Pengertian Manajemen

Posted on

Seberapa sering sobat mendengar kata manajemen ? istilah ini sudah pasti tidak asing lagi ditelinga kita. Jadi artikel ini akan membahas pengertian manajemen, fungsi, peran, unsur-unsur, jenis dan contoh manajemen. Selamat menyimak sobat sobat kece.

pengertian management

 

Pengertian Manajemen Secara Umum

Manajemen dalam suatu organisasi atau perusahaan merupakan sistem yang berperan untuk mengatur jalannnya suatu organisasi atau perusahaan agar mampu  mencapai tujuan bersama. Pengertian Manajemen adalah suatu proses untuk mengatur kinerja suatu organisasi atau perusahaan yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk mencapai tujuan yang telah ditagetkan melalui sistem berkerja sama memanfaatkan sumber daya yang ada sesuai perencanaan dan efisiensi untuk melaksanakan pekerjaan dengan benar dan teroganisir.

 

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

  • Harold Koontz’

    Harold Koontz‘ berpendapat bahwa manajemen adalah suatu seni untuk menyelesaikan semua kegiatan melalui orang-orang didalam suatu kelompok yang berorganisasi secara formal. Ini merupakan seni untuk menciptakan lingkungan dimana orang-orang  bisa menjalin kerja sama untuk mencapai tujuan kelompok yang ada.

  • Megginson, Mosley Dan Pietri

    Menurut mereka manajemen memiliki pengertian bekerja dengan pemanfaatan sumber daya manusia yang ada, sistem finansial serta fisik untuk mencapai tujuan organisasi dengan perencanaan, organisasi, kepemimpinan dan pengendalian fungsi.

  • Kreitner

    Menurut Kreitner Manajemen adalah suatu proses pemecah permasalahan untuk mencapai tujuan yang ditargetkan oleh organisasi secara efektif melalui proses penggunaan sumber daya yang efisien dalam suatu lingkungan.

  • FW Taylor

    Menurut FW Taylor Manajemen merupakan seni untuk mengetahui apa yang harus kita lakukan dalam bekerja, kapan kita harus bertindak  serta kita melihat bahwa itu harus dilakukan dengan cara yang terbaik.

  • Van Fleet Dan Peterson

    Van Fleet dan Peterson mendefinisikan bahwa manajemen merupakan serangkaian kumpulan kegiatan yang terarah kepada pemanfaatan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien dalam mengejar pencapaian satu atau lebih tujuan.

  • Hilman

    Hilman mendefinisikan bahwa manajemen adalah suatu fungsi yang digunakan untuk mencapai target melalui kegiatan sekumpulan manusia serta melakukan pengawasan terhadap usaha setiap individu agar tercapai tujuan yang sama.

  • Dr. Ahuja

    Menurut Dr. Ahuja, manajemen adalah pihak-pihak yang menyediakan dan menawarkan jasa untuk bidang yang berhubungan dengan kegiatan kemanajemenaan.

 

Fungsi Manajemen Dalam Bisnis

Perencanaan (Planning)

Hal terpenting dalam kegiatan sebuah manajemen dalam bisnis adalah sebuah perencanaan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentu membutuhkan perencanaan yang terarah dalam mengelola manajemen suatu perbisnisan. Merencanakan setiap hal yang akan dilakukan maupun yang akan ditindaklanjuti dalam perbisnisan. Planning atau perencanaan ini merupakan fungsi manajemen yang pertama. Perencanaan atau merencanakan merupakan suatu hal yang akan dilakukan untuk membuat dan menetapkan tujuan.

Penempatan (Staffing)

Staffing atau penempatan lebih berfokus terhadap sumber daya secara umum. Sumber daya bisa berupa perlengkapan, peralatan dan inventaris dalam suatu organisasi.

Pengarahan (Directing)

Pengarahan adalah tindakan untuk menciptakan sistem kerja yang dinamis, sehat, efisien supaya memiliki kinerja yang produktif. Beberapa contoh fungsi pengarahan :

  • Membimbing dan memberi motivasi kepada pekerja.
  • Memberi penjelasan secara rutin tentang pekerjaan.
  • Menjelaskan semua kebijakan organisasi yang sudah ditetapkan.

Pengawasan (Controling)

Pengawasan merupakan fungsi manajemen yang terakhir. Fungsi pengendalian atau pengawasan disini berperan untuk mengawasi apakah semua tugas dan kegiatan yang dikerjakan sesuai dengan rencana atau tidak.

 

Peran Penting Manajemen Bagi Organisasi Atau Perusahaan

Manajemen berperan penting dalam suatu organisasi atau perusahaan karena setiap organisasi atau perusahaan memiliki sistem kerja yang salah satunya adalah sistem manajemen, peran penting manajemen bagi organisasi, dapat  dijabarkan melalui beberapa poin berikut ini:

  • Membantu pencapaian beberapa target organisasi atau perusahaan.
  • Mengoptimalkan siklus sumber daya.
  • Mengarahkan organisasi atau perusahaan pada kinerja yang baik.
  • Menciptakan keseimbangan disetiap aspek kegiatan perusahaan.

 

Unsur-Unsur Manajemen 

Manusia (Human)

Unsur manajemen yang paling utama adalah sumber daya manusia. Selain menentukan rencana, manusia juga yang melakukan proses hingga mencapai tujuan yang ditargetkan . Kegiatan permanajemenan tidak bisa berproses tanpa ada manusia, karena manusia pada dasarnya adalah makhluk pekerja.

Uang (Money)

Suatu organisasi atau perusahaan tidak bisa terlepas dari kebutuhan yang mengeluarkan hitungan nomial berdasarkan kebutuhan. Dengan adanya uang yang cukup maka manajemen perusahaan akan lebih leluasa dalam melakukan sejumlah kerja untuk mencapai tujuan akhir yaitu memperoleh keuntungan (laba).

Materials (Bahan)

Bahan baku atau material sangat penting dalam suatu kegiatan produksi. Tanpa bahan baku perusahaan tidak bisa mengolah sesuatu untuk dijadikan produk yang memiliki nilai jual.

Mesin (Machines)

Untuk proses pengolahan bahan baku menjadi barang jadi selain dibutuhkan tenaga kerja manusia juga dibutuhkan seperangkat mesin (peralatan kerja). Dengan menggunakan mesin akan mempercepat proses produksi dan lebih efisien dalam aspek waktu. Disamping aspek efisien, dengan menggunakan mesin dapat mengurangi tingkat kesalahan manusia, namun tetap dibutuhkan sumber daya yang handal untuk mengoperasikan mesin dan bahan baku yang berkualitas tinggi supaya memperoleh hasil yang bagus (maksimal).

Metode (Methods)

Dalam menerapkan manajemen dibutuhkan metode atau SOP (Standard Opartional Prosedure) yang telah disepakati atau ditetapkan oleh perusahaan supaya tercipta keefisienan dalam kerja.

Pasar (Market)

Pasar disini kita membahas bagaimana permintaan dilapangan, karena jika tidak ada permintaan maka tidak akan terjadi proses produksi (terhenti) dan perusahaan akan menjadi vakum. Kita bisa menguasai pasar dengan pihak manajemen harus memiliki strategi pemasaran yang handal dan mampu  bersaing dengan perusahaan sejenis dari semua aspek seperti harga dan kualitas produk.

 

Contoh Dan Jenis-Jenis Manajemen

Berikut ini beberapa jenis manajemen beserta contohnya:

Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen ini berfungsi untuk memperoleh sumber daya manusia (SDM) unggul untuk berkarya di perusahaan ataupun bisnis yang ada, dan mencari SDM yang dapat mengatur kerja sama dan memastikan SDM tetap bekerja dengan penuh keyakinan terhadap hasil yang akan dicapai serta menjaga kualitas hasil pekerjaan, bahkan mungkin bertambah dimasa yang akan datang.

Manajemen Operasional

Manajemen operasional memiliki fungsi untuk menghasilkan produk sesuai standar operasi yang ditetapkan, produk yang dihasilkan bisa memenuhi kebutuhan serta keinginan konsumen yang berbeda-beda dengan tidak meninggalkan teknik produksi yang efisien.

Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran berfungsi untuk mempelajari serta mengidentifikasi sumua yang dibutuhkan para konsumen. Didalamnya juga menganalisa kekuatan produk pesaing agar mampu bersaing dipasar serta dapat mencapai target perusahaaan yang  maksimal.

Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan bermanfaat untuk mengetahui bahwa kegiatan bisnis yang ada benar dapat mencapai semua tujuan perusahaan secara maksimal dibidang ekonomi, dimana laba yang diperoleh menjadi pengukurnya. Manajemen keuangan juga berfungsi sebagai pertimbangan supaya rencana permodalan bisa ditetapkan untuk bayangan pembiayaan bisnis juga mampu mengolah laba yang diperoleh untuk kembali diputar sehingga tujuan perusahaan dapat terlaksana dengan maksimal.

Nah, demikianlah artikel mengenai pengertian manajeman, semoga bermanfaat bagi kalian pembaca setia, dan sampai berjumpa di artikel artikel terupdate berikutnya.

Baca Juga:

 

Baca Juga :  Pengertian Integrasi