Pengertian dan Simbol Flowchart

Posted on

Pengertian dan Simbol Flowchart-Hai hai sobat seputarcaraku.com untuk kali ini artikel yang author bagikan mengenai tentang Pengertian Flowchart, Fungsi Flowchart, Cara Membuat Flowchart, Jenis Flowchart Dan Artinya, Berikut Simbol Flowchart Dan Fungsinya, Contoh Flowchart, yang akan diuraikan dibawah ini, mari simak artikel berikut sobat.

Pengertian Flowchart

Pengertian Flowchart

Flowchart merupakan suatu susunan bagan dengan berbagai simbol-simbol dari flowchart tertentu yang menggambarkan urutan dari input proses dan output suatu kejadian yang tersusun mendetail dan dapat diperkirakan proses yang terjadi secara satu persatu sampai menyeluruh serta di beri awalan dan akhiran.

Fungsi Flowchart

Flowchart mempunyai fungsi diantaranya ialah sebagai berikut.

  1. Bentuk gambaran dan menyederhanakan berbagai rangkaian proses yang ada atau dapat juga prosedur yang bertujuan supaya lebih mudah dipahami dan lebih mudah dilihat urutan langkah yang terjadi secara sistematis.
  2. Memastikan setiap program itu mempunyai alurnya masing-masing.
  3. Menampilkan keseluruhan detai program
  4. Menyajikan proses yang terjadi secara detai dari sebuah program.
  5. Pedoman untuk membuat aplikasi.

Cara Membuat Flowchart

  1. Kita harus paham beberapa simbol flowchart
  2. Kita harus tahu simbol mana saja yang kita butuhkan
  3. Kita tentukan input dari suatu kasus.
  4. Kita tentukan prosesnya.
  5. Gunakan struktur keputusan jika maka (hanya pada saat dibutuhkan).
  6. Tentukan outputnya.
  7. Dan Selesai.
Baca Juga :  Pengertian Informasi

Pedoman Pembuatan Flowchart

  1. Yang harus diingat flowchart tersusun atas halaman kiri dari kiri dan kanan, serta dari atas kebawah.
  2. Aktivitas atau kasus yang dijelaskan atau yang akan diproses harus diartikan secara detail dan definisi itu harus dipatokan semua yang membaca dapat memahami dan dimengerti oleh pembaca.
  3. Ditetapkan waktu mulai dan waktu selesai secara terjadwal atau sistematis..
  4. Setiap langkah proses program harus dibantu dengan kata kerja.
  5. Setiap proses harus terurut sesuai rancangan program.
  6. Ruang lingkup program harus jelas, apa yang khususkan, apa yang menjadi tujuan dan acuan.
  7. Mengaplikasikan simbol standard dari flowchart.

Jenis Flowchart Dan Artinya

Flowchart Schematic ( Bagan alir skematik )

Flowchart ini mempunyai kelebihan yaitu kelebihan yang terletak pada tambahan dari beberapa gambar teknis yang di tambhakan secara lebih detail dengan tujuan supaya lebih mudah untuk dipahami.

Flowchart Program  ( Bagan alir program )

Jenis flowchart program adalah flowchart yang mempunyai isi yang menjelaskan hal-hal mengenai beberapa bentuk gambaran logika dari algoritma pemrograman yang akan digunakan.

Flowchart Sistem ( Bagan alir sistem )

Flowchart ini adalah flowchart yang berfungsi untuk memberikan bentuk suatu gambaran dari jalan atau alur kerja suatu rangkaian sistem yang di proseskan secara menyeluruh dan juga dijelaskan secara detail prosedur yang terdapat pada sistem.

Flowchart Document ( Bagan alir dokumen )

Flowchart dokumen atau paperwork ini merupakan flowchart yang dibuat  lebih spesifik atau lebih detail  kepada manajemen pemberkasan dokumen, bisa juga laporan, atau surat menyurat dan detail beberapa file penting bersangkutan yang lainnya.

Flowchart Process ( Bagan alir proses )

Jenis flowchart yang terakhir ini ialah flowchart proses yang berisi bentuk gambaran dari pengambaran  suatu proses besar yang terjadi dengan menganalisis dari berbagai langkah-langkah berikutnya di dalam suatu prosedur yang  tersistem.

Baca Juga :  Apa Yang Dimaksud Dengan Tangga Nada

Berikut Simbol Flowchart Dan Fungsinya

simbol flowchart
simbol-flowchart

Pentingnya Flowchart

Dengan flowchart akan mempermudah sistem analisis dan merancang sitem kerja suatu program. Hal ini dikarenakan flowchart memiliki

Relationship

Flowchart ini bisa memberikan beberapa gambaran dari sebuah sistem yang cukup sistematis, jelas dan juga tentunya ringkas mengenai prosedur logika. Hubungan tersebut yang terjalin di setiap komponen-komponen yang ada pada sebuah sistem, dapat divisualkan melalui bagan flowchart.

Analysis

Dengan disusun penjabaran yang jelas dsn efektif di dalam pembentukan sebuah model atau chart, maka dengan itu para pembaca ditujukan bisa dengan mudah mengetahui permasalahan yang akan diseleseikan oleh sebuah sistem informasi.

Communication

Simbol-simbol yang diaplikasikan selalu mengikuti suatu keputusan bersama atau sesuai standar tertentu yang sudah memiliki pengakuan secara umum, dengan ini flowchart mampu menyampaikan informasi lewat aliran bagan yang ada dan dokumentasi informasi.

Contoh Flowchart

Contoh flowchart sistem informasi

Dari bagan flowchart diatas kita dapat mengetahui dimana input terjadi, dimana proses terjadi dan dimana ouyputnya terjadi, tidak hanya itu di flowchart sistem informasi di atas juga dilengkapi proses keputusan (jika, maka) dan ada juga tempat penyimpanan datanya. Jenis simbol flowchart diatas tidak hanya menggunakan simbol standart flowchart namun juga sudah menambahkan jenis simbol flowchart lainnya.

contoh flowchart penjualan

Pada flowchart penjualan diatas kita dapat mengetahui jalannya proses yang terjadi mulai dari proses input pesanan hingga pesanan dikeluarkan, sistem penjualan ini biasanya digunakan pada sistem penjualan berbasis aplikasi.

Jadi demikianlah artikel mengenai Pengertian Flowchart, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya sobat.

Baca Juga :