Contoh Variabel Penelitian

Posted on

Contoh Variabel Penelitian – Halo semua, kali ini seputarcaraku.com akan membagikan artikel mengenai tentang Pengertian Variabel Penelitian, Pengertian Variabel Penelitian Menurut Para Ahli, Sifat Variabel, Macam-Macam Variabel, Berdasarkan Konteks Hubungan.  Jadi untuk lebih jelasnya yuk simak artikel dibawah ini.

Variabel Penelitian

Pengertian Variabel Penelitian

Variabel Penelitian adalah segala sesuatu atau bisa semua yang berbentuk apa saja yang  memiliki ketetapan atau ditetapkan oleh seorang peneliti bertujuan untuk mendapatkan informasi yang baru dan dicari atau ditetapkan kesimpulannya.

Pengertian Variabel Penelitian Menurut Para Ahli

Diatas telah diuraikan pengertian variabel penelitian secara umum, maka dibawah ini merupakan uraian definisi variabel penelitian menurut beberapa ahli.

  • Sudigdo Sastroasmoro

    Varibel merupakan sebuah karakteristik berbentuk subjek dari penelitian yang dapat berubah dari subjek satu ke subjek yang lainnya.

  • Hatch dan Farhady (1981)

    Menurut pendapat mereka

  • Menurut pendapat mereka variabel didefinisikan sebagai atribut-atribut atau bentuk objek yang terdiri atas beberapa variasi-variasi dari satu objek ke objek yang lainnya.
  • Bhisma Murti (1996)

    Menurut Bhisma, dia

  • Menurut Bhisma, diartikan sebagai variabel yaitu berwujud fenomena-fenomena yang mempunyai berbagai variasi nilai serta variasi nilainya dapat peneliti mengukurnya secara kualitatif dan juga kuantitatif.
  • Kidder (1981)

    Kidder berpen

  • Kidder berpendapat,  bahwa variabel ini adalah bentuk suatu kualitas yang tercipta di mana peneliti juga dapat mempelajari dan menarik sebuah gagasan kesimpulan dari proses-proses penelitian tersebut.

 

Sifat Variabel

1. Jenis Variabel Dinamis

Pengertian variabel dinamais yaitu sebuah variabel yang dapat peneliti ubah nilai keadaan maupun bentuk karakteristiknya. Variabel ini sangat memungkinkan untuk peneliti melakukan manipulasi atau beberapa perubahan sesuai keinginan dan tujuan peneliti. Perubahan yang dilakukan tersebut bisa berupa peningkatan atau juga penurunan. Seperti contoh  prestasi belajar individu, motivasi dalam belajar, kinerja seorang pegawai, dan lain sebagainya.

2. Jenis Variabel Statis

Variabel statis merupakan variabel yang memiliki sifat yang tetap atau utuh dan tidak bisa diubah oleh peneliti, baik keberadaannya ataupun nilai karakteristiknya. Dalam hal ini kondisi normal dari sifat-sifat tersebut sulit untuk dilakukan perubahan oleh peneliti. Contoh seperti status sosial ekonomi yang ada, tempat tinggal individu, jenis kelamin yang mutlak, dan masih banyak lagi.

Macam-Macam Variabel

  1. Variabel Dependen

    Merupakan variabel yang nilainya tergantung pada pengaruh dari nilai variabel lainnya.

  2. Variabel Indevenden

    Merupakan variabel sebagai syarat adanya variabel dependen.

  3. Variabel Moderator

    Merupakan variabel yang mempengaruhi hal yang memperlemah atau memperkuat hubungan variabel independen dan variabel devenden.

  4. Variabel Intervening

    Merupakan variabel yang dapat memperkuat dan memperlemah hubungan antar variabel yang tidak dapat diamati dan diukur.

  5. Variabel Kontrol

Merupakan variabel yang dikendalikan secara konstan dan mempengaruhi variabel independen terhadap variabel dependen.

 

Variabel Penelitian Berdasarkan konteks hubungannya

  1. Variabel rambang

    Variabel rambang adalah sebuah variabel yang juga di ikut sertakan untuk mempengaruhi variabel-variabel yang terikat namun juga pengaruhnya sendiri tidak memberi pengaruh yang berarti, keberadaan variabel ini sering diabaikan.

  2. Variabel Kontrol

    Variabel Kontrol merupakan variabel yang biasanya juga memberi pengaruh terhadap variabel yang terikat, dan variabel ini diartikan dengan keberadaannya yang netral di dalam sebuah penelitian.

