Arti Kata Tabarakallah beserta ulasan lengkapnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda, jangan lupa untuk selalu mengujungi website ini untuk mendapatkan artikel – artikel menarik sobat sekalian.

Baca Juga :