Contoh Tinjauan Pustaka

Posted on

Contoh Tinjauan Pustaka – Apa itu tinjauan pustaka ? Nah artikel dari seputarcaraku.com dibawah ini akan menjawab pertanyaan diatas, karena kali ini author akan membagikan artikel mengenai Pengertian Tinjauan Pustaka, Manfaat Tinjauan Pustaka, Membuat Tinjauan Pustaka, dan Contoh Tinjauan Pustaka, selengkapnya simak artikel dibawah ini.

Pengertian Tinjauan Pustaka
Pengertian Tinjauan Pustaka

Pengertian Tinjauan Pustaka

Tinjauan pustaka didefinisikan sebagai salah satui kegiatan yang meliputi proses mencari, membaca dan juga proses menelaah laporan-laporan setelah dilakukan penelitian dan sebagai bahan pustaka yang terdiri dari teori-teori yang sangat relevan dengan semua penelitian yang dilakukan.

Manfaat Tinjauan Pustaka

Dibawah ini merupakan dua point manfaat dari tinjauan pustaka, diantaranya:

  1. Mengungkapkan sumber data yang sumbernya belum diketahui.
  2. Mengungkapakan ide-ide yang ada.
  3. Membuktikan, bahwa benar telah dilakukan proses penelitian.
  4. Mendalami semua landasan materi yang berhubungan.
  5. Membaca kelebihan dan kelemahan dari penelitian yang dijalankan.
  6. Menghindari terjadinya duplikasi penelitian yang telah kita buat.

Membuat Tinjauan Pustaka

Membuat tinjauan pustaka ini ada beberapa aturan, atau cara yang harus dipahami maka dari itu dibawah ini akan diuraikan.

  • Membuat Outline

    Outline merupakan kunci informasi yang menjadi acuan dalam membuat tinjaun pustaka.

  • Mencari Literatur

    Literatur merupakan kumpulan informasi yang menjadi referensi dalam menuangkan ide dalam tulisan, menjadi bayangan untuk hasil tulisan yang lebih baik.

  • Menyusun dengan Bahasa Sendiri

    Supaya tulisan mudah dikenal dan menghindari kesamaan dengan tulisan lain hendaknya penulisan dengan menyusun kata demi kata dengan bahasa sendiri.

  • Melihat Umum Bagian Judul

    Judul bisa menjadi salah satu acuan untuk menentukan tinjauan pustaka agar tidak melenceng dari tema yang ditentukan dari awal.

Contoh Tinjauan Pustaka

Dibawah ini merupakan tiga contoh tinjauan pustaka yang dapat menjadi refensi pembuatan tinjauan pustaka kalian, sebagai berikut.

Contoh Tinjauan Pustaka Penelitian

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA PENELITIAN

Diambil dari penelitian Eddy Rifai (1995) banyak sekali ditemukan sistem-sistem persionalisasi di lembaga kemasyarakatan di Indonesia. Tahap perubahannya baru sampai dari tahan kenjaraan ke tahan pemasyarakatan, namun sayangnya pada praktek masih memakai sistem kenjaraan karena terbatasnya fasilitas, seperti kelengkapan sarana dan Undang-Undang, hal ini mengharuskan personalisasi harus secepatnya dihapuskan.

Sedangkan dari pihak penelitian Mansila M. Moniaga (2015) terdapat pada jurnal miliknya dengan judul  “Sanksi Hukum Terhadap Anak di Bawah Umur Menurut Sistem Hukum Indonesia Dan Akibat Pidana Penjara” mengungkapkan bahwa sistem kenjaraan dan persionalisasi banyak sering terjadi pada anak-anak, seperti misalnya anak yang keluar dari penjara di cap anak yang tidak baik.

Dengan demikian, masalah personalisasi ini menjadi salah satu hal yang harus dituntaskan menuju Indonesia yang demokratif.

 

Contoh Tinjauan Pustaka Karya Ilmiah

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA KARYA ILMIAH

Diskusi

Awal mulanya diskusi berasal dari suatu bahasa “discuture” yang artinya suatu keadaan dimana akan terjadi pertukaran beberapa pendapat untuk menguraikan beberapa maslah (to clear away by breaking up or cuturing). Salah satu ahli juga berpendapat bahwa diskusi itu dimana terdapat sekumpulan individu yang berbincang untuk berbagi pendapat dengan pokok bahasan yang sama dengan tujuan mencapai kesepakatan bersama.

Maka hal yang sangat penting sekarang adalah menumbuhkan rasa sosialisasi pada individu yang terkena fenomena dissosial karena kemajuan teknologi, memajukan lagi keinginan individu untuk berpendapat.

Bagusnya diskusi yang sekarang bertema dampak sosial media dan fenomena-fenomena yang terjadi saat ini sehingga menarik perhatian mileial yang tentunya akan lebih tertarik dengan pembahasan yang bertemakan masa kini.

 

Contoh Tinjauan Pustaka Skripsi

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA SKRIPSI

Pendidikan itu harus diutamakan

Pendidikan merupakan hal yang tidak bisa disepelekan saat ini, namunsangat disayangkan diluaran sana masih banyak anak yang tidak dapat mengenyam pendidikan dikarenakan keadaan. Sebaliknya yang berkesempatan mengenyam pendidikan sering kali menyalah gunakan, seperti membolos dan melakukan pelanggaran aturan sekolah.

Masalah ini cukup serius, apa yang salah sekarang, banyak pelajar yang terlihat tidak menyukai suasana sekolah, karena memang benar sedari dulu suasana sekolah tidak berubah, berangkat belaar, dirumah jarang buka pelajaran, tugas menumpuk, diasaat akhir semester sibuk memperbaiki nilai, apa ini efektif ? terdengar sia-sia dan terlalu mengejar angka.

Dan berdasarkan penelitian dilapangan ini terjadi karena menurut para pelajar sekarang keberuntungan dan tergantung pada orang dalam, separah itu bukan. Harusnya dunia pendidikan harus lebih variatif lagi, dan lebih mengutamakan aksi, kreatifitas, berinovasi dan paham, ingat paham bukan menghapal.

Serta sistem pembelajaran yang membuat stres, dimana telah berada disekolah dengan separuh waktu, dan ketika pulang akan dipusingkan dengan tugas deadline yang menumpuk, sesetres itu pelajar. Dan sayangnya mereka hanya mengalami itu tanpa ada tambahan pengalaman bagaimana belajar diluar, bagaimana menghadapi lawan bicara, bagaimana bersikap ditempat umum dan bagaimana cara beradaptasi dengan hal baru.

Ini masalah utama saat ini yang harus dihadapai dan harus diselesaikan.

Demikian uraian artikel mengenai Contoh Tinjauan Pustaka, beda bukan dengan daftar pustaka. Besar harapan kami semoga artikel ini dapat banyak bermanfaat untuk kita semua. Dan jangan lupa tunggu artikel-artikel berikutnya.

Baca Juga :

 

Baca Juga :  Pengertian Ekspektasi