Pengertian Informasi

Posted on

Pengertian Informasi – Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita tidak lepas dari informasi bukan, baik itu kita yang menerima informasi atau kita yang memberikan informasi. Dan juga informasi ini tidak lepas dari nilai kebenaran bisa benar informasi itu fakta dan bisa juga hanya opini semata.

Nah untuk itu kali ini seputarcaraku.com akan membagikan artikel dengan bahasan pengertian informasi yang meliputi Pengertian Informasi Secara Umum, Pengertian Informasi Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri informasi, Fungsi Informasi, Cara Mendapatkan Data Atau Informasi, Jenis-Jenis Informasi, dan Contoh Informasi. Berikut akan kita uraikan satu persatu, selamat membaca untuk kalian semua.

Pengertian Informasi
Pengertian Informasi

Pengertian Informasi Secara Umum

Informasi secara umum merupakan kumpulan dari berbagai fakta yang telah diolah sehingga menjadi sebuah kalimat atau paragraf yang memiliki nilai kebenaran, manfaat dan nilai guna yang bertujuan untuk menambah wawasan atau ilmu pengetahuan yang menerimanya.

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Diatas kita telah membaca pengertian informasi dari garis secara umum, untuk lebih mendapat pemahaman lagi, berikut ini merupakan pengertian informasi yang dikemukakan oleh beberapa pendapat para ahli.

  • Azhar Susanto

Azhar Susanto menyampaikan pendapatnya bahwa informasi adalah semua hasil yang diperoleh dari proses pengelolaan data yang memiliki nilai yang bermanfaat dan memiliki nilai guna.

  • George R. Terry

Informasi menurut Terry adalah semua data yang mengalami proses pengelolaan dan menjadi dasar dalam mengambil keputusan.

  • Lina Sidharta

Informasi merupakan data-data yang disajikan, ditampilkan untuk digunakan sebagai sarana mengambil keputusan.

  • Jogiyanto HM

Informasi adalah proses pengelolaan data sehingga menjadi lebih berarti dan memiliki nilai guna bagi penerimanya dan menggambarkan seuatu peristiwa atau kejadian-kejadian yang nyata sebagai acuan untuk menetapkan sebuah keputusan.

  • Raymond McLeod

Beliau menyampaikan bahwa informasi adalah data yang telah melalui proses pengelolaan dan telah memiliki nilai arti bagi penerimanya serta menjadi acuan untuk menentukan keputusan dimasa sekarang atau dimasa yang akan datang.

Baca Juga :  Pengertian Data

Ciri-Ciri informasi

Informasi emiliki ciri tersendiri untuk membedakannya dari jenis kalimat lainnya, adapun ciri-ciri tersebut sebagai berikut.

  1. Memiliki nilai yang akurat, maksudnya tidak lagi diragukan kebenarannya
  2. Memiliki ciri tepat waktu, maksudnya informasi yang ada itu terbaru, bukan informasi dimasa silam yang tidak dibutuhkan lagi dimasa sekarang.
  3. Bersifat relavan, artinya informasi yang ada sesuai dengan kebutuhan saat ini.
  4. Berkerangka lengkap, maksudnya informasi yang dibagi utuh, tidak setengah-setengah, dan tidak berdasarkan katanya.

Fungsi Informasi

Setelah membahas pengertian informasi secara umum, definisi informasi dari pandangan beberapa ahli dan juga membahas ciri-ciri dari informasi, selanjutnya kita akan membahas beberapa fungsi dari adanya informasi, berikut fungsinya.

  1. Menjadi Sumber Pengetahuan Baru

Informasi dapat berfungsi sebagai wadah untuk mendapatkan pengetahuan baru, ilmu baru dan kabar terbaru yang membuat penerimanya tidak ketinggalan hal baru yang terjadi.

  1. Menghapus Ketidakpastian

Dilihat dari cirinya tadi informasi memiliki ciri yang akurat maka dari itu sudah pasti menentukan kepastian sehingga nilai ketidakpastian terhapuskan.

  1. Sebagai Media Hiburan

Informasi sebagai media hiburan, misalnya sedang suntuk dikarenakan tuhgas menumpuk, pekerjaan yang belum selesai dengan mendapat informasi yang lucu atau mendapat informasi yang menguntungkan kita membuat kita terhibur.

  1. Sebagai Sumber Berita

Sejatinya yang paling umum pada masa sekarang ini iformasi yang setiap waktu mengalami pembaharuan adalah informasi yang berupa berita, berita mengenai semua kejadian yang ada di dunia.

  1. Untuk Sosialisasi Kebijakan

Informasi juga bisa berupa sosialisasi kebjakan dari lembaga atau instansi tertentu yang pada saat ini sangat mudah untuk melalukan persebarannya, baik secara online maupun offline.

  1. Untuk Mempengaruhi Khalayak

Informasi juga bisa mempropaganda, mempengaruhi banyak orang, jika masih pada garis positif itu sangat bagus, namun banyak oknum yang melakukan ini dengan tujuan yang tidak baik. Maka dari itu masih banyak informasi yang hanya berupa opini beredar dimana mana sehingga kita harus pintar memilahnya.

  1. Menyatukan Pendapat

Dengan informasi bisa menyatukan beberapa pendapat yang berbeda dalam suatu forum, karena dalam sebuah diskusi utuk memecahkan perdebatan atau perbedaan pendapat dibutuhkan informasi baru yang diharapakan bisa menjadi penengah.

Baca Juga :  Contoh Cerpen Singkat Pendek dan Menarik

Cara Mendapatkan Data Atau Informasi

Banyak sumber yang bisa dijadikan wadah mendapat informasi, berikut akan kita uraikan dibawah ini.

  1. Data atau informasi merupakan hasil yang didapat dari berbagai penelitian yang telah dilakukan sebelumnya.
  2. Data yang telah lewat namun masih ada kaitan dimasa depan.
  3. Badan Pusat Statistik dan Pusat Data Informasi Pertanian bisa dijadikan sumber data atau informasi karena keduanya merupakan wadah sumber data dan informasi.
  4. Didapatkan dari radio, televisi, dan handphone.
  5. Didapat dari buku, makalah, karya ilmiah, proposal sebagai media cetak.
  6. Dari media atau forum pendidikan, seminar dan forum diskusi.

Jenis-Jenis Informasi

Dari berbagai ciri dan berbagai media tempat memperoleh informasi, sangat memungkinkan untuk informasi memiliki beragam jenis, berikut berbagai jenis informasi.

  1. Informasi Berdasarkan Sifat

Berdasarkan sifatnya informasi terbagi atas 3 yaitu:

  • Informasi Faktual

Informasi faktual merupakan informasi yang benar-benar terjadi pada dunia nyata.

  • Opini atau Konsep

Informasi yang diperoleh dari hasil pemikiran seseorang

  • Deskripsi

Informasi yang diperoleh dari sesuatu yang disampaikan secara rinci dan detail sehingga sangat mudah untuk dipahami.

  1. Informasi Berdasarkan Kegunaan

Sedangkan informasi dilihat dari kegunaannya dapat dibedakan menjadi dua yaitu:

  • Informasi yang menambah pengetahuan

Informasi yang berupa wawasan bagi seseorang, yang menambah ilmu pengetahuan seseorang informasi ini tentunya memiliki nilai kebenaran yang berupa fakta.

  • Informasi yang mengajarkan sesuatu

Informasi ini biasanya seperti pemberitahuan tata cara melakukan sesuatu, tips dan trik, tutorial dan lain sebagainya.

  1. Informasi Berdasarkan Bidang Kehidupan

Informasi dalam bidang kehidupan ini bisa berupa informasi mengenai kesehatan, lingkungan masyarakat, berita terkini akan suatu peristiwa umum dan pendidikan yang ditempuh seorang anak, serta prilaku dan nilai moral masyarakat.

  1. Informasi Berdasarkan Lokasi Peristiwa

Informasi yang sedang berlangsung baik dalam negeri ataupun diluar negeri.

  1. Informasi Berdasarkan Penyampaian

Berdasarkan penyampaian informasi terbagi atas:

    • Informasi yang disajikan secara berkala
    • Informasi yang disajikan secara tiba tiba
    • Informasi yang disampaikan setiap saat
    • Informasi yang dikecualikan
    • Informasi yang disampaikan beedasarkan permintaan suatu pihak.
Baca Juga :  Pengertian Negara Kesatuan

Contoh Informasi

Adapun beberapa contoh informasi adalah sebagai berikut.

  • Selama satu minggu ini Reza hanya masuk sekolah selama tiga hari, ini Reza lakukan karena ia harus menjalani pengobatan rawat inap dirumah sakit, Reza didiagnosa dokter terkena DBD.
  • Ayah Rudi bekerja di suatu perusahaan swasta sudah hampir 17 tahun, menyamai usia kakak Rudi, hal ini menjadikan Ayah Rudi telah berganti jabatan lebih tinggi sebanyak 5 kali, dan terakhir saat ini Ayah Rudi menjabat sebagai wakil direktur 1.
  • Telah terjadi banjir dikawasan gang sawo Rt 5 sepanjang jalan menuju sekolah prawita, sampai saat ini ketinggian air mencapai lulut orang dewasa, banyak kendaraan yang terjebak tidak bisa lewat.

Demikian artikel mengenai Pengertian Informasi ini kami bagikan, besar harapan kami semoga artikel ini bernilai guna positif bagi kalian semua yang membaca. Dan Terima kasih telah membaca artikel ini. Nantikan artikel lainnya lagi ya guys.

Baca Juga :