  3. Variabel pengganggu (confounding variable)

    Variabel pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang mempunyai hubungan dengan variabel bebas dan juga dengan variabel terikat.

  4. Variabel Intervensi atau Variabel Moderator

    Variabel moderator merupakan bentuk variable yang juga mempengaruhi variabel yang memiliki sifat terikat, pengaruh dari variabel ini tidak diutamakan.

  5. Variabel terikat atau dependent variabel

    Variabel terikat merupakan variabel yang memiliki sifat bahwa nilainya sendiri tergantung dari nilai-nilai dari vaiabel lain.

  6. Variabel bebas atau independent variabel

Variabel bebas adalah bentuk variabel yang nilainya juga mempengaruhi variabel lain yang menjadi penyebab munculnya variabel dependen.

 

Contoh Variabel Penelitian

Contoh Skripsi/Laporan/Karya Tulis

BAB IV

Metode Penelitian

Varibel Penelitian

Varibel penelitian yang standard dipergunakan dalam penulisan skripsi ini diarahkan pada pengaruh pemanfaatan dari setiap teknologi dengan Internet of Things dengan tujuan mempermudah identifikasi proses-proses pendidikan yang ada di Indonesia. Namun karena adanya berbagai kendala yang dihadapi pada saat proses penelitian. Dilengkapi dengan keterangan waktu dan tempat kejadian.

Contoh Statis

  1. Jenis kelamin individu
  2. Jenis status sosial ekonomi dimasyarakat
  3. Jenis pekerjaan dan jabatan
  4. Tempat tinggal dan tempat lahir

Contoh Kontrol/Kendali

Jika Anda berkesperimen melakukan sebuah percobaan untuk membandingkan produk-produk pembersih, merek merupakan variabel independen. Tingkat noda, suhu, kebersihan merupakan variabel yang harus sesuai dengan percobaan.

Contoh Penggangu

Misalnya anda melakukan penelitian apakah kurang berolahraga memiliki dampak pada pertambahan berat badan, nah dari sini kurang olahraga merupakan variabel independen dan terjadinya penambahan berat badan merupakan variabel dependen.

Contoh Dependen dan Independen

Jika seorang makan maka berat badannya akan naik, makan merupakan variabel independen dan naik berat badan adalah variabel dependen.

Berdasarkan Skala Pengukuran

  1. Variabel Rasio

    Variabel rasio adalah sebuah variabel yang  berisfat membedakan selain itu juga memiliki tingkatan yang  berjarak pasti, semua nilai yang dikategorikan diukur pada titik yang sama.

  2. Variabel Interval

    Variabel internal didefinisikan sebagai variabel pembeda, serta mempunyai tingkatan variabel, dan ada jarak yang mutlak antara satu variabel dengan yang lain.

  3. Variabel Ordinal

    Variabel ordinal ialah variabel yang dibedakan dengan bertingkat. Urutan dalam hal ini dianggap penting, namun bukan menjadi ukuran yang menjadi ukuran adalah pengertian dan isinya.

  4. Variabel Nominal

    Variabel nominal ialah variabel sederhana diantara variabel lainnya, yang membedakan objek atau kategori dan tidak dapat melakukan operasi aritmatika.

 

Tampilan Waktu Pengukur

  1. Variabel Tipikalis

    Variabel tipikalis merupakan sebuah variabel pada saat pengumpulan datanya bukan diminta kemaksimalan dari data namun, lebih dibutuhkan kejujuran data yang didapat.

  2.  Variabel Maksimalis

Variabel Masimalis adalah variabel yang didorong agar menghasilkan data yang maksimal dan sebagus mungkin meski harus mengurangi nilai aslinya.

 

Berdasarkan Urgensi Faktual

  1. Variabel Faktual

    Variabel ini merupakan variabel yang berupa fakta yang bersifat baku tidak untuk diubah. Contoh variabel faktual agama, jenis kelamin, pendidikan seseorang, usia, dan status.

  2. Variabel Konseptual

Variabel konseptual adalah variabel yang faktanya tidak terlihat tetapi tersembunyi di dalam sebuah konsep. Contohnya prestasi belajar, minat dan bakat, kecerdasan, kemampuan individu, kinerja dll.

Sekian artikel mengenai tentang Contoh Variabel Penelitian, Semoga dapat menambah wawasan, pengetahuan, dan mampu mengembangkan pola fikir kita semua. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Baca Juga :

 

Baca Juga :  Aksara Lampung Lengkap