Makna Sila Kelima (Pancasila)

Posted on

Makna Sila Kelima – Halo sobat seputarcaraku.com, Pada materi kali ini kami akan mengulas mengenai Makna Sila Kelima dimana dalam hal ini mengenai Makna Sila Kelima Pancasila Sila Kelima, Arti,  Simbol, Point sila Kelima, Contoh Pengamalan Sila Kelima, agar lebih dapat memahami dan mengerti selengkapnya dibawah ini.

Makna Sila Ke5
Makna Sila Ke5

Makna Dari Sila Kelima Pancasila

Di Pancasila, sila kelima adalah “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”.

Arti dari sila kelima pancasila adalah dasar dan juga digunakan sebagai tujuan negara yang diwujudkan melalui sistem pemerintahan dan semua hak dan kewajiban warga negara.

Kerja sama antara masyarakat dan pemerintah dalam negara memang tidak terpisahkan, meskipun karakteristik masyarakat Indonesia masih melaksanakan musyawarah untuk mencapai suatu mufakat.

 

Arti dari sila kelima Pancasila

Arti dari sila keempat Pancasila berarti bahwa semua rakyat Indonesia menerima perlakuan yang adil dalam bidang budaya, agama, hukum, politik, suku, ekonomi, dll.

Selain itu, keadilan sosial untuk semua Rakyat Indonesia memiliki arti lain, yaitu sebagai berikut:

1. Keadilan

Arti terbaik dalam dasar Pancasila untuk hal ini merupakan sila kelima pancasila adalah proses keadilan untuk mendapatkan sesuatu yang merupakan hak rakyat Indonesia.

Misalnya, berdasarkan hukum atau undang-undang dasar bahwa setiap masyarakat memiliki hak untuk memiliki strata atau lapisan yang sama dalam proses hukum.

2. Adil

makna sila kelima dari Pancasila meruakan proses mengembangkan sikap yang adil di antara umat manusia, yang merupakan unsur naluriah dalam membentuk perdamaian masyarakat atau rakyat Indonesia.

Baca Juga :  Contoh Kata Sambutan

Definisi keadilan ini adalah bahwa sejumlah perilaku menempatkan sesuatu sesuai dengan porsi atau posisi mereka.

3. Hak dan kewajiban

Arti dari sila kelima pancasila adalah bentuk keseimbangan, harmonisasi dan menyelaraskan antara hak dan kewajiban dalam masyarakat.

Contohnya hak dan kewajiban warga negara dalam hal ini misalnya, seperti menjaga kedaulatan Indonesia dengan menciptakan semangat jiwa nasionalisme.

4. Kerjasama

Makna sila kelima Pancasila adalah melakukan berbagai bentuk kerja sama satu sama lain yang terjalin dalam kehidupan sehari-hari pada masyarakat.

Baik secara ekonomi, politik dan sosial budaya. Upaya ini dilakukan untuk mendapatkan keadilan.

5. Kemurahan Hati

Pelaksanaan sebagai bentuk tindakan atau penerapan nilai keadilan kemudian yang terdiri dalam mengembangkan sikap kemurahan hati terhadap makhluk hidup, dengan saling tolong menolong dan saling berbagi.

Jika ini terus dilakukan, tentu saja, hidup akan semakin tertata dengan baik dan penuh cinta kasih sayang di antara rakyat Indonesia.

6. Bekerja Keras

Membiasakan diri hidup hemat, sederhana, dan bekerja keras adalah salah satu makna dalam bentuk amalan sila kelima Pancasila.

Upaya yang telah dilakukan untuk semua masyarakat untuk memenuhi peran mereka sebagai bentuk perubahan sosial.

7. Tolong Menolong

Proses membantu orang lain menjadi bagian penting dalam menerapkan dan mengamalkan Pancasila, terutama dalam sila kelima.

Kebiasaan baik ini tentu akan memberi pengaruh sangat besar pada seberapa bahagia seseorang itu.

8. Hindari Sikap Buruk

Penerapan sila kelima pancasila adalah menjauhi sikap yang dianggap buruk, salah satunya adalah pemerasan terhadap orang lain.

Ini dilakukan agar seseorang bertanggung jawab atas pekerjaannya.

Misalnya, seperti tugas Mahkamah Agung yang tampaknya sangat berat untuk menerapkan suatu aturan yang telah tercantum dalam undang-undang.

Baca Juga :  Pengertian Novel

Berdasarkan makna dari Sila Kelima pancasila, merupakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, tentu saja kita sudah dapat memahami bahwa nilai keadilan menawarkan jaminan untuk mencapai standar hidup yang sesuai atau pantas dan terhormat sesuai dengan sifatnya.

Simbol dari sila kelima Pancasila

Simbol dari sila kelima pancasila, yaitu padi dan kapas, yang merupakan identitas dan karakteristik mereka.

Ilustrasi dibuat sebagai implementasi eksplisit dari kebutuhan dasar manusia, yaitu bahwa kapas didefinisikan sebagai pakaian dan padi sebagai makanan.

Arti padi dan kapas dalam sila kelima pancasila:

  • Kapas: Kebutuhan pakaian manusia
  • Padi: kebutuhan makanan manusia atau primer.
  • Paduan berwarna: melambangkan kondisi utama untuk mencapai kemakmuran bagi warga negara Indonesia

11 poin untuk sila kelima Pancasila

Ada 11 prinsip pedoman dari pengamalan sila kelima pancasila  yang terkandung dalam 45 poin Pedoman Kehidupan dan pengamalan Pancasila. Apakah poin-poin sila kelima?

  1. Melaksanakan tindakan yang memiliki nilai-nilai luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana keluarga serta kerja sama bergotong royong.
  2. Kembangkan sikap adil terhadap masyarakat sebangsa dan setanah air.
  3. Ada keseimbangan antara hak dan kewajiban.
  4. Hormati hak orang lain.
  5. Bantu kepada orang lain untuk mandiri.
  6. Jangan memeras orang lain.
  7. Jangan gunakan hak milik untuk hal-hal mewah dan gaya hidup mewah.
  8. Jangan menggunakan hak milik yang dapat membahayakan kepentingan umum.
  9. Selalu bekerja keras.
  10. Hargai hasil karya orang lain.
  11. Melakukan kegiatan untuk mencapai kemajuan yang merata dan keadilan sosial.

 

Contoh Pengalaman Dari Sila Kelima Pancasila

Berikut adalah beberapa contoh ketaatan terhadap sila kelima Pancasila yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari:

  • Berlaku adil untuk sesama makhluk hidup lainnya
  • Suka bekerja keras
  • Jangan berprilaku boros
  • Hidup ini penuh dengan kesederhanaan.
  • Jangan menyalahgunakan fasilitas umum
  • Hargai hasil karya orang lain
  • Membangun kekeluargaan di lingkungan masyarakat
  • Tidak ada pilih kasih di masyarakat
  • Bantu orang lain untuk mandiri
  • Berpartisipasi dalam pengembangan desa
  • Lindungi hak orang lain.
  • Menggunakan hak dan memenuhi kewajiban secara seimbang
  • Hormati atau hargai hak orang lain atas dasar keadilan
  • Tidak merusak lingkungan yang akan membahayakan orang
  • Jangan melanggar peraturan yang berkaitan dengan kepentingan umum
Baca Juga :  Arti Kata Fii Amanillah

Apa arti pancasila?

Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu Pañca yang berarti lima dan śīla berarti asas atau prinsip. Dan Pancasila menjadi pedoman dan rumusan hidup berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sebutkan fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia?

Fungsi Pancasila, yaitu sebagai padangan kehidupan bangsa Indonesia serta petunjuk untuk perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Dari mana semua bentuk cita-cita moral bangsa dan budaya bangsa akan berasal dari Pancasila, yang merupakan kesatuan yang tidak dapat terpisahkan.

Apa itu ideologi Pancasila?

Ideologi Pancasila adalah suatu bentuk pemikiran, ide, gagasan dan kepercayaan yang digunakan sebagai pedoman hidup dalam semua gerakan kegiatan bangsa sesuai dengan nilai-nilai sosial budaya bangsa Indonesia sendiri.

 

Demikianlah pembahasan tentang Makna Sila Kelima (Pancasila) beserta ulasan lengkapnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda, jangan lupa untuk selalu mengujungi website ini untuk mendapatkan artikel – artikel menarik sobat sekalian.

 

Baca Juga :