Pengertian Negara Kesatuan

Posted on

Hai sobat seputarcaraku.com kali ini author akan membagikan artikel mengenai Pengertian Negara Kesatuan, Pengertian Negara Kesatuan Menurut Para Ahli, Kelebihan Negara Kesatuan, Konsep Negara Kesatuan, Ciri Negara Kesatuan, Contoh Negara Kesatuan terlengkap dibawah ini.

Pengertian Negara Kesatuan
Pengertian Negara Kesatuan

 

Pengertian Negara Kesatuan

Negara kesatuan adalah negara dimana semua sistem ketatanegaraan dan sistem pemerintahan dipegang oleh satu badan yaitu pemerintahan pusat, baik urusan dalam maupun luar negara. Kesimpulannya kedaulatan berada sepenuhnya ditangan pemerintah pusat.

Pengertian Negara Kesatuan Menurut Para Ahli

  • F Strong

    Negara kesatua adalah negara yang dimana setiap daerahnya berada di tangan pemerintahan pusat serta disebut sebagai negara bersusun tunggal.

  • Moh Kusnadi dan Hamaily Ibrahim

    Mereka berpendapat bahwa Negara kesatuan merupakan sebuah negara yang memiliki sistem susunan atas satu negara  tanpa ada negara bagiannya.

  • Abu Daud Busroh

    Adalah negara yang tidak ada negara bagian yang terdapat didalamnya, tidak tersusun atas beberapa negara dan bersifat tunggal.

Kelebihan Negara Kesatuan

  1. Kepentingan negara dapat ditangani secara merata karena menganut sentralisasi dan desentralisasi pemerintahan dari pemerintahan negara yang ada.
  2. Koordinasi pemerintah pusat dan daerah akan lebih mudah karena terbagi atas kepala daerah dan dengan sistem pemerataan disetiap daerah
  3. Memiliki struktur negara yg sederhana dengan hanya ada satu parlemen atau kepala pemerintahan, dibuat sederhana dan tidak terlalu banyak pihak yang bersangkutan.
  4. Negara