Pengertian Jurnal

Posted on

Pengertian Jurnal – Halo sobat seputarcaraku.com, Pada materi kali ini kami akan mengulas mengenai Jurnal dimana dalam hal ini Pengertian Jurnal,Tujuan, Manfaat,Bentuk, Prinsip Dasar dan Contoh Jurnal. agar lebih dapat memahami dan mengerti selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Jurnal
Pengertian Jurnal

 

Pengertian Jurnal

Jurnal adalah semua transaksi keuangan dari suatu badan usaha atau organisasi yang dicatat secara kronologis dan dimaksudkan untuk pengumpulan data, termasuk jumlah transaksi, nama-nama transaksi yang mempengaruhi atau terpengaruh, dan waktu transaksi yang sedang berlangsung. Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), jurnal memiliki banyak arti seperti buku catatan harian, buku yang digunakan sebagai perantara, surat kabar harian, majalah khusus yang berisi artikel dalam bidang ilmiah tertentu dan banyak lainnya.

Jurnal adalah kutipan dari beberapa laporan di mana ada poin penting dalam jurnal. Jurnal ilmiah mempunyai banyak jenis karena mencakup banyak bidang ilmu pengetahuan, termasuk ilmu sosial dan humaniora. Dalam ilmu kedokteran atau alam , publikasi artikel ilmiah ini lebih penting daripada bidang akademik lainnya.

Jurnal adalah catatan pertama setelah bukti transaksi sebelum direkam dalam buku besar. Pencatatan transaksi dalam jurnal dilakukan sesuai dengan tanggal transaksi. Setiap transaksi akan dicatat dalam setidaknya satu akun debit dan satu akun yang dikreditkan. Jumlah debit harus selalu sama dengan jumlah kredit. Transaksi dicatat dalam akun terkait dengan jumlah, untuk debit yang ditunjukkan di sebelah kiri dan untuk kredit yang ditempatkan di bawah di sebelah kanan.

Jurnal dibagi menjadi 2 jenis yaitu

Baca Juga :  Pengertian Manajemen

1.Jurnal umum

Jurnal umum adalah alat pencatatan transaksi yang paling sederhana. Setiap transaksi dicatat dalam jurnal ini tanpa membedakan bentuk transaksi. Jurnal umum sangat cocok untuk digunakan di perusahaan dengan Jumlah transaksi yang sedikit.

2.Jurnal khusus

Perusahaan dagang yang memiliki banyak transaksi berulang, jurnal yang tepat untuk digunakan adalah jurnal khusus. Jurnal dibuat kedalam kolom dan dirancang untuk mencatat transaksi tertentu sambil memperhatikan akun yang harus didebit dan dikreditkan. Buku jurnal khusus yang sering dibuat oleh suatu perusahaan dagang.

Tujuan Jurnal

Tujuan Jurnal adalah untuk menilai, mencatat, dan mengidentifikasi kegiatan ekonomi dari berbagai jenis transaksi yang terjadi dalam suatu bisnis. Selain itu, jurnal juga digunakan untuk memudahkan proses dan transfer serta penentuan informasi tentang aktivitas transaksi yang terjadi di akun sesuai dengan data transaksi yang terjadi.

Manfaat  Jurnal

Berikut ini beberapa manfaat jurnal, antara lain sebagai berikut:

  • Mengetahui kegiatan perhitungan (penambahan atau pengurangan) yang terjadi dalam estimasi transaksi.
  • Mengetahui jumlah pengeluaran atau pendapatan yang dicatat pada beberapa perkiraan.
  • Mengetahui jumlah / nominal pada debit atau kredit harus seimbang (setara).
  • Masukkan kode (referensi) sehingga Anda dapat mengetahui perkiraan jumlah yang telah dicatat dalam buku besar.

Bentuk  Jurnal

bentuk jurnal

Berikut ini penjelasan dari tabel di atas:

  1. Judul dapat ditempatkan di sebelah kiri, kanan atau di tengah.
  2. Berisi tanggal.
  3. Perkiraan nama atau deskripsi transaksi telah terjadi.
  4. Nomor referensi adalah angka atau kode yang menunjukkan bahwa transaksi telah divalidasi.
  5. Nilai nominal transaksi yang dicatat pada debit yang dalam ketentuannya harus rata di sebelah kanan.
  6. Nilai nominal transaksi yang dicatat pada kredit harus rata di sebelah kanan.
  7. Jumlah transaksi bersama debit dan kredit harus seimbang atau sama.
Baca Juga :  Pengertian Akomodasi

Prinsip Dasar Pembuatan  Jurnal

Berikut Ini Fungsi Jurnal Umum :
  • Fungsi Historis

Setiap transaksi dilakukan secara kronologis, berurutan sesuai dengan tanggal transaksi. Jurnal harus menggambarkan kegiatan perusahaan secara berurutan dan terus menerus setiap hari.

  • Fungsi Mencatat

    Jurnal Umum harus mencatat semua transaksi yang terjadi dalam bisnis, jangan sampai tidak mencatat apa pun. Setiap perubahan dalam modal, biaya, kekayaan, dan pendapatan harus dicatat sebelumnya dalam jurnal umum, sehingga keuangan bisnis dapat diselesaikan.

  • Fungsi analisis

Menunjukkan bahwa entri jurnal ini adalah hasil analisis dalam bentuk debet dan kredit akun terkait dan jumlah atau nominalnya. Analisis ini melibatkan pembagian nama akun, catatan debit dan kredit serta jumlah.

  • Fungsi Instruktif

    Apa yang Anda maksud dengan fungsi Instruktif? Fungsi jurnal umum adalah untuk memberikan perintah / instruksi dalam proses memasukkan data dalam buku besar.

    Perintah untuk akun debit dan kredit menurut catatan jurnal. Pencatatandalam jurnal publik tidak terbatas pada dokumen transaksi dalam perusahaan tetapi merupakan instruks

  • Fungsi informatif

    Jurnal umum menyediakan informasi yang berkaitan dengan transaksi yang terjadi dicatat sesegera mungkin berdasarkan informasi yang ada.

Contoh  Jurnal Umum Singkat

Transaksi terjadi dibulan mei di PD. Maju Terus
  1. Pemilik (Tuan Anas) menginvestasikan uang tunai sebesar Rp. 100.000.
  2. Pembelian barang dagang Rp. 15.000 dibayar secara tunai.
  3. Penjualan barang dagang Rp. 20.000 dibayar secara tunai.
  4. Diterima per kas dari debitur sebesar Rp.35.000

Pengaplikasian di bentuk jurnal:

Contoh Jurnal
Contoh Jurnal
Demikianlah materi tentang  Pengertian Jurnal beserta ulasan lengkapnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda, jangan lupa untuk selalu mengujungi website ini untuk mendapatkan artikel – artikel menarik sobat sekalian.
Baca Juga :