Mabruk Alfa Mabruk Artinya

Posted on

Arti Kalimat Mabruk Alfa Mabruk – Halo sobat seputarcaraku.com, Pada materi kali ini kami akan mengulas mengenai Arti Kalimat Mabruk Alfa Mabruk dimana dalam hal ini mengenai Arti Kata Mabruk Alfa Mabruk dan Penggunaan Kalimat , agar lebih dapat memahami dan mengerti selengkapnya dibawah ini.

 

Mabruk Alfa Mabruk
Mabruk Alfa Mabruk

 

Mabruk Alfa Mabruk

Umumnya Kalimat mabruk alfa mabruk dalam bahasa arab (مَبْرُوْكْ اَلْفَ مَبَرُوْكْ) sering digunakan untuk menyapa seseorang yang sedang merayakan ulang tahun.

Kalimat مَبْرُوْكْ اَلْفَ مَبَرُوْكْ yang ditulis dalam bahasa arab yang secara bahasa berarti “beribu-ribu berkah” atau bisa juga diartikan “semoga diberkati dengan ribuan berkah”.

Atau jika ada teman, kerabat atau saudara yang sedang merayakan hari ulang tahunnya maka Anda bisa mengucapkan selamat kepada yang sedang berulang tahun dengan mengucapkan = Mabruk alfa mabruk ‘alaika mabruuk. Barakallah fi umrik.

Jika diartikan secara satu persatu maka akan memiliki arti, yaitu sebagai berikut:

Mabruk (مَبْرُوْكْ) = Semoga Berkah atau Berkah
Alfa = Beribu ( Banyak )
Alfa Mabruk (اَلْفَ مَبَرُوْكْ) = Beribu Berkah

Jadi secara bahasa arti dari Mabruk Alfa Mabruk (مَبْرُوْكْ اَلْفَ مَبَرُوْكْ) adalah “Berkah seribu berkah” / “Semoga diberkati dengan ribuan berkah”

Arti  Mabruk Alfa Mabruk

Kalimat ini mempunyai arti yang cukup luas yaitu harapan dan do’a yang lebih diberkahi bagi seseorang yang merayakan momen yang berharga. Sebagaimana kita tahu, dalam Islam masa pertambahan usia merupakan salah satu peristiwa penting.

Saat ini, sangat tepat untuk merefleksikan semua yang telah terjadi selama perjalanan usianya. Entah selama usianya atau umurnya telah digunakan untuk hal-hal yang berguna untuk dunia dan akhirat atau sebaliknya.

Baca Juga :  Contoh Kata Sambutan

Seorang Muslim sejati akan memanfaatkan umurnya dengan sebaik-baiknya. Mereka mengetahui bahwa usia mereka adalah anugerah dari Allah SWT yang harus digunakan untuk mendekatkan diri kepada Pencipta-Nya untuk melakukan amal sholeh.

Manusia harus menaati Allah SWT dengan menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Karena seseorang yang bertakwa akan takut dan akan merasa diawasi selama 24 jam dalam menjalankan rutinitasnya.

Seperti tertulis dalam Sura Al-Qur’an Adz Dzariya ayat 56 yang artinya “Dan Aku tidak pernah menciptakan manusia selain agar mereka (beribadah) Kepada-Ku”

Dengan mengucapkan mabruk alfa mabruk diharapkan seseorang yang memperingati hari kelahirannya mempunyai umur yang panjang dan diberkahi dengan segala sesuatu menjadi lebih baik dan bermanfaat.

Penggunaan Kalimat Mabruk Alfa Mabruk

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa kalimat  tersebut sering digunakan untuk mengucapkan kepada seseorang yang sedang merayakan ulang tahunnya. Kalimat ini mempunyai arti yang sangat baik dan ditujukan bagi orang agar menerima berkah yang melimpah.

Berikut adalah contoh penggunaan kata dan dihbingkan dengan beberapa kalimat lainnya. Sehingga makna kalimat yang digunakan untuk memberi salam mempunyai makna yang lebih rumit.
مَبْرُوْكْ اَلْفَ مَبَرُوْكْ عَلَيْكَ مَبَرُوْكْ
مَبْرُوْكْ اَلْفَ مَبَرُوْكْ يَوْمِ مِيْلَدِكَ مَبْرُوْك

Latin: Mabruuk alfa mabruuk ‘alaika mabruuk, Mabruuk alfa mabruuk yaum miiladik mabruuk

Artinya: Selamat memperingati hari jadi ( Milad), semoga Allah SWT senantiasa memberikan anugrah yang terbaik dan menjadikan hidupmu jauh lebih diberkahi.

Dengan mengucapkan selamat Milad ( Ulang Tahun ) dalam bahasa Arab, ucapan tersebut akan terdengar religius dan islami. Jadi mulailah mengganti sapaan atau ucapan yang biasa kita gunakan saat seseorang merayakan hari lahirnya dengan kalimat itu atau kalimat lain yang memberi kesan religius.

Baca Juga :  Pengertian Negara Kesatuan

 

Demikianlah pembahasan tentang Arti Kalimat Mabruk Alfa Mabruk beserta ulasan lengkapnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda, jangan lupa untuk selalu mengujungi website ini untuk mendapatkan artikel – artikel menarik sobat sekalian.

 

Baca Juga :