Makna Sila Ke 4 ( Pancasila)

Posted on

Makna Sila Ke 4 (Pancasila) – Halo sobat seputarcaraku.com, Pada materi kali ini kami akan mengulas mengenai Makna Sila Ke 4 (Pancasila) dimana dalam hal ini mengenai Isi, Makna, Simbol, Butir-butir dan Contoh Prinsip Sila Ke 4 (Pancasila) , agar lebih dapat memahami dan mengerti selengkapnya dibawah ini.

Makna Sila Ke4
Makna Sila Ke4

 

Isi Sila ke-4 Pancasila

Isi dari sila ke-4 Pancasila berasal dari manusia naluriah yang dilahirkan sebagai makhluk sosial. Berdasarkan hal ini, manusia cenderung berhubungan atau berinteraksi dengan orang lain. Dalam proses interaksi inilah perjanjian dan umumnya saling menghormati satu sama lain berdasarkan tujuan dan kepentingan bersama. Yang menunjukkan arti dari permusyawaratan.

Kalimat hikmat kebujaksanaan dalam pengertian ini adalah kondisi sosial yang menunjukkan cara berpikir orang-orang pada tingkat yang lebih tinggi sebagai bangsa dan membebaskan diri bersama dengan belenggu pemikiran kelompok dan aliran sempit tertentu.

Makna Dari Sila ke-4 Pancasila

Makna yang menjadi penerapan atau pengalaman Pancasila dalam sila ke-4 tidak terlepas dari fungsi rakyat sebagai pemilik negara. Ini juga alasan mengapa Indonesia menggunakan sistem pemerintahan presidensial.Makna dari sila ke-4 Pancasila meliputi:

1. Kekuasaan Rakyat Merupakan Segalanya

Makna dari sila keempat dalam Pancasila pertama menunjukkan bahwa pengakuan nyata bahwa rakyat Indonesia adalah pemegang kedaulatan tertinggi di negara ini adalah kebenaran mutlak yang menjadi acuan pada pelaksanaan setiap keputusan. Keberadaan ini tentu saja ada peranan kewajiban dan hak warga negara akan lebih besar untuk berpartisipasi atau ikut serta dalam pembangunan.

Baca Juga :  Makna Sila Kelima (Pancasila)

2. Menghormati Keputusan Bersama

Makna yang terkandung dalam sila ke-4 Pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara adalah untuk membuat segala bentuk rasa hormat dan saling menghormati untuk keputusan yang telah disepakati bersama. Penting juga untuk melakukan ini, karena bisa menjadi jalan keluar dari berbagai konflik yang muncul di dalam masyarakat.

3. Demokrasi

Makna dari sila keempat pancasila adalah mencapai demokrasi dari berbagai aspek kehidupan sosial. Baik dalam berpolitik dan hubungan ekonomi, serta dalam organisasi budaya dan sosial pada negara.

4. Mufakat

Makna sila keempat Pancasila adalah pengambilan segala bentuk keputusan bersama yang harus memprioritaskan atau mengutamakan berbagai prinsip yang sesuai dengan ideologi kebiasaan masyarakat, yaitu musyawarah untuk mencari mufakat.

5. Berani Bertanggung Jawab

Makna dari sila keempat pancasila adalah untuk memberikan rasa tanggung jawab dalam pelaksanaan keputusan. Ini tentu saja menjadi hal yang mutlak karena tanpa rasa tanggung jawab kebijakan akan menyimpang dari semua kebutuhan masyarakat.

Tanggung jawab ini harus sesuai dengan amanah dan peranan yang diberikan kepada institusi pemerintah. Misalnya, berkaitan dengan tugas presiden, tugas dan wewenang DPR, serta tugas Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang seharusnya tidak memprioritaskan kebutuhan pribadi tetapi memprioritaskan kepentingan rakyat.

Simbol dari Sila Keempat Pancasila

Simbol yang membentuk identitas Pancasila untuk sila keempat adalah Kepala Banteng. Tanda atau lambang sebagai tokoh hewan sosial digunakan untuk bersatu bersama-sama dengan lainnya, dalam upaya untuk menemukan atau memecahkan solusi untuk berbagai masalah. Jadi apa makna dan arti kepala banteng dalam sila keempat?

  • Banteng: hewan sosial biasanya berkumpul atau berkelompok
  • Kebiasaan berkumpul: Adanya sikap seseorang untuk selalu berada dalam kelompok atau dalam suatu pertemuan (pada manusia, suatu bentuk musyawarah untuk menyelesaikan masalah).
  • Latar belakang merah: berani mengambil tanggung jawab untuk membuat keputusan
Baca Juga :  Makna Sila Pertama ( Pancasila )

Dilihat dari makna dan simbol yang dicontohkan dalam nilai-nilai kerakyatan, akan ada sikap memprioritaskan kepentingan bangsa, negara dan masyarakat atas kepentingan pribadi seperti dalam Makna Sila ketiga Pancasila juga telah dijelaskan.

Butir – Butir Sila Keempat Pancasila

Dalam Sila Keempat Pancasila ada 10 butir-butir pedoman pengalaman yang terkandung dalam 45 butir pengalaman dan penghayatan Pancasila. Jadi apa sajakah sila keempat dari Pancasila?

  1. Sebagai warga negara dan warga negara, setiap orang Indonesia memiliki posisi yang sama, hak yang sama, dan kewajiban yang sama.
  2. Dilarang untuk memaksakan kehendak pada orang lain.
  3. Musyawarah dalam membuat keputusan untuk kebaikan bersama.
  4. Ada juga semangat keluarga dalam memimpin musyawarah untuk mencapai mufakat.
  5. Hormati dan pertahankan keputusan yang diambil di akhir musyawarah.
  6. Dengan niat baik dan rasa tanggung jawab, terima dan laksanakan hasil musyawarah yang disepakati.
  7. Dalam proses musyawarah, kepentingan bersama lebih diutamakan dari pada kepentingan golongan dan pribadi.
  8. Proses musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan juga harus sesuai dengan hati nurani.
  9. Keputusan yang diambil dan disepakati harus bertanggung jawab secara moral di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, menghormati dan menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, nilai-nilai kebenaran dan keadilan, mengutamakan persatuan dan kesatuan untuk kebaikan bersama.
  10. Memberi kepercayaan penuh pada perwakilan yang Anda percayai untuk melakukan musyawarah.

 

Contoh Prinsip Sila Keempat Pancasila

Sebenarnya, ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mencapai pengalaman pada sila keempat Pancasila, di bawah ini adalah beberapa contoh penting yang harus dilakukan dalam melaksanakan sila keempat Pancasila. Jadi apa saja contoh praktik sila keempat di Pancasila?

  • Mengadakan musyawarah untuk membuat keputusan bersama
  • Tidak memaksakan kehendak pribadi
  • Ciptakan suasana keluarga selama melakukan musyawarah
  • Hormati keputusan yang dihasilkan dari musyawarah
  • Ikuti jalannya musyawarah dengan niat dan akal baik
  • Membuat keputusan dengan mempertimbangkan kepentingan bersama
  • Memberikan hak untuk memilih dalam pemilihan umum
  • Percayai perwakilan rakyat di DPR
  • Gunakan akal sehat dan hati nurani dalam melakukan musyawarah
  • Mematuhi peraturan yang disepakati bersama
  • Aktiflah dengan memberikan pendapat dalam proses musyawarah
  • Gunakan hak untuk memilih dalam pemilihan sesuai dengan hati nurani seseorang
Baca Juga :  Peta Tematik

Apa arti Pancasila?

Panca berarti “Lima” dan Sila berarti “Dasar”, oleh karena itu makna Pancasila adalah lima prinsip dasar negara yang berfungsi sebagai pedoman dan menjadi fondasi masyarakat Indonesia.

Apa itu ideologi Pancasila?

Ideologi Pancasila yang merupakan dasar pandangan dunia dan kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila. Karena itu Pancasila juga merupakan dasar hukum dan dasar kehidupan masyarakat Indonesia.

Apa fungsi Pancasila bagi masyarakat Indonesia?

Pancasila menjadi dasar organisasi Administrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Fungsi mana yang diatur dan dimasukkan dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Demikianlah pembahasan tentang Makna Sila Ke 4 (Pancasila) beserta ulasan lengkapnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda, jangan lupa untuk selalu mengujungi website ini untuk  mendapatkan artikel Рartikel menarik sobat sekalian.

 

Baca Juga :