Pengertian Data

Posted on

Pengertian Data – Hai sobat artikel seputarcaraku.com yang pastinya tiap hari semakin pintar karena sering membaca aamiin. Kalian tentu mengetahui data bukan ? sering mendengarnya bahkan sudah kita pelajari sedari duduk dibangku sekolah.

Jadi dikesempatan kali ini akan dibagikan artikel baru mengenai tentang pengertian data dimana bahasannya meliputi Pengertian Data Secara Umum, Pengertian Data Menurut Para Ahli, Fungsi Data Secara Umum, Jenis-Jenis Data, Skala Pengukuran, Sifat – sifat Data, Sumber Data, Contoh Data yang akan kita uraikan penjelasannya berikut ini. Selamat menyimak kalian semua.

Pengertian Data
Pengertian Data

Pengertian Data Secara Umum

Data adalah kumpulan dari fakta yang berupa angka, teks, simbol yang masih mentah sehingga memerlukan proses pengelolaan dengan tujuan mendapat informasi yang memiliki nilai fungsi. Data merupakan berbagai keterangan yang terkumpul atas beberapa sumber yang diperoleh setelah melakukan penelitian.

Pengertian Data Menurut Para Ahli

Selain pengertian data secara umum, ada juga pengertian data yang dikemukakan oleh beberapa ahli yang telah ada sejak dahulu, yang akan kita uraikan berikut ini.

  • Arikunto Suharsimi

Beliau berpendapat bahwa data adalah perkumpulan dari angka atau simbol juga teks yang menjadi bahan untuk memperoleh sebuah informasi yang memiliki nilai fungsi.

  • Nuzulla Agustina

Data merupakan kumpulan keterangan yang sudah sering terjadi dimana hal yang sering terjadi ini bisa berupa angka, simbol, fakta, grafik tabel, lambang, huruf, kata, yang menyampaikan sebuah objek, kesimpulan, pemikiran, situasi dan juga kondisi yang sedang berlangsung atau telah berlangsung.

  • Kuswadi dan E. Mutiara

Mereka berpendapat bahwa data adalah kumpulan keterangan yang didapat dari hasil pengamatan bisa berupa lambang, sifat dan angka.

  • Slamet Riyadi

Data ini memiliki definisi sebagai keterangan yang terkumpul karena telah terjadi proses pengamatan, keterangan yang terkumpul ini bisa berbentuk lambang, grafik atau angka.

  • Kristanto

Data adalah suatu fakta yang masih mentah yang memiliki kemungkinan untuk mengurangi ketikadpastian dari suatu kejadian ataupun keadaan.

Baca Juga :  Peta Tematik

Fungsi Data Secara Umum

Jika ditelaah secara mendasar data merupakan aspek yang berkaitan dengan kehidupan, namun sering dikaitan dengan bidang komputer, teknologi dan penelitian. Maka dri itu fungsi umum dari data adalah sebagai berikut.

  • Berfungsi sebagai tolak ukur untuk memecahkan masalah dalam sebuah keputusan.
  • Sebagai dasar pedoman untuk melakukan sebuah penelitian.
  • Data sebagai acuan dalam mengimplementasi kegiatan.
  • Evaluasi dasar untuk melakukan penelitian.

Jenis-Jenis Data

Data juga memiliki keberagaman akan jenisnya, berikut merupakan jenis keberagaman data.

  1. Data Berdasarkan Cara Memperolehnya

Jenis data ini terbagi menjadi dua yaitu:

  • Data Primer, merupakan data yang didapat dari hasil penelitian yang bersifat asli dan baru, belum dilakukan proses pengelolaan apapun.
  • Data Sekunder, merupakan data yang didapat dari beberapa sumber yang menjadi referensi, berupa data yang sudah ada sebelumnya seperti yang ada dalam sebuah buku, makalah atau sumber lainnya.
  1. Jenis Data Berdasarkan Sumbernya

Dilihat dari sumbernya data dapat dibagi menjadi:

  • Data Internal, merupakan data yang didapatkan pada saat melakukan penelitian yang berhubungan dengan data internal, seperti jumlah pegawai dan modal.
  • Data Eksternal, merupakan data yang diambil dari luar informasi lembaga atau badan yang diteliti, seperti daya minat masyarakat sekitar.
  1. Jenis Data Berdasarkan Sifatnya

Selanjutnya jenis data berdasarkan sifatnya sebagai berikut.

  • Data Kualitatif, Data yang berupa verbal, gambar dan simbol seperti kuisioner yang diselenggarakan pada suatu penelitian.
  • Data Kuantitatif, Data yang berupa angka atau bilangan seperti nilai saham, angka pendapatan, angka laba.
  1. Data Berdasarkan Waktu Pengumpulannya

Selain jenis data dari ketiga macam diatas, berikut jenis data yang terakhir.

  • Data Cross Section, Data yang dikumpulkan pada waktu tertentu saja, tidak secara terus menurus dilakukan pada saat dibutuhkan saja.
  • Data Berkala, Data yang dikumpulkan dalam jangka waktu panjang secara bertahap dengan tujuan mengetahui perkembangan data yang dikumpulkan.
Baca Juga :  Pengertian dan Simbol Flowchart

Skala Pengukuran

Adapun beberapa skala pengukuran data yang harus kita ketahui, maka dari itu akan kita uraikan berikut ini.

  1. Data Nominal

Merupakan pengukuran paling rendah dan sederhana yang digunakan untuk menentukan suatu kategori dalam data. Sehingga mudah dalam pengelompokan. Pengukuran nominal memiliki sifat setiap objek memiliki satu kategori dan mempunyai alasan yang logis.

  1. Data Ordinal

Skala ordinal adalah skala pengukuran yang bertugas menyatakan tingkatan. Dengan ciri setiap kategori terpisah, kategorinya ditentukan berdasarkan karakteristik data dan disusun sesuai ukuran data yang dimiliki.

  1. Data Interval

Pengukuran yang menyatakan peringkat antar tingkatan,jarak antar interval adalah 0 dengan sifat yang mutlak, dengan ciri sifat yang saling memisah antar kategori data, angka nol menggambarka satu titik dalam skala.

  1. Data Rasio

Pengukuran skala yang bisa diurutkan, dibedakan, memiliki jarak tertentu, serta bisa dibandingkan, dengan ciri merupakan tingkat pengukuran skala tertinggi dibanding pengukuran lainnya.

Sifat – sifat Data

Data selain memiliki jenisnya yang beragam serta pengukuran skalanya juga bermacam macam, data juga memiliki beberapa sifat seperti berikut ini.

  1. Data dikotomi

Data diktomi adalah data yang memiliki sifat pilah satu sama yang lain, contohnya agama, jenis kelamin, golongan, ras dan lainnya.

  1. Data diskrit

Data diskrit ialah data yang diperoleh dengan cara berhitung atau terbilang, seperti berapa jumlah anggota, jumlah anak, jumlah pasien dan lain sebagainya.

  1. Data kontinum

Data kontinum yaitu data yang diperoleh dengan cara pengukuran dalam skala tertentu sesuai kebutuhan seperti contohnya suhu, berat, tinggi, bakat, dan kecerdasan.

Sumber Data

Adapun sumber data terbagi menjadi dua yaitu

  • Data internal

Data internal ini dapat kita dapatkan dan kita peroleh dari informasi internal dari suatu tempat yang kita teliti atau kita kunjungi, yang tidak dapat kita peroleh dari luar kawasan penelitian, atau kita akan mendapat informasi atau data yang kutrang akurat.

  • Data eksternal

Data eksternal merupakan data yang diperoleh dari kawasan luar penelitian, seperti survei pada masyarakat disekitar tempat penelitian, prilaku masyarkat sekitar, dampak yang terjadi pada masyarkat sekitar dan daya tarik lingkungan sekitar.

Baca Juga :  Pengertian Manajemen

Contoh Data

Contoh data diri terdiri atas nama, tempat tanggal lahir, agama, usia, jenis kelamin, hobi, pekerjaan, golongan darah, status, tempat tinggal, pengalaman, dan lain sebagainya yang dapat menjadi informasi. Contoh ini diambil dari beberapa identitas diri seseorang, bebas kita akan mengumpulkan data diri siapa sesuai dengan kebutuhan kita.

Contoh data kelas terdiri atas wali kelas, ketua kelas, wakil ketua kelas, sekretaris, bendahara dan anggota kelas, absen, jadwal piket dan semua atribut yang ada di dalam kelas bisa menjadi data.

Demikian artikel yang kami bagikan mengenai Pengertian Data, dari artikel ini banyak pemahaman yang dapat kita ambil, ilmu pengetahuan yang kita dapat dan besar harapan kami semoga artikel ini bermanfaat. Dan jangan lupa nantikan artikel keren berikutnya yang pastinya akan menambah wawasan pembaca.

Baca Juga :