Pengertian Karakter

Posted on

Pengertian Karakter-Halo sobat seputarcaraku.com, Pada materi kali ini kami akan mengulas mengenai Karakter  dimana dalam hal ini meliputi Pengertian Secara Umum, Menurut Para Ahli, Proses Terbentuknya, Jenis dan Unsur , agar lebih dapat memahami dan mengerti selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Karakter

Pengertian Karakter

Karakter adalah watak, sifat, ahlak atau kepribadian yang membedakan seorang individu dari individu lainnya. Atau karakter juga dapat dikatakan sebagai keadaan nyata berada dalam diri seseorang, yang dibedakan dari individu lain.

Pengertian karakter menurut para ahli

ada banyak arti kata karakter menurut para ahli karena beberapa contohnya adalah:

  • Menurut W.B. Saunders

    W.B. Saunders menjelaskan menurutnya karakter merupakan sifat nyata dan berbeda yang ditunjukkan antara individu satu dengan individu lainnya.

  • Menurut Alwisol

    Karakter adalah representasi perilaku yang dicapai dengan menekankan nilai-nilai (baik-buruk, baik-buruk) secara implisit atau bahkan secara eksplisit. Karakter berbeda dengan kepribadian yang tidak menyiratkan nilai

  • Menurut Maxwell

    karakter jauh lebih baik daripada kata-kata. Lebih dari itu, karakter adalah pilihan yang menentukan tingkat kesuksesan.

  • Menurut Soemarno Soedarsono

    Pengertian karakter adalah nilai yang telah diukir dalam diri seseorang melalui pengalaman, pendidikan, pengorbanan, cobaan dan pengaruh lingkungan yang kemudian digabungkan dengan nilai-nilai yang ada dalam diri seseorang dan menjadi nilai-nilai intrinsik yang tampil di sistem pertempuran. yang kemudian mendasari sikap, perilaku dan pemikiran seseorang.

  • Menurut KBBI

    Pengertian karakter bisa disebut karakteristik mental, karakter, karakter yang dimiliki seseorang yang nantinya akan membedakan seseorang dari orang yang lain.

Proses Pembentukan Karakter

Karakter seseorang pada dasarnya dibentuk melalui proses pembelajaran jangka panjang. Karakter manusia tidak terbentuk sejak lahir, karena karakter dibentuk oleh faktor lingkungan dan juga oleh orang-orang yang ada di sekitar lingkungan.

berbagai proses pembelajaran diperoleh dari berbagai lokasi (seperti rumah, sekolah dan daerah terdekat). Mereka yang  berperan penting dalam pembentukan kepribadian adalah anggota keluarga, guru, dan teman.

Karakter umumnya terkait erat dengan perilaku. Jika seseorang berperilaku baik, kemungkinan orang ini juga memiliki karakter yang baik. Namun, jika perilaku seseorang tidak baik, kepribadian orang itu juga cenderung buruk.

Jenis-Jenis Karakter

Berikut ini beberapa contoh macam-macam karakter seseorang yang banyak ditemui disekitar kita diantaranya:

Bijaksana,Boros,Buas,Ceria,Cuek,Egois,Eksentrik,Hemat,Iri,Jinak,Jujur,Licik,Munafik,Pelit,Pemaaf,Pemalas,Pemarah,Pembenci,Penakut,Pendendam,Pendiam,Penghina,Pengkhianat,Penyabar,Penyayang,Rajin,Setia,Sombong,Tamak,Tidak Percaya Diri, Dll

Unsur-Unsur Karakter

Secara umum, pada manusia, ada hal-hal yang berkaitan dengan pembentukan karakter. Elemen-elemen ini menunjukkan karakter seseorang. Elemen-elemen ini termasuk:

  • Sikap
    Sikap seseorang adalah bagian dari karakter, bahkan dianggap mencerminkan karakter seseorang. Dalam hal ini, sikap seseorang terhadap sesuatu yang ada dihadapannya , umumnya menunjukkan karakter seseorang. Dengan demikian, semakin baik sikap seseorang karena memiliki kepribadian yang baik. Dan sebaliknya, semakin buruk sikap seseorang maka akan di anggap memiliki kepribadian yang buruk.
  • Emosi
    Emosi ialah gejala dinamis dalam kondisi yang dialami manusia, yang disertai dengan efeknya pada kesadaran, perilaku dan juga cara kerja fisiologis. Apabila tidak memiliki emosi, kehidupan manusia akan terasa sunyi sebab manusia senantiasa berpikir dan merasakan . Dan emosi identik dengan perasaan seseorang yang kuat.
  • Keyakinan ( Kepercayaan )
    Keyakinan( Kepercayaan) adalah komponen kognitif manusia dari faktor sosial-psikologis. Keyakinan bahwa sesuatu itu benar atau salah berdasarkan bukti, saran otoritas, pengalaman dan intuisi sangat penting dalam membangun Sikap dan karakter manusia. Dengan demikian, kepercayaan diri memperkuat eksistensi diri dan memperkuat hubungan dengan orang lain.
  • Kebiasaan dan Kemauan
    Kebiasaan adalah aspek perilaku manusia yang bertahan, terjadi secara otomatis dalam waktu lama, tidak terencana, dan diulang beberapa kali. Meskipun kemauan adalah suatu kondisi yang sangat mencerminkan karakter seseorang, karena kemauan kuat terkait erat dengan tindakan yang mencerminkan perilaku seseorang.
  • Konsepsi diri (Self-Conception)
    Proses konsepsi diri adalah proses totalitas, baik secara sadar maupun tidak, tentang bagaimana karakter dan diri terbentuk. Karena itu, konsepsi diri adalah cara saya membangun diri saya sendiri, apa yang saya inginkan, dan bagaimana saya menempatkan diri saya dalam kehidupan.
Demikianlah materi tentang pengertian Karakter beserta ulasan lengkapnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda, jangan lupa untuk selalu mengujungi website ini untuk mendapatkan artikel – artikel menarik sobat sekalian.

Baca Juga :

Baca Juga :  Makna Sila Pertama ( Pancasila )