Arti Kata Tafadhol

Posted on

Arti Kata Tafadhol – Halo sobat seputarcaraku.com, Pada materi kali ini kami akan mengulas mengenai Arti Kata Tafadhol dimana dalam hal ini mengenai Arti Kata Tafadhol dan Contoh Penggunaan Kata Tafadhol, agar lebih dapat memahami dan mengerti selengkapnya dibawah ini.

 

Arti kata Tafadhol

Kalimat Tafadhol (تفضّل) ini ditulis dalam bahasa arab sehingga banyak orang yang ingin mengetahui makna dan arti dari kalimat tersebut?

Tafadhol merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab, yang memiliki arti sebagai berikut:

Tafadhol (تفضّل)
Artinya: “Silahkan”, kalimat ini digunakan untuk menyambut atau memerintahkan orang dengan makna yang lembut.

Berikut ini cotoh Kalimat:
Tafaddhol ijlis yaa Ustadz (تفضل اجْلِسْ يا استاذ): “Silakan duduk, Wahai Guru”

Contoh kalimat di atas berbentuk kata perintah, namun sangat halus karena disertai dengan kata tafadhol.

 

Contoh Penggunaan Kata Tafadhol

Tafadhol merupakan kata yang cukup terkenal di Indonesia. Jika seorang guru (Ustad) atau seorang pembicara naik ke atas panggung, biasanya seseorang mengatakan tafaddhol ustadz.

Alhamdulilah, kata bahasa Arab yang baik hati dan mempunyai rasa kesopanan serta doa, belakangan ini banyak digunakan dalam kehidupan bermasyarakat dan sedang populer di Indonesia.

Contohnya seperti kata-kata

Wa Iyyakum artinya
Arti Yaumul Milad
Arti dari Barakallah Fiik
Arti Yaumul Jaza

Dan masih banyak lagi kalimat atau kata yang  digunakan dalam setiap kegiatan, misalnya penggunaan kata tafadhol di bawah ini:

A: Bisakah saya masuk?
Latin: Yumkinuni aldukhul?
Tulisan Arab Arab: هل يمكنني الدخول؟

B: Silahkan …
Latin: Tafadhol
Tulisan Arab: تفضّ

Contoh lainnya, saat suatu acara, baik itu di masjid atau di tempat lain. Kegiatan berupa maulid Nabi, pengajian, Kultum, Haul atau kegiatan lainnya.

Baca Juga :  Pengertian Vulnerability

Acara apa saja yang mengundang Ustadz atau Kiyai, kemudian Panitia atau Penyelenggara memerintahkan kepada Ustadz atau Kiyai untuk memulai tugasnya, biasanya panitia akan mengucapkan Tafadhol sebagai tanda dimulainya acara yang sedang berlangsung.

Biasanya kata Tafadhol akan ditambahkan dengan kata Masykuuro, menjadi “Tafadhol masykuro” / تفضل مشكورا yang artinya “Diterima dengan segala hormat”.

 

Demikianlah pembahasan tentang Arti Kata Tafadhol beserta ulasan lengkapnya, semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta bermanfaat bagi sobat sekalian, jangan lupa untuk selalu mengujungi website ini untuk mendapatkan artikel – artikel menarik sobat sekalian.

 

Baca Juga :