Contoh Metode Penelitian

Posted on

Contoh Metode Penelitian – Halo para pembaca setia seputarcaraku.com sering bukan ada tugas yang mengharuskan kita melakukan suatu penelitian, sedangkan penelitian ini banyak metodenya. Kalian bingung ? Santai artikel kali ini akan membahas tuntas mengenai tentang Pengertian Metode Penelitian, Pengertian Metode Penelitian Menurut Ahli, Tujuan Metode Penelitian, Contoh Metode Penelitian dengan ini pasti kalian tidak akan bingung lagi setelah membaca artikel dibawah.

Metode Penelitian
Metode Penelitian

Pengertian Metode Penelitian

Metode penelitian adalah langkah atau keputusan yang akan dilakukan oleh para peneliti dalam rangka dengan tujuan untuk mengumpulkan semua sumber informasi atau data dan melaukan penelitian pada data yang didapat. Dengan metode penelitian kita dapat melihat gambaran berupa : waktu dilakukannya penelitian, langkah dan prosedur yang sistematis, sumber dari data yang terkumpuldan metode analisa apa yang dipakai untuk mebgolah data. 

Pengertian Metode Penelitian Menurut Ahli

Setelah memahami pengertian secara umum maka selanjutnya beberapa ahli juga memberikan pendapat mengenai pengertian tersebut yang akan dijelaskan dibawah ini

  • Menurut Teguh (1999 : 9)

    Berpendapat bahwa metode penelitian adalah sebuah ilmu atau pembelajaran yang berhubungan dengan hal-hal penelitian.

  • Menurut Hillway (1956 : 5)

    Menurut Hilway metode penelitian adalah suatu langkah pembelajaran melalui suatu peninjauan yang cermat atas semua bukti yang dapat dipastikan masalah yang terdefinisi, hingga mencapai solusinya.

  • Menurut Nawawi (1994 : 8)

    Metodologi Penelitia adalah ilmu-ilmu tentang metode atau langkah yang dapat difungsikan dalam proses melakukan kegiatan sebuah penelitian. Metodologi Penelitian juga didefinisikan sebagai ilmu-ilmu untuk mengungkapkan atau menyampaikan dan menerangkan semua gejala-gejala dari alam dan gejala-gejala pihak sosial dalam kehidupan manusia.

  • Pendapat Soehardjo (2003 : 32)

    Metodologi adalah wujud bagian dari estimologi (file estimasi), disebut juga sebagai bentuk ilmu untuk mewujudkan penemuan (ilmu mencari tahu). Sedangkan metodologinya adalah langkah cara penyusunannya.

 

Tujuan Metode Penelitian

Selanjutnya setelah anda dapat memahami pengertian metode penelitian baik secara umum dan menurut para ahli maka selanjutnya akan dijelaskan beberapa tujuan motede penelitian

Tujuan Penelitian Secara Umum

  1. Sebagai sarana menemukan penemuan baru dan menambah pengetahuan .
  2. Untuk menguji hasil penelitian atas penemuan yang baru.
  3. Dikembangkannya suatu pengetahuan yang sudah ada.

Tujuan Penelitian Secara Teoritis

Secara teoritis, tujuan penelitian merupakan sebuah usaha yang dilakukan untuk mengetahui satu hal yang belum diketahui atau untuk mencari hal yang baru. Pengetahuan ini juga tidak dapat kita gunakan secara praktis, harus melewatu uji coba dan beberapa penelitian dulu.

Tujuan Penelitian Secara Praktis

Sedangkan secara praktis, tujuan penelitian adalah sarana untuk mencari serta bertujuan menemukan pengetahuan yang dapat dimanfaatkan dan digunakan langsung di dalam kehidupan sehari-hari.
 

Contoh Metode Penelitian

Contoh Penulisan Metode Penelitian Skripsi

Skirpsi merupakan salah satu karya yang sangat penting bagi setiap orang khususnya mahasiswa tingkat akhir di program sarjana. Skripsi itu merupakan sebuah karya yang melewati beberapa penelitian panjang dan terkenal sulit dalam penyelesaian. Mengenai skripsi, umumnya dalam hal ini tidak ada aturan-aturan tersendiri yang harus digunakan untuk  jenis metode penelitian seperti apa. Namun tidak terlepas dari metode kualitatif dan kuantitatif.

Selain metode kualitatif dan kuantitatif, ada juga metode deskriptif analitis yang memiliki hasil yang lebih spesifik dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penggunaan metode ini agar mendapat hasil yang lebih detail dan terperinci.

Supaya menghasilkan skripsi yang baik juga dibutuhkan metode pendekatan, selanjutnya teknik pengumpulan data dan juga teknik analisis dari data-data yang ada. Metode pendekatan contohnya metode yuridis normatif. Untuk pengumpulan data atau kerja lapangan menggunakan teknik analisis kualitatif.

Contoh Metode Penelitian Karya Ilmiah

Sebelumnya karya ilmiah terdiri dari makalah-makalah, bentuk essay, skripsi perkuliahan, tesis juga tugas akhir perkuliahan. Setiap karya ilmiah membutuhkan metode penelitian yang akan digunakan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dankualitatif.

Karya ilmiah ini memiliki Metode eksperimen adalah bentuk metode yang mengaplikasikan sebuah percobaan di dalam sebuah penelitian. Metode deskriptif sendiri merupakan metode untuk penggambaran berbagai fenomena yang ada atau yang terjadi. Dan untuk metode komperatif adalah metode perbandingan dari berbagai penomena.

Contoh Metode Penelitian Makalah

Makalah merupakan salah satu tugas umum yang biasanya yang didapat mahasiswa, makalah sendiri masih termasuk jenis karya ilmiah yang standarnya menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif, untuk makalah lebih dominan menggunakan metode kualitatif, dan metode khusus eksperimen dan deskriptif. Meskipun penulisan makalah tidak terlalu mengutamakan metode jika hanya berbentuk tugas kuliah, namun pada kaidahnya penulisan makalah menggunakan metode menunjukan kualitas yang bagus atas makalah yang disusun.

Contoh Penulisan Metode Penelitian Kuantitatif

Kuantitatif secara bahasa merujuk pada kumpulan dan jumlah akan sesuatu hal. Karena bersangkutan dengan jumlah maka metode ini berkaitan dengan kegiatan observasi.

Kesimpulannya metode penelitian kunatitatif merupakan metode yang mengandalakan angka-angka dalam penelitiannya. Contoh penggunaannya seperti pada diagram, tabel dan grafik. Metode yang bergabung dengan metode kuantitatif seperti metode perbandingan, deskriptif, tidakan, survei, korelasi,  dan ekspos.

Contoh Metode Penelitian Kualitatif

Metode penelitian kualitatif pada umumnya memiliki sifat riset dan analisa. Menganalisa dengan teliti sehingga menemukan poin apa saja yang perlu dibahas. Metode kualitatif ini memiliki ciri khusus seperti menekankan proses penelitiannya dibanding hasilnya dan banyak menggunakan data yang bersumber dari lingkungan, maka tak heran jika karya ilmiah ini banyak mengangkat tema sosial.

Metode kualitatif ini juga memiliki sifat induksi dimana berwal dari fakta yang empiris, dan akan dilakukan penelitian sehingga mendapat informasi-informasi penting sebagai sumber data, untuk dijadikan kesimpulan dicari dengan melakukan perbandingan nyata.

Nah jadi demikian artikel mengenai Contoh Metode Penelitian, Kami harap artikel ini dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua, dan jangan pernah bosan nantikan artikel keren berikutnya guys.

Baca Juga :

 

Baca Juga :  Pengertian Konsolidasi