Cara Membuat Tulisan Melengkung di Corel dengan Mudah

Pernahkah anda memperhatikan tulisan yang ada di stempel bentuknya melengkung atau melihat logo dengan tulisan yang melengkung atau mengikuti pola gambar. Pernahkah anda terpikirkan bagaimana cara membuat tulisan melengkung di Corel ? Untuk sebagian orang mungkin sudah paham nah untuk yang belum paham mari simak ulasan berikut ini.

Cara membuat tulisa melengkung di corel
  1. Langkah pertama buka software Corel draw anda. Tunggu beberapa detik setelah Corel draw terbuka pilih open new untuk membuat dokumen baru. Setelah terbuka pilih size A4 dan landscape.
  2. Selanjutnya kita akan membuat tulisan melengkung berbentuk lingkaran. Klik gambar lingkaran pada toolbar sebelah kiri kemudian gambar dengan cara klik kiri mouse. Kemudian tarik di lembar kerja, ukuran dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Setelah itu atur posisi lingkaran dengan cara klik tanda x bagian tengah lingkaran tahan lalu geser.
  3. Klik Swift atau titik kecil di pojok bawah kemudian Swift ke tengah jadilah 2 buah lingkaran. Langkah selanjutnya adalah klik simbol A pada toolbar bagian kiri untuk membuat tulisan. Setelah itu kita bisa mulai mengetik atur jenis huruf yang ingin digunakan beserta ukurannya. Jika sudah kita bisa geser teks kebagian atas lingkaran.
  4. Berikutnya klik text kemudian fit text to path setelah itu atur posisi text. Jika sudah menemukan posisi yang pas bisa diberi warna agar terlihat cantik. Palet warna ada di toolbar sebelah kanan. Untuk memperbesar tulisan kita bisa klik titik hitam di sebelah pojok kiri tahan kemudian tarik.
  5. Tulisan yang kita buat tadi bisa dibalik dengan cara klik titik hitam di bagian atas. Lalu tahan geser ke bawah lepaskan tulisan terbalik tadi dapat disatukan menjadi 1 lingkaran. Caranya dengan klik tanda x di bagian tengah lingkaran. Kemudian geser sesuaikan posisi lepaskan kita akan mendapatkan 2 buah cara membuat tulisan melengkung di Corel.
  6. Jika ingin mewarnai lingkaran, pertama kotak lingkaran arahkan kursor ke bagian pojok lingkaran kemudian klik tahan swift. Setelah itu klik tombol panah warna hitam di sebelah kiri. Setelah itu klik beberapa bagian dalam lingkaran. Terakhir klik panel warna pilih warna yang diinginkan jika mau cancel cukup klik tanda x.
  7. Jika sudah selesai simpan lembar kerja kita ke dokumen lalu beri nama klik oke, setelah ini kita akan mencoba cara membuat tulisan melengkung di corel dengan model lain, pertama klik new kemudian pilih blank document atur size A4 posisi landscape.
  8. Selanjutnya kita akan membuat garis dengan bezeto. Klik gambar icon garis no 5 dari atas kemudian klik panah hitam di bawahnya, pilih bezeto setelah muncul tanda + klik dilembar kerja kemudian Swift buat garis sesuai dengan keinginan.
  9. Kemudian klik A untuk membuat teksnya. Jika sudah selesai langkah selanjutnya adalah atur ukuran dan warna text setelah itu klik text pada toolbar atas kemudian pilih fit text to path arahkan text ke garis yang sudah kita buat tadi dan atur posisinya.
  10. Untuk menghilangkan garisnya, kita bisa menggunakan cara tekan kontrol lalu klik kanan pada logo x color jika dirasa jarak huruf terlalu rapat. Kita bisa tekan tombol F 10 kemudian tarik atau lewat pengaturan di objek propertis. Jika kita tidak ingin mengedit text nya lagi bisa pilih comfort to curves atau ctrl+Q.
  11. Kita juga bisa mengubah jenis lengkungan textnya dengan cara mengaturnya melalui text orientations. Disini terdapat 5 jenis lengkungan text ada yang biasa tegak ke atas random dan sebagainya kita sesuaikan saja dengan kebutuhan. Jika sudah selesai simpan hasil kerja kita di dokumen beri nama selesai.
  12. Kita juga bisa membuat text dengan berbagai macam bentuk seperti ombak lingkaran persegi enak segitiga kotak persegi 8 jajar genjang dan masih banyak lagi. Selain untuk membuat tulisan melengkung untuk stempel atau logo corel juga bisa digunakan untuk membuat denah tulisan melengkung berfungsi untuk membuat nama lokasi pada denah.
Baca Juga :  4 Cara Mengubah JPG Menjadi PDF di Android

Corel draw sangat bermanfaat untuk membantu kita terutama bagi yang memiliki usaha percetakan. Itulah tadi sedikit informasi dari kami mengenai cara membuat tulisan melengkung di Corel semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi.

Tags: