Makna Sila Ke 2 ( Pancasila)

Posted on

Makna Sila Ke 2 ( Pancasila) – Halo sobat seputarcaraku.com, Pada materi kali ini kami akan mengulas mengenai Makna Sila Ke 2 ( Pancasila) dimana dalam hal ini mengenai Makna Sila 2, Sikap Sila ke 2,Pentingnya Sila Ke 2, Uraina Makna Sila Ke 2 dan Contoh Sikap , agar lebih dapat memahami dan mengerti selengkapnya dibawah ini.

Makna Sila Ke2
Makna Sila Ke2

Makna dari sila kedua Pancasila adalah kemanusiaan yang adil dan beradab, yang memiliki pengertian dan arti bahwa bangsa Indonesia menganut penciptaannya Tuhan Yang Maha Esa dan harus di junjung tinggi harkat dan martabat tanpa membuat perbedaan antara agama, budaya, keturunan dan suku.

Jadi, bila ada pertanyaan yang menyebutkan makna sila kedua Pancasila,  jawabannya adalah: berdasarkan nilai kemanusiaan yang adil dan beradab, salah satu wujud yaitu bahwa manusia mengaku dan diperlakukan sesuai dengan harkat dan martabat mereka. sebagaimana makhluk sempurna dibandingkan dengan makhluk lain yang diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Berdasarkan nilai-nilai ini dan berkembang dengan sikap saling mencintai antara sesama manusia, memiliki sikap tegang rasa dan sikap yang tidak mereka inginkan terhadap orang lain dan terhadap sesama manusia yang beragama Islam .

Manusia yang memiliki sikap adil dan beradab artinya mereka menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan belajar untuk menghormati harkat dan martabat manusia masing-masing dan untuk menjamin hak asasi manusia.

Maka, nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab, sangat baik memiliki konsekuensi bahwa Negara memperlakukan setiap masyarakat dan bahwa warga Negara harus memiliki dasar pengakuan dan bahkan martabat serta harkat manusia dalam nilai kemanusiaan yang dihasilkan dari martabatnya.

Kata kemanusiaan didasarkan pada kata “MANUSIA”,yang berarti makhluk berbudi luhur yang memiliki potensi untuk berpikir, merasakan, dari Karsa Seta Cipta, kata kemanusiaan dalam keutamaannya menandakan sifat manusia yang merupakan esensi dan identitas utama manusia adalah martabat manusia.

Kata Beradab berasal dari kata “ADAB”, yang berarti Budaya, oleh karena itu setiap manusia yang memiliki Adab artinya bahwa ia memiliki budaya. Makna ini sangat menyiratkan bahwa sikap, keputusan dan tindakan hidup selalu didasarkan pada budaya dan nilai-nilai.

 

Arti Dari Sila Kedua

Didasarkan pada bunyi dalam sila kedua, yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab, tentu saja makna yang terkandung tidak akan keluar dari bunyinya, yaitu menyangkut adab-adab kemanusiaan di dalam kehidupan.

Baca Juga :  Arti Kata Syukron

Jadi apa arti dari sila kedua?

1. Kesadaran

Kesadaran akan sikap dan perilaku masing-masing rakyat Indonesia akan selalu disesuaikan dengan nilai-nilai moral dan tuntutan hati nurani yang ada di hati setiap individu.

Kesadaran itu sendiri akan mampu meningkatkan kesadaran akan peran masing-masing lembaga masyarakat Indonesia untuk melaksanakan atau mencapai pembangunan sesuai dengan kapasitas mereka.

2. Hak Asasi Manusia

Arti dari sila kedua adalah serangkaian pengakuan dan penghormatan terhadap Hak Asasi Manusia (HAM) pada orang lain, yang sebenarnya dibawa atau dimiliki oleh seseorang ketika ia dilahirkan dari rahim ibunya.

3. Kemanusiaan

Arti dari sila kedua Pancasila ialah untuk mengembangkan atau menumbuhkan prilaku saling cinta antar sesama manusia berdasarkan kemanusiaan. Jika kita melakukan hal di atas, tentu saja, tindakan manusia akan diberi batasan yang akan mengurangi jumlah kejahatan.

4. Keadilan

Arti sila kedua dalam Pancasila adalah proses untuk dapat menerapkan suatu kehidupan yang adil dan beradab. Makna itu sangat penting, karena pembangunan yang ada harus terlaksana secara merata dan juga harus dilakukan dengan tetap memperhatikan wilayah, jumlah penduduk dan lain-lain.

5. Tengang Rasa

Pengalaman perwujudan sikap yang terkandung dalam sila kedua Pancasila akan dapat memberikan dorongan untuk mengembangkan dan memunculkan sikap menghargai atau menghormati dalam hubungan sosial yang dimiliki seseorang dengan individu dan kelompok masyarakat.

Rasa toleransi itu sendiri adalah bentuk penghormatan yang dilakukan oleh individu terhadap individu lain sebagai bentuk harmonisasi, tindakan tersebut terjadi melalui serangkaian pengetahuan dan juga perilakunya di dalam menjalankan hak dan kewajiban warga negara.

Sikap Terhadap  Sila Kedua Pancasila

Karena itu prilaku kemanusiaan yang adil dan beradab adalah kesadaran akan prilaku atau tindakan manusia yang telah didasarkan pada potensi Kesadaran Manusia antara hubungan Norma dan Budaya secara umum, baik terhadap diri sendiri atau sesama manusia dan kepada alam serta Hewan – hewan Ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

Atas dasar dan prinsip-prinsip kemanusiaan yang adil dan beradab merupakan salah satu sikap dan tindakan manusia sesuai dengan hakekat dan prilaku manusia yang berbudaya dan berbudi luhur.

Baca Juga :  Aksara Jawa Kuno Lengkap

Manusia yang memiliki tingkah laku dan perilaku moral didasarkan pada potensi kesadaran manusia untuk menjaga hubungan, norma dan budaya yang berkaitan dengan diri mereka sendiri serta dengan sesama manusia dan lingkungannya.

Pentingnya Sila Kedua

Sila Kedua Pancasila Ini adalah visi kehidupan bagi rakyat Indonesia sehingga mereka dapat menjadi pedoman dalam kehidupan rakyat Indonesia untuk mencapai kesejahteraan lahir dan batin didalam suatu keanekaragaman atau bermasyarakat. Selain itu Pancasila menjadi kepribadian dan jiwa bangsa Negara Indonesia. banyaknya nilai-nilai yang terkandung didalam ajaran sila kemanusiaan yang adil dan beradab meliputi:

  • Mampu memperlakukan dan mengakui manusia sesuai harkat dan martabat mereka.
  • Mampu mengakui persamaan derajat di antara makhluk-makhluk lainnya.
  • Mampu mengembangkan rasa saling mencintai antar sesama manusia.
  • Mampu mengembangkan prilaku tegang rasa.
  • Mampu mengembangkan prilaku tidak semena-mena terhadap orang lain.
  • Mampu mempertahankan nilai-nilai kemanusiaan.
  • Harus berani dalam membela kebenaran.

 

Uraian Dari  Sila Kedua

Dengan demikian makna negara Indonesia berdasarkan pada Tuhan Yang Maha Esa, negara menjamin kebebasan bagi setiap warga negara untuk memeluk agama sesuai dengan keyakinan atau ibadahnya sesuai dengan kepercayaannya dan agamanya.

Negara Indonesia tidak memiliki hak untuk memiliki pertentangan mengenai Ketuhanan Yang Maha Esa. Dilarang memiliki perbuatan atau tindakan anti pada Ketuhanan Yang Maha Esa (Ateis).

Oleh karena itu Sila yang didasarkan pada prilaku kemanusiaan yang adil dan beradab, adalah makhluk yang berbudi luhur dengan potensi manusia yang menempati martabat yang besar dengan kehendaknya dan budaya manusia.

Untuk menciptakan budaya yang tinggi dengan kesadaran, manusia harus menyadari bahwa norma-norma dan nilai-nilai yang adil memiliki suatu arti bahwa keputusan dan tindakan didasarkan pada norma-norma obyektif dan subyektif.

Dengan demikian, manusia yang adil dan beradab adalah bagian dari kesadaran dan sikap tindakan manusia berdasarkan potensi manusia dalam hubungan agama. Juga dalam Sila Kedua ini, umat manusia yang adil dan beradab dianut dalam suatu cita-cita kemanusiaan yang sangat lengkap untuk menunjukkan sikap yang adil dan beradab.

Contoh Sikap Tentang Prinsip Sila Kedua Pancasila

Berikut ini adalah diskusi tentang contoh-contoh perilaku dalam kehidupan, tentang makna yang disebutkan didalam sila kedua dari kemanusiaan yang adil dan beradab sebagai berikut:

  • Menghargai hak orang lain

Kita sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa yaitu manusia diciptakan dengan hak satu sama lain masing-masing melekat dalam diri kita sendiri, jadi kita tidak boleh hanya memikirkan kepentingan kita sendiri tanpa memikirkan orang lain.

Baca Juga :  Contoh Tinjauan Pustaka

Misalnya, dalam kehidupan kita sehari-hari, kita juga memiliki hak untuk hidup dengan nyaman sambil mendengarkan musik. Dengan posisi ini, kita juga harus ingat bahwa orang lain atau tetangga juga punya hak untuk hidup nyaman.

  • Bertindak Adil

Kita Manusia, kita juga harus memiliki sikap yang sepenuhnya adil dalam kehidupan sehari-hari, yang berarti bahwa di sini adil didalam tindakan moral dan bukan dalam tindakan perekonomian.

  • Bersikap Sopan Santun

Kesopanan tidak hanya ditunjukkan kepada orang yang lebih tua dari kita, bahkan untuk anak-anak kita juga harus memiliki sopan santun, bahkan terhadap semua orang atau terhadap hewan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

  • Menghargai Pendapat Orang Lain

Karena kita seharusnya tidak dituntut untuk selalu dihormati oleh orang lain atas pendapat kita, jika kita harus dihormati oleh orang lain, kita juga harus menghargai orang lain. Untuk memaksakan kehendak kita pada orang lain, kita tidak dapat melakukan apa yang kita inginkan, itu merupakan prilaku yang salah.

  • Membela Kebenaran

kita harus memahami kebenaran yang ada, dan di tengah masalah yang akan terjadi meskipun memiliki risiko yang akan menimpa kita. misalkan kita mengenal seseorang yang berbuat curang ketika ujian, maka kita harus melaporkan kejadian itu kepada ketua pelaksana.

Dengan demikian, berdasarkan contoh-contoh yang terkandung di atas, kita harus dapat menyimpulkan apakah Nilai Pancasila Sila Kedua telah diterapkan didalam perwujudan kehidupan kita sehari-hari di masyarakat.

Kita bisa melihat apa yang terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari, dari peringkat atas hingga strata bawah masyarakat. Jadi ini berarti bahwa kita sebagai rakyat Indonesia juga berkewajiban untuk mempraktikkan masing-masing dari nilai-nilai ajaran pada Sila Kedua Pancasila, oleh sebab itu negara ini akan menjadi negara yang sangat berguna dan berharga melalui rakyatnya.

 

Demikianlah pembahasan tentang Makna Sila Ke 2 ( Pancasila) beserta ulasan lengkapnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda, jangan lupa untuk selalu mengujungi website ini untuk mendapatkan artikel – artikel menarik sobat sekalian.

 

Baca Juga :