Etika Adalah

Posted on

Etika Adalah – Dalam kehidupan cara bertingkah laku, bersikap tak lepas dari etika, sudah seharusnya sebagai mahluk sosial manusia mempunyai etika, untuk mencapai kemakmuran bersama. Dibalik semua itu dari landasan yang mendasar apa itu etika ?

Pada materi sebelumnya kita telah membahas contoh kata pengantar, Nah kebetulan sekali seputarcaraku.com kali ini membagikan artikel mengenai tentang Pengertian Etika, Sejarah Etika, Fungsi Etika, Manfaat Etika, Jenis-Jenis Etika dan Contoh Etika yang tentunya akan diuraikan dibawah ini.

Etika Adalah
Etika Adalah

Pengertian Etika

Etika merupakan ilmu yang mempelajari tentang kesusilaan dan semua perilaku manusia dalam lingkup interaksi masyarakat menyangkut prinsip-prinsip dan aturan mengenai tentang tingkah laku yang wajar, sebagai bentuk tanggung jawab dan nilai moral berprilaku dalam kehidupan bermasyarakat.

Dari segi etimologi, Berasal dari Yunani Kuno etika adalah “Ethikos” berarti sesuatu yang timbul dari kebiasaan manusia.

Sejarah Etika

Berdasarkan sejarah, Etika muncul saat moral masyarakat Yunani hampir lenyap. Karena ada beberapa hal pandangan lama baik secara positif atau egatif yang tidak digunakan lagi.

Hingga membuat para filsuf menanyakan kembali nilai moral. Jejak yang pertama kali muncul tentang etika dikalangan murid-murid Phytagoras dengan mulai ditemukannya suatu tradisi yang terus menerus dijalankan selama ratusan tahun lamanya.

Baca Juga :  Contoh Tinjauan Pustaka

Dan setelah seratus tahun kemudian, Demokritos juga mengajarkan bahwa segala sesuatu bisa dijelaskan dengan menggunakan atom. Menurutnya, nilai tertinggi ialah apa yang bagus.

Setelahnya, juga muncul Sokrates yang juga tidak disebut meninggalkan tulisan-tulisan karena tidak mudah untuk direkontruksi. Karena menurut Sokrates seseorang akn berada pada masa dimana dia akan meresa dimana tempat yang bagus dan dimana tempat yang kurang baik.

Berjalannya waktu, ada Plato yang perperan cukup penting mengenai etika meski tak banyak menulis uraian tentang etika. Buku Aristoteles adalah buku pertama yang dikeluarkan mengenai tentang etika. Kemudian muncul Epikuros yang memiliki ciri khas ajaran mengenai tentang adanya penarikan diri atas sebuah hidup didalam keramaian dimana memiliki semboyan yang terkenal sebagai beikut “hidup dalam kesembunyian”. Yang privastic menunjukan kebahagiaan pribadi.

Fungsi Etika

Berikut dibawah ini merupakan point fungsi etika

  • Sebagai tempat untuk menerima orientasi kritis yang langsung berhadapan dengan berbagai macam moralitas yang disebut membingungkan.
  • Untuk menunjukan keterampilan intelektual seseorang yakni keterampilan untuk berargumen secara rasional dan juga kritis.
  • Untuk Orientasi etis diperlukan dalam bidang mengambil suatu sikap yang sewajarny didalam suasana pluralisme.

Manfaat Etika

Terdapat beberapa point manfaat yang akan disebutkan dibawah ini secara ringkas.

  1. Sebagai pemberi rasa tanggung jawab.
  2. Sebagai pedoman hidup.
  3. Alat peningkatan kredibilitas.
  4. Menciptakan kesan disiplin.
  5. Sebagai media kontrol sosial terhadap kehidupan.
  6. Sarana memberi kesejahteraan.
  7. Privasi yang menghindari campur tangan pihak lain.
  8. Hak setiap individu.

Jenis-Jenis Etika

Dibawah ini akan diuraikan beberapa point mengenai penjelasan singkat jenis etika.

  • Etika Teleologis

Dari dasarnya etika teleologis berhubungan dengan semua agama. Etika teleologis adalah jenis umum dari pembentukan dan perwujudan etika.

  • Etika Deontologis

Etika jenis ini mengajarkan dan juga menetapkan kewajiban yang harus dilakukan dengan tujuan mendapakan kehidupan yang jauh lebih baik.

  • Etika Normatif

Etika yang harus ada pada setiap individu yang membahas tentang berbagai nilai norma yang bersangkutan.

  • Etika Deskriptif

Etika yang mengajarkan berbagai sudut pandang sehingga membuat kita berprilaku lebih baik lagi.

  • Etika Sosiologi

Etika yang berkaitan dengan hubungan sosial masyarakat dan bagaimana cara bersikap terhadap masyarakat.

  • Etika Teologi

Etika teologis adalah ajaran atau kebenaran DARI kitab suci dari agama masing masing dan kepercayaan yang dianut.

Baca Juga :  Contoh Syair

Contoh Etika

  • Cium Tangan Kedua Orang Tua

Sebelum keluar ata masuk rumah hendaknya kita mencium tangan kedua orang tua sebagai tanda hormat dan minta restu agar semua yang kita lakukan berkah.

  • Katakan Salam atau Halo ketika Anda Mengunjungi Rumah Orang Lain

Etika ini sudah ada sejak dulu sampai dengan sekarang masih diwarisi dan masih dijalankan, rumah orang lain itu privasi bagi pemiliknya sehingga menjadi bentuk permisi atau pemberitahuan kepada pemilik rumah jika kita mengucap salam saat hendak bertamu.

  • Tidak Ada Suap atau Korupsi Untuk Pejabat Negara / Publik

Etika bekerja yang baik hendaknya kita tidak menerima suap dan memberi suap, yang paling utama kita tidak diperbolehkan untuk korupsi, dengan korupsi kita telah melakukan kesalahan besar memakan hak yang bukan hak kita.

  • Mengatakan Maaf Saat Anda Melakukan Kesalahan

Saat melakukan kesalahan turun kan ego etikanya yang salah minta maaf, meminta maaf tidak membuat diri kamu jatuh, atau pun harga diri kamu merendah.

  • Membuang  Sampah Ke Tempat Sampah

Etika yang sangat dekat dengan kihidupan kita sehari hari adalah etika membuang sampah. Masih sering sekali bukan dari kita yang belum mempunyai kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan. Hal kecil namun berdampak besar ini bisa menjadi salah satu cara untuk kita memulai hidup disiplin dan bersih.

  • Jangan Ribut

Hindari keributan, hendaknya setiap individu saling menghormati dan menghargai supaya tidak tercipta suatu keributan.

  • Berbicara Perlahan  Di Depan Orang Tua

Sudah menjadi etika mutlak, jika berbicara dengan kedua orang tua harus merendahkan suara, tidak boleh berbicara cepat seperti sedang berhadapan dengan seorang teman.

  • Menunduk kepala Saat Berjalan

Etikanya menunduk saat berjalan lebih sopan dan mengantisipasi supaya kaki tidak tersandung.

Baca Juga :  Pengertian Banjir : Jenis, Proses dan Penyebab

Baiklah demikian diatas Pengertian Etika, semoga dapat menambah wawasan kita dan menambah etika baik pada diri kita masing-masing. Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.

Baca Juga :