Pengertian Konsolidasi

Posted on

Hai hai jumpa lagi guys… Baiklah istilah konsolidasi mungkin terdengar asing bukan ? Kecuali bagi kalian pencinta bisnis. Nah kali ini akan membahas topik mengenai Pengertian konsolidasi, tepat sekali bagi kalian yang sedang belajar memahami konsolidasi, baiklah langsung saja simak artikel dibawah ini.

pengertian konsolidasi

Pengertian Konsolidasi Secara Umum

Konsolidasi merupakan gabungan dari dua perusahaan menjadi satu perusahaan dan memiliki nama baru. Umumnya konsolidasi akan menciptakan perusahaan baru dengan cara mengambil alih aset yang ada, hak serta kewajiban yang ada dikedua perusahaan yang telah bergabung tersebut. Konsolidasi ditujukan untuk kebutuhan bisnis, konsolidasi diharapkan bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar melalui perusahaan yang baru dibangun itu.

 

Pengertian konsolidasi Menurut Para Ahli

  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
    Menurut KBBI konsolidasi adalah menggabungkan dua perusahaan atau lebih untuk menjadi satu perusahaan baru dan memiliki visi yang sama.
  • Menurut Rudi Prasetya
    Konsolidasi adalah penutupan dua atau lebih perusahaan lalu menggantinya dengan membangun perusahaan baru. tiap-tiap perusahaan yang ditutup akan bergabung menjadi satu perusahaan.
  • Menurut Aliminsyah
    Konsolidasi yaitu menyatukan suatu usaha dari dua perusahaan atau lebih, yang kegiatan atau aktivitasnya untuk meneruskan usaha gabungan itu dengan membangunbangun sebuah perusahaan baru dan melakukan kegiatan atau aktivitas keperusahaan secara berasama-sama.
  • Menurut Roman Nurbawa
    Konsolidasi memiliki definisi bahwa terjadi pembubaran dua atau lebih perusahaan dengan tujuan akan membangun satu perusahaan baru yang akan menggantikan perusahan yang dibubarkan, secara finansial semua aset yang dimiliki perusahaan yang dibubarkan akan diambil alih.

 

Ciri-Ciri Konsolidasi

Konsolidasi memiliki ciri tertentu yang membedakannya dari proses penggabungan suatu usaha lainnya. Ciri-ciri konsolidasi adalah sebagai berikut:

  1. Terjadi peleburan dua atau lebih perusahaan untuk membentuk perusahaan baru.
  2. Setiap perusahaan yang dibubarkan dan berabung di perusahaan baru tidak melalui bagian proses likuidasi.
  3. Perusahaan baru yang dibangun harus memiliki status badan hukum baru juga.
  4. Desain yang ada harus disepakati oleh setiap perusahaan lama .
  5. Semua aset perusahaan lama menjadi aset perusahaan baru.
  6. Perusahaan yang baru akan memiliki status badan hukum sesuai keputusan Menteri Hukum dan HAM mengenai perusahaan yang bergabung tanpa melalui proses likuidasi.
Baca Juga :  Pengertian Manajemen

 

Tujuan Konsolidasi

Memperbesar Perusahaan

Maksudnya memperbesar perusahaan adalah dengan penggabungan beberapa perusahaan otomatis perusahaan baru yang baru dibangun akan lebih besar dari masing masing perusahaan yang lama karena memiliki aset yang lebih banyak.

Meningkatkan Efisiensi

Lebih efisien karena semua SOP setiap perusahaan digabungkan sehingga dapat lebih optimal untuk mencapai target yang ada.

Mengurangi Tingkat Risiko Persaingan

Dengan penggabungan beberapa perusahaan persaingan akan berkurang minimal mengurangi resiko persaingan dari perusahaan yang telah bergabung.

Memberikan Jaminan Pasokan, Penjualan, dan Distribusi

Maksudnya perusahaan konsolidasi tidak lagi khawatir akan habisnya ketersediaan baik  itu bahan, barang, atau pihak proses produksi sampai penjualan.

Diversifikasi Produk atau Jasa

Produk dan jasa yang yang diproduksi perusahaan akan lebih mudah untuk terdiversifikasikan. Karena gabungan perusahaan sudah memiliki ciri khasnya dan sudah memiliki wilayah pasarnya tersendiri.

 

Contoh perusahaan konsolidasi

  • Bank Mandiri, merupakan konsolidasi dari Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim).
  • SmartFren, perusahaan konsolidasi dari PT. Reasuransi Internasional Indonesia (Reindo) PT. Mobile-8 Telecom Tbk (Mobile-8), PT. Smart Telecom (Smart).
  • Indonesian Professional Reinsurer (IPR), ini merupakan penggabungan dari , PT. Reasuransi Nasional Indonesia (Nas Re), PT. Tugu Reasuransi Indonesia (Tugu Re),PT. Reasuransi Internasional Indonesia (Reindo) dan PT. Maskapai Reasuransi Indonesia (Marein).

Sekian artikel kali ini mengenai pengertian konsolidasi, jangan pernah bosan untuk membaca ya, kita harus membudayakan baca, semoga selalu bermanfaat artikel artikel yang kalian baca. Sampai jumpa di artikel artikel berikutnya yang pastinya akan lebih banyak lagi topik pembahasan yang lebih lengkap.

Baca Juga:

Baca Juga :  Pengertian Integrasi