Ciri-ciri Ikan dan Habitatnya

Posted on

Ciri-Ciri Ikan dan Habitatnya – Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan jenis hewan yang satu ini, ikan sering ditemui sebagai ikan hias atau dikonsumsi sebagai lauk sehari-hari. Kandungan ikan memiliki berbagai manfaat karena kaya dengan sumber protein bagi tubuh. Selain itu ternyata ikan juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Ciri-ciri dan Klasifikasi Ikan

Berikut dibwah ini kami rangkum beberapa ciri-ciri dari ikan secara umum :

  • Tubuh terdiri dari kepala, badan, dan ekor. Tubuh umumnya ditutupi oleh kulit yang bersisik dan berlendir. Ikan memiliki sirip untuk berenang.
  • Ikan bernapas dengan insang yang mana insangnya ditutupi oleh operkulum (tutup insang). Dan insang yang mengalami pelebaran disebut labirin.
  • Ikan bersifat poikiloterm yaitu berdarah dingin atau suhu tubuh dipengaruhi oleh suhu lingkungan.
  • Dalam sistem peredaran darahnya tertutup tunggal yaitu dalam satu kali peredaran darah , darah hanya satu kali melalui jantung.
  • Alat ekskresi ikan berupa ginjal dengan tipe pronefron atau mesonefron
  • Sistem koordinasi atas sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang) dan sistem hormon
  • Alat kelamin ikan terpisah ata hermafrodit Fertilisasi terjadi secara di luar tubuh atau internal di dalam tubuh

Jenis-jenis Ikan 

Ikan dibagi tiga kelas, yaitu Agnatha (ikan tidak berahang), Chondrichtyes (ikan bertulang rawan), dan Osteichtyes (ikan bertulang keras).

Agnatha

Tersebar di Amerika Utara serta Eropa , sebagian besar Agnatha hidup di dasar perairan laut atau air tawar. Tubuh Agnatha beberbrntuk silindris memanjang, dan berukuran sekitar 76 – 90 cm., Agnatha tidak memiliki rahang tetapi memilik mulut berbentuk lingkaran dan berparut.

Baca Juga :  3 Cara Mengusir Tikus Dari Plafon Rumah Secara Alami Terbukti Ampuh

Chondrichthyes

kulit pada tubuhnya ditutupi oleh sisik-sisik plakoid yang kasar berisi dentin (mesodermal) dan dilapisi dengan email (ektodermal). Chondrichthyes memiliki mulut yang terletakk di bagian bawah dengan lidah dan rahang, alat kelamin terpisah dan fertilisasi terjadi secara eksternal atau internal

Osteichthyes

Ukuran tubuhnya bervariasi antara 1 – 6 m serta hidup di laut , air tawar dan rawa-rawa dan merupakan ikan bertulang sejati dengan endoskeleton yang mengandung matriks kalsium fosfat yang keras. Osteichthyes bernapas dengan insang yang ditutupi oleh operkulum (tutup insang).

Habitat Ikan

Untuk Habitat Ikan dapat ditemukan di hampir semua tempat yang memiliki genangan air yang berukuran besar baik air tawar, air payau maupun air asin dengan kedalaman yang bervariasi, untuk danau yang terlalu asin tidak bisa menghidupi ikan, ada beberapa spesies ikan dibudidayakan dan dipelihara untuk hiasan dalam akuarium yang juga sering dikenal sebagai ikan hias.

Demikian artikel terbaru mengenai Ciri Ciri Ikan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan bagi para pembaca. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Cara Mengusir Tikus Dengan Cuka Yang Cukup Ampuh dan Efektif. Nantikan artikel menarik lainnya hanya di seputarcaraku.co.id