Pengertian Budi Pekerti

Posted on

Pengertian Budi Pekerti – Halo sobat seputarcaraku.com, Pada materi kali ini kami akan mengulas mengenai Pengertian Budi Pekerti dimana dalam hal ini Menurut Para Ahli, Manfaat, Tujuan dan Macam-macam. agar lebih dapat memahami dan mengerti selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Budi Pekerti
Pengertian Budi Pekerti

Pengertian Budi Pekerti

Pengertian Budi Pekerti berarti kesadaran tindakan(Perbuatan). Menurut (KBBI), makna budi pekerti adalah perilaku, moral, watak dan perangai. dan dalam bahasa Arab, budi pekerti dikenal dengan julukan akhlak serta ethics dalam bahasa Inggris. budi pekerti ini juga dikenal sebagai etika.

Secara etimologis, istilah budi pekerti adalah kombinasi dari dua kata yaitu budi dan pekerti. Kata budi memiliki makna sadar,pikiran, nalar dan karakter. dan pekerti memiliki arti perilaku, tindakan, perangai, tabiat, watak. Dua kata ini memiliki hubungan yang sangat dekat karena, pada dasarnya, budi seseorang ada dalam batin manusia dan tidak akan terlihat sampai dilakukan dalam bentuk pekerti (tindakan).

Menurut Para Ahli

 

Menurut Ki Sugeng Subagya

Budi pekerti adalah tindakan yang dipandu oleh pikiran, tindakan realisasi diri dan tindakan yang dikendalikan oleh pikiran.

 

Menurut Haidar

Budi pekerti adalah upaya sadar yang telah dilakukan serta upaya untuk menanamkan atau juga menginternalisasi nilai-nilai moral dalam perilaku dan bersikap untuk memiliki perilaku yang baik dan mulia untuk menjalani kehidupan sehari-hari. berpasrah dan menyembah Tuhan, atau berurusan dengan manusia dan beradaptasi dengan lingkungannya.

 

Menurut Badan Pertimbangan Pendidikan Nasional

Budi Pekerti adalah sikap dan perilaku sehari-hari, dari individu, keluarga, komunitas dan bangsa yang mengandung nilai-nilai tertentu yang berlaku dan dianut dalam bentuk identitas, kesatuan dan integritas, nilai integritas dan keberlanjutan. masa depan sistem moral. Serta pedoman untuk perilaku orang Indonesia di masyarakat, bangsa dan Negara yang sumbernya berasal dari filosofi Pancasila yang terinspirasi oleh ajaran agama dan budaya Indonesia.

Manfaat Budi Pekerti

Banyak efek yang didapat dari penerapan budi pekerti ini, mulai dari hal kecil hingga hal besar, misalnya:

  1. Meningkatkan kualitas seseorang dengan menanamkan nilai-nilai moral yang baik untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul.
  2. Sebagai dasar ilmu untuk mengetahui batas-batas seseorang dalam menghadapi era yang begitu rumit.
  3. Nilai-nilai agama yang dianggap penting tanpa mengabaikan lebih patuh kepada pencipta.
  4. Menampilkan karismatik yang dianggap sebagai nilai tambah oleh seorang individu.
Baca Juga :  Pengertian Integrasi

Tujuan Pendidikan Budi Pekerti

Tujuan dari budi pekerti adalah untuk menerapkan dan mengembangkan semua perilaku, nilai-nilai, dan tentu saja sikap individu dengan melancarkan pengaplikasian akhlak yang baik dan mulia dan budi pekerti yang mulia. Selain itu, perilaku yang baik juga membentuk moral yang baik di setiap individu, memiliki kepribadian yang baik, menghormati orang lain, tidak egois, memiliki nilai-nilai agama dan tidak merasakan yang paling benar. dari diri mereka sendiri.

Macam-Macam Budi Pekerti Beserta Contoh

Sikap Terhadap Tuhan

Sebagai makhluk ciptaan Tuhan, itu adalah tugas kita untuk menaati-Nya. Dengan mempercayai iman, kita harus memenuhi perintah dan menjauhi larangan pencipta. Tuhan selalu bersama orang-orang yang beriman dan akan selalu mendengarkan semua pinta hamba-Nya.

Sikap Menghargai Alam

Kita dapat mencapai ini dengan melestarikan lingkungan, dengan menanam pohon di tempat yang sangat tercemar, dengan melindungi tanaman di sekitar dan dengan menghindari hal-hal yang merusak alam, karena pada akhirnya dampaknya, itu akan kembali mengganggu manusia .

Sikap Terhadap Sesama  Manusia

  1. Sikap Menghargai Terhadap Setiap Manusia
    Diwujudkan dalam bentuk tidak membedakan setiap manusia, saling menghormati dan saling mendukung dalam kebaikan.
  2. Rasa Hormat Kepada Wanita
    Dapat dicapai dengan tidak merendahkan derajat wanita, dengan menawarkan kesempatan yang sama kepada pria. Karena pada saat itu, kesuksesan tidak hanya berlaku untuk pria.
  3. Hormati Pendapat dan Ingin Berinteraksi Dengan Orang Lain
    Kita semua memiliki kemungkinan memiliki pendapat dan tentu saja pendapat yang berbeda. Dengan perbedaan ini, kita harus saling menghormati untuk bertukar saran, untuk saling berinteraksi.
  4. Sikap Tenggang Rasa, Adil, Sopan dan Ramah
    Tunjukkan sikap di atas ketika berinteraksi dengan semua orang, terlepas dari ras, status atau posisi, karena itu menunjukkan kepribadian seseorang.
  5. Sikap Demokratis
    Penerapan sikap demokratis tidak diskriminatif, selalu sosial dan mencintai persatuan dan kesatuan.
  6. Penghargaan untuk seksualitas dan kehidupan keluarga
    Sangat penting bagi remaja untuk menerapkan nilai ini sesuai dengan ketentuan tanpa kesalahan penerapan.
  7. Sikap Berbangsa dan Cinta Tanah Air
    Ini dicapai dengan berpartisipasi dalam pemeliharaan kemerdekaan, dengan menjadi generasi yang baik bagi bangsa, dengan menjadi salah satu individu yang berjuang untuk mencoba memajukan bangsa dan negara tercinta ini.
  8. Nilai Adat dan Aturan Sopan Santun
    Nilai-nilai tradisional yang dapat kita wariskan dari generasi ke generasi, sedangkan nilai-nilai kesopanan yang diajarkan oleh orang tua kita sejak kecil mencerminkan kualitas seseorang.
Baca Juga :  Pengertian Akomodasi

Sikap Terhadap Diri Sendiri

  1. Sikap jujur ​​dan Terbuka
    Selalu jujur ​​dan terbuka dalam segala hal, karena salah satunya adalah selalu terbuka dan jujur.
  2. Beberapa sikap perkembangan sebagai manusia
    Dapat diaplikasikan dengan disiplin waktu, lebih banyak belajar, menetapkan tujuan, menghindari kegiatan negatif, intinya adalah bagaimana membuat kita agar menjadi pribadi lebih bermanfaat daripada sebelumnya.
  3. Daya Juang dan Penguasaan Diri
    Bagaimana kita berusaha mencapai tujuan. Dan bagaimana kita bisa mengendalikan diri untuk menghindari hal-hal negatif.
  4. Kebebasan dan Tanggung  Jawab
    Setiap individu bebas melakukan apa saja asalkan dia tidak melanggar aturan tapi selalu bagaimana kita bisa bertindak bebas tetapi juga bertanggung jawab.

Demikianlah materi tentang Pengertian Budi Pekerti beserta ulasan lengkapnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda, jangan lupa untuk selalu mengujungi website ini untuk mendapatkan artikel – artikel menarik sobat sekalian.

Baca Juga :