Pengertian Banjir : Jenis, Proses dan Penyebab

Posted on

Pengertian Banjir – Banjir, bukan lagi hal asing bagi kita semua, bentuk dari kekecewaan alam kita sering mendengarnya. Banyak penyebab dari bencana alam ini, salah satunya adalah kekurang pedulian manusia pada lingkungan sekitar. Nah, dikesempatan kali ini seputarcaraku.com akan membagikan artikel mengenai tentang banjir, untuk lebih jelasnya mari simak artikel dibawah ini.

Pengertian Banjir
Pengertian Banjir

Pengertian Banjir Secara Umum

Banjir adalah suatu kondisi dimana aliran air yang menguap tidak seperti biasanya sehingga aliran air tidak mampu menampung air yang tiba-tiba meningkat dan mengalir kedaratan, suatu keadaan ini sangat memprihatinkan dan dapat berakibat fatal.

Pengertian Banjir Menurut Ahli

Diatas kita telah mengetahui pengertian banjir secara umum, di bawah ini ada beberapa pengertian banjir yang dikemukan oleh beberapa ahli, sebagai berikut.

  • Menurut Wikipedia

    Banjir adalah suatu peristiwa dimana aliran air merendam daerah daratan.

  • Menurut Bada Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

    Banjir adalah Peristiwa meningkatkan volume air yang menyebabkan air melimpah hingga menutupi daratan.

  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

    Banjir adalah dimana daratan yang biasanya kering menjadi terendam air dikarenakan meningkatnya volume air.

  • Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)

    Terjadi aliran air sungai mengalami kelebihan kapasitas sehingga melimpa dari palung  sungai menjadi penyebab air menggenangi daratan yang semakin meninggi menutuoi oermukaan tanah.

Proses Terjadinya Banjir

Proses Terjadinya Banjir Secara Alamiah

Proses terjadi dimulai saat turun hujan ke permukaan tanah dengan kapasitas tinggi serta tertahan oleh tumbuhan, dan selanjutnya air hujan jatuh kepermukaan tanah yang masih dibendung oleh permukaan tanah dan mengalir ketempat yang lebih rendah. Karena semakin lama maka semakin tinggi tingkat curah hujan dan disini terjadi penguapan dari beberapa aliran air sehingga meluap keatas daratan penomena inilah yang disebut dengan proses banjir. Tidak sedikit memakan korban jika banjir yang terjadi lumayan besar, jika tidak sampai memakan korban, maka rumah penduduk dan perarabotan mereka akan terendam air dan kadang juga disertai lumpur bukan hanya air saja.

Proses terjadinya Banjir Non Alamiah

Proses ini terjadi dikarenakan manusia yang tidak menjaga lingkungan di sekitar mereka, kurang rasa tanggung jawab dan rasa peduli dengan lingkungan sekitar, seperti dengan cara membuang sampah pada aliran air yang membuat aliran air tersumbat dan menyebabkan air tidak dapat mengalir sehingga terjadi penguapan dan banjir terjadi.

Jenis-Jenis Banjir

Banjir Lahar Dingin

Terjadi karena lahar gunung berapi  masih aktif disaat terjadinya letusan atau erupsi. Pada proses erupsi ini keluarlah lahar dingin yang menyebabkan air sungai dan danau terjadi pendangkalan dan menyebabkan terjadinya banjir.

Banjir Rob (Laut Pasang)

Banjir yang terjadi diakibatkan oleh laun yang pasang. Pasang air laut ini akan menahan aliran air sungai yang menumpuk, dan terjadinya penjebolan tanggul dan menyebar air didaratan.

Banjir Bandang

Banjir bandang adalah banjir yang sangat dahsyat yang mampu mengangkat air dan lumpur, dengan kekuatan yang besar mampu menghanyutkan pepohonan dan juga rumah-rumah, banjir ini yang sangat ditakuti oleh manusia.

Banjir Air

Banjir jenis ini merupakan banjir yang sangat sering terjadi, biasanya terjadi karena menguapnya selokan, danau, sungai dan lain sebagainya.

Penyebab Banjir

Kondisi Topografi

Kondisi suatu dataran di permukaan bumi sangat memengaruhi terjadinya banjir, biasanya keadaan suatu daerah yang lebih rendah akan lebih mudah terdampak banjir. Sesuai dengan sifat air yang mengalir ketempat tinggi menuju tempat yang lebih rendah.

 Intensitas Hujan Yang Tinggi

Curah hujan yang tinggi pada suatu lokasi dapat menyebabkan banjir karena lama kelamaan aliran air akan meningkat melebihi kepasitas penyerapan air

Penyumbatan Aliran Air

Banjir dapat juga disebabkan oleh adanya penyumbatan di hulu aliran air sehingga volume air meningkat dan akan meluap. Biasanya penyumbatan terjadi karena adanya penumpukan sampah atau tanah longsor.

Sedikitnya Daerah Serapan Air

Daerah yang mengalami curah hujan tinggi namun kurang akan tempat terserapnya air kedalam tanah seperti pepohonan maupun hutan akan mengakibatkan air yg melebihi batas peresapan akan naik dan menggenangi daratan.

Penggundulan Hutan

Penebangan daerah hutan dapat menyebabkan banjir karena daerah yang seharusnya menjadi tempat tertampungnya air menjadi berkurang. Akibatnya saat terjadi peningkatan volume air, tanah akan terkikis dan lebih cepat mengalir ke daerah yang lebih rendah

Dampak Dari Banjir

  • Harta benda terbawa arus.
  • Menyebabkan munculnya bibit penyakit.
  • Banyak memakan korban.
  • Sarana dan prasarana rusak, dan membutuhkan biaya perbaikan.
  • Ladang menjadi rusak.
  • Pohon tumbang.
  • Menggenangi daerah pertanian.
  • Memutus jalur transportasi.
  • Untuk memperbaiki daerah terkena banjir, memakan waktu yang lama untuk perbaikan.

Cara Mencegah Dari Banjir

  • Tidak buang sampah sembarangan
  • Membangun saluran air dibawah tanah
  • Menanam Pohon Besar
  •  Penciptaan Lingkungan Hijau
  •  Bangun Tempat Konstruksi Cegah Banjir

Sekian artikel mengenai Pengertian Banjir, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Baca Juga :

Baca Juga :  Makna Sila Ke 2 ( Pancasila)