Cara Mengatasi Facebook yang Error

Posted on

Bagi anda pecinta medsos atau media sosial, pastinya kesel dong seandainya salah satu medsos kesayangan anda yakni Facebook, mengalami error saat dibuka melalui aplikasi android. Nah, untuk itu artikel ini akan membahas cara mengatasi Facebook error di android. Agar anda mendapat informasinya secara lengkap, baca terus artikel ini sampai selesai ya.

Cara Mengatasi Facebook Error di Android

 Memang, rasanya Facebook yang error itu menyebalkan sekali ya. Ingin memberi komentar, like, atau melihat profil orang-orang yang kita sukai jadi terhambat karena facebook yang kita gunakan di android sedang error. Lalu bagaimana dong cara mengatasi Facebook error di android?

Tenang, kita akan bahas satu persatu karena ada banyak sekali cara mengatasi Facebook error di android. Dan, beberapa diantaranya sudah dirangkum khusus untuk anda seperti berikut ini.

Menghapus File cache Android

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi Facebook yang error pada handphone android adalah dengan menghapus file cache android. Karena bisa saja error yang terjadi pada Facebook disebabkan kapasitas memory yang sudah menyempit diakibatkan file cache yang sudah menumpuk. Nah, untuk itu anda perlu menghapus file cache tersebut.

Caranya, buka menu pengaturan pada ponsel android, kemudian pilih aplikasi, pilih unduhan, pilih Facebook lite, dan pilih hapus cache. Dengan begitu, RAM dan ROM anda akan memiliki ruang kapasitas yang lebih luas dibandingkan sebelumnya. Dan itu akan sangat mempengaruhi kinerja aplikasi. Facebook salah satu contohnya.

Paksa Hapus Data Aplikasi Facebook.

Jika cara pertama terasa sulit untuk anda lakukan, maka cobalah langkah kedua dengan menghapus data aplikasi Facebook. Karena bisa jadi data aplikasi Facebook yang terinstal di ponsel android anda itu sudah terkena virus komputer. Maka, alangkah baiknya jika anda hapus file aplikasi Facebook yang sudah terinstal tersebut. Setelah anda hapus, buka menu keamanan dan bersihkan berkas sampah. Clear semua berkas sampah yang ada dan scan virus. Jika sudah, anda bisa mendownload ulang aplikasi Facebooknya lewat playstore.

Baca Juga :  Jasa Print Kain Kanvas

cara mengatasi Facebook error

 

Menghapus Aplikasi Yang Tidak digunakan.

Jika ponsel android anda banyak terinstal aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai, sebaiknya anda hapus saja instalannya. Karena secara tidak langsung, kapasitas RAM dan ROM anda akan berkurang karena instalan aplikasi yang tidak terpakai tersebut. Contoh, anda punya banyak aplikasi game online di ponsel android anda yang tidak terpakai, kemudian secara tiba-tiba, salah satu aplikasi terpenting di ponsel android anda tidak berfungsi dengan baik.

Nah itu disebabkan karena kapasitas ROM dan RAM yang berkurang akibat memori ponsel penuh dengan aplikasi game online yang tidak terpakai. Daripada mubazir dan menyebabkan aplikasi yang terpakai menjadi terganggu fungsinya, sebaiknya dihapus saja.

Tambahkan Micro SD dengan Kapasitas yang Lebih Besar.

Aplikasi di ponsel android bisa error karena kekurangan kapasitas ruang penyimpanan. Ingin menghapus aplikasi lain, tapi masih digunakan. Gimana dong solusinya? Eits, tenang saja. Anda masih punya cara lain yakni menambahkan kapasitas Micro SD atau memori eksternal pada ponsel android anda.

Jika yang tadinya kapasitas memori eksternal ponsel android anda hanya 4GB, maka anda bisa tambahkan menjadi 8GB atau 16GB. Yang jelas, semakin besar ruang penyimpanan, maka semakin lancar pula aplikasi yang dipakai. Tapi, tentunya anda harus mengeluarkan biaya untuk membeli Micro SD berkapasitas tinggi.

Buka Facebook Melalui Browser Android

Jika semua cara mengatasi Facebook error di android yang dipaparkan di atas adalah cara yang rumit menurut anda, jangan khawatir. Karena cara terakhir ini pasti akan sangat mudah anda lakukan. Caranya adalah membuka Facebook lewat browser android. Jadi, anda tidak lagi menggunakan Facebook aplikasi.

Anda akan menggunakan Facebook lewat browser android anda. Caranya, buka browser android dan ketikan www.facebook.com pada kolom penulisan alamat web. Nanti, anda akan dibawa pada halaman awal Facebook yang meminta anda untuk login atau registrasi. Jika sudah login atau registrasi, anda pun akan masuk ke beranda Facebook akun anda.

Baca Juga :  Cara Download Film di Cinemaindo

Tapi kan beda dengan Facebook aplikasi? Apa bedanya coba? Facebook aplikasi hanya shortcut penghubung antara pemilik akun dengan alamat situs web Facebook. Sederhananya, Facebook aplikasi adalah cara cepat terhubung dengan Facebook.

Karena jika membuka Facebook lewat browser, pastinya anda harus mengetik alamat situs webnya terlebih dahulu dan itu terasa menjengkelkan bagi newbie atau pengguna baru. Facebook aplikasi dan Facebook web android sama kok. Sama-sama bisa melihat foto, membaca status, melihat beranda, melihat profil, melakukan pencarian akun, berkomentar, upload foto, edit profil dan update status. Ya kan? Tidak ada bedanya bukan?

Nah seperti itulah cara mengatasi Facebook error di android. Jangan lupa share informasi ini kepada teman-teman anda. Dan, semoga bermanfaat.