Pengertian Diplomasi

Posted on

Pengertian Diplomasi – Halo sobat seputarcaraku.com, Pada materi kali ini kami akan mengulas mengenai Diplomasi dimana dalam hal ini Pengertian Diplomasi, Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan dan Ruang Lingkup. agar lebih dapat memahami dan mengerti selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Diplomasi
Pengertian Diplomasi

 

Pengertian Diplomasi

Diplomasi berasal dari bahasa Yunani (Diploun) atau diploma, yang memiliki arti duplikasi atau penggandaan. Diplomasi itu sendiri memiliki arti yang berbeda, diplomasi secara umum dapat menyimpulkan bahwa diplomasi merupakan kombinasi antara ilmu dan seni dalam negosiasi untuk menyampaikan tujuan di suatu negara tertentu. Atau memiliki arti aktivitas resmi suatu negara dengan negara lain yang diwakili oleh delegasi(utusan) negaratersebut.

Awal diplomasi dimulai dalam kejayaan Romawi, dengan tujuan sebagai sarana untuk transportasi umum pada zamannya. Di mana orang-orang pada zamannya diizinkan memasuki wilayahnya setelah memperoleh izin yang telah disetujui oleh raja atau yang biasa disebut diploma dan di mana seseorang yang membawa diploma pada umumnya disebut diplomat.
 

Menurut Para Ahli

 

Menurut Ellis Briggs

Diplomasi adalah kegiatan bisnis resmi dengan mengirim seseorang untuk mewakili pemerintah. Tujuan diplomasi adalah untuk membuat kesepakatan dalam hal kebijakan.

Menurut Geoffrey McDermott

Diplomasi adalah pertimbangan dalam pengelolaan hubungan internasional, setiap negara, berapapun kaliber dan ukurannya, selalu ingin mempertahankan / mengembangkan posisinya di kancah internasional, demikian, meskipun faktanya akan lebih disukai jika ‘ada lebih sedikit negara dengan panggilan nasional di dunia.

Menurut KBBI

Diplomasi didefinisikan sebagai urusan administrasi hubungan resmi antara satu negara dan lainnya. Ini juga dapat diartikan sebagai masalah kepentingan bagi suatu negara melalui perwakilannya di negara lain.

Menurut David W Ziegler

Diplomasi adalah mesin atau alat kebijakan luar negeri suatu negara, pentingnya diplomasi ini sangat penting dalam komunikasi dengan negara-negara lain di dunia untuk menjaga perdamaian dunia. Karena itu memang merupakan faktor pecahnya perang (war) karena kurangnya komunikasi antar negara berperang seperti dalam kasus perang dunia.

 

Baca Juga :  Pengertian dan Simbol Flowchart

Fungsi Diplomasi

Fungsi diplomat menurut Norman dan Howard C Parkins, 1957 sebagai duta besar negaranya, diplomasi memiliki fungsi, yaitu:
 
  • Perwakilan
    Yaitu mewakili negara asal dalam melakukan negosiasi dan sebagainya dengan memberikan nama negara asal.
  • Perundingan
    Bernegosiasi dengan negara lain tentang masalah negara asal.
  • Reporting
    Melaporkan Perlindungan kepentingan bangsa dan warganya di luar negeri.

 

Tujuan Diplomasi

Sedangkan menurut S. L Roy, 1991, tujuan diplomasi adalah:

1.Tujuan Politik

Berkenaan dengan kebebasan politik dan integritas teritorial, dalam konteks Indonesia, ini adalah masalah mempertahankan kemerdekaan yang diperoleh dan melindungi kedaulatan wilayah Republik Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

 
2.Tujuan Ekonomi

Berhubungan dengan pembangunan ekonomi nasional.

3.Tujuan Budaya

Mendukung dan memperkenalkan budaya nasional di dunia internasional.

4.Ideologi

Mempertahankan keyakinan dan kepercayaan yang diyakini oleh seorang bangsawan dalam konteks Indonesia adalah Pancasila.

 

Ruang Lingkup Diplomasi

Diplomasi selalu dikaitkan dengan kegiatan politik asing atau hubungan internasional dengan negara lain. Hubungan internasional umumnya diwakili oleh seorang diplomat(Perwakilan Suatu Negara) yang bertujuan untuk membahas berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan kepentingan negara-negara yang bekerja sama.

Instrumen yang digunakan oleh suatu negara untuk melakukan kegiatan diplomatik adalah:

1. Kementerian Luar Negeri (DEPLU)

Secara umum, DEPLU berdomisili di ibu kota negara pengirim dan berfungsi sebagai pihak yang mengatur kebijakan luar negeri suatu negara.

2. Perwakilan Diplomatik

Perwakilan diplomatik (diplomat) berdomisili di ibu kota nasional lainnya. Fungsi perwakilan diplomatik adalah sebagai “juru bicara dan penyambung lidah” negara yang diwakilinya.

Dari penjelasan di atas, kita dapat memahami bahwa diplomasi adalah kombinasi antara ilmu pengetahuan dan seni negosiasi untuk menyampaikan pesan kepada pihak lain. Tujuan utama diplomasi antar negara adalah untuk membangun dan memperkuat hubungan kerja sama dalam bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan kepentingan lainnya.

Baca Juga :  Sejarah Kerajaan Sriwijaya
Demikianlah materi tentang Pengertian Diplomasi beserta ulasan lengkapnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda, jangan lupa untuk selalu mengujungi website ini untuk mendapatkan artikel – artikel menarik sobat sekalian.
Baca Juga :