Pengertian Narrative Text

Posted on

Pengertian Narrative Text – Halo sobat seputarcaraku.com, Pada materi kali ini kami akan mengulas mengenai Pengertian Narrative Text dimana dalam hal ini Tujuan,Ciri-ciri, Struktur Text,Unsur,Kebahasaan dan Contoh kalimat . agar lebih dapat memahami dan mengerti selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Narrative Text
Pengertian Narrative Text

Pengertian Narrative Text

Narrative text adalah jenis teks bahasa Inggris yang bertujuan untuk menceritakan sebuah kisah yang memmpunyai serangkaian peristiwa kronologis yang saling berhubungan.

Tujuan Narrative Text

  • Memberikan hiburan kepada pembaca.
  • Membagikan pengalaman estetika untuk pembaca.
  • Memperluas wawasan Anda dan berikan informasi.

Ciri-Ciri Narrative Text

Berikut adalah ciri-ciri Narrative Text(teks naratif), antara lain sebagai berikut :
  • Narrative Text menceritakan kisah masa lalu.
  • menggunakan noun (kata benda) untuk menggantikan kata ganti binatang, orang atau benda dalam cerita. (The dwarfs, Carriage, dll.) (Kurcaci, Gerbong, dll.).
  • Merupakan cerita rakyat atau telah dikenal dan dikembangkan di komunitas sebagai cerita bersama, meskipun dapat diceritakan dalam versi cerita yang berbeda. (Malin Kundang / Indonesia: Tanggang / Malaysia)
  • Unsur cerita terdiri dari menentukan waktu dan tempat, tema cerita, karakter cerita, suasana cerita, konflik dan resolusi.
  • Dapat diatur dalam urutan sederhana atau terdiri dari beberapa urutan kompleks.
    *) Urutan adalah serangkaian instruksi yang pelaksanaannya berurutan / konsisten. Apa yang ditemukan pertama kali akan dilakukan terlebih dahulu dan jika urutan instruksi dibalik, itu akan memiliki arti yang berbeda.

Struktur Narrative Text

Struktur narrative text berfokus pada serangkaian langkah yang diusulkan untuk mengembangkan teks ini sendiri. Umumnya, ada empat tahap dalam teks naratif, yaitu:

Baca Juga :  Pengertian Vulnerability

1.Orientation

Orientation(Orientasi) atau biasa disebut pendahuluan, berisi siapa, kapan, di mana sebuah cerita terjadi.

2.Complication

Complication(Komplikasi) menunjukkan awal dari masalah yang menyebabkan puncak masalah atau yang biasa disebut klimaks. Bagian ini biasanya melibatkan tokoh utama dalam cerita.

3.Resolution

Bagian ini adalah akhir dari cerita atau dalam bentuk solusi untuk masalah yang telah terjadi. Masalah yang bisa dipecahkan bisa lebih baik atau bahkan lebih buruk, yang akan membuat cerita berakhir bahagia atau sebaliknya.

Terkadang ada resolusi yang datang dalam bentuk masalah lain yang harus diselesaikan. Ini sengaja dilakukan oleh penulis untuk menambah dan mempertahankan minat dan ketegangan bagi pembaca. Biasanya jenis resolusi ini ada dalam genre misteri dan horor.

4.Re-orientasi

Bagian ini adalah penutup dari cerita opsional. Reorientasi dapat berisi pelajaran moral, saran atau pelajaran dari penulis.

Unsur Narrative Text

 

1.Alur (Plot)

Adalah alur atau jalan dimulainya secara sistematis dari awal hingga akhir sehingga sejarah kronologis disajikan dengan jelas dan teratur.

2.Pengembangan

Pengembangan merupakan bagian dari urutan yang dimulai dari pengenalan karakter, konflik muncul, menyelesaikan konflik, hingga akhir karangan.

Kebahasaan Narrative Text

  1. Menggunakan bahasa yang menghubungkan kata sebagai yang pertama, kemudian, dan terakhir.
  2. Penggunaan majas (kiasan tokoh).
  3. Menggunakan kata sifat, objek, klausa dan kalimat.
  4. Melibatkan kata-kata intransitif dan transitif .

Contoh Kalimat Narrative Text

 

Orientasi

Afril memanggil saya dan saya selalu menoleh. Nama lengkap saya adalah Afrilia Cemara. Kata Ibu, Bapak, yang sangat antusias, memberi saya nama ini. Ayah saya adalah orang yang sangat tegas dan bertanggung jawab, sedangkan ibu saya adalah orang yang sangat rajin dan baik hati, dan saya memiliki saudara perempuan yang sangat manja tetapi dia sangat cerdas.

Baca Juga :  Arti Kata Wa Iyyakum

Konflik

Saya sangat bersyukur telah dilahirkan dalam keluarga yang harmonis ini, saya sangat mencintai mereka, keluarga saya hidup berkecukupan. Ayah selalu bekerja keras. Saya ingin mengucapkan terima kasih, tetapi saya malu. Dalam hati saya, saya bermaksud untuk membuat mereka bahagia, untuk pergi bersama ke Tanah Suci Aamiin. Tetapi untuk mimpi ini, saya tidak tahu di mana mencari biaya dan kemana. Padahal pada saat itu saya hanya seorang pelajar.

Sejak semester 1 kuliah, saya selalu mencari pekerjaan sampingan dan hasil yang saya dapat sya tabungkan, tekad saya bulat, saya benar-benar ingin mewujudkan mimpi saya, sampai semester 7, saya hanya bisa mengumpulkan tabungan 20 juta , masih jauh dari cukup untuk menutupi biaya berangkat ke Tanah Suci dengan 4 orang.

Resolusi

Setelah saya lulus, saya mulai bekerja di sebuah perusahaan, perusahaan ini mengizinkan karyawannya untuk berinvestasi. Sekitar tiga tahun berturut-turut, saya mendapat manfaat dari investasi saya dan saya terbantu oleh tabungan saya. gaji. Alhamdulillah, keluarga kami bisa pergi ke Tanah Suci.

Kode / Akhir:

Dengan tekad yang kuat, usaha keras dan di atas semua kepercayaan diri, akhirnya seluruh keluarga kami dapat berangkat ke Tanah Suci untuk mengunjungi rumah Allah SWT. Benar bahwa Tuhan ada di mana-mana, terus berdoa dan selalu berusaha.

Berikut adalah contoh lain dari  narrative text(kalimat naratif):

  • It was a time where a knight heard about the contest to fight for the king’s daughter. (Dahulu kala, ada seorang ksatria yang mendengar kontes untuk memperjuangkan putri raja)
  • Once upon a time, there was witch living alone in the jungle. (Di zaman kuno, ada seorang penyihir yang tinggal sendirian di hutan).
  • One day, there was a hungry crocodile waiting for the prey near the lake in the jungle. (Suatu hari, buaya yang lapar sedang menunggu mangsanya di tepi danau di hutan).
Baca Juga :  Pengertian Informasi

Kata dalam huruf tebal menunjukkan bahwa ini telah terjadi di masa lalu. Ini adalah contoh lengkap Narrative Text.

Demikianlah materi tentang Pengertian Narrative Text beserta ulasan lengkapnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda, jangan lupa untuk selalu mengujungi website ini untuk mendapatkan artikel – artikel menarik sobat sekalian.

Baca Juga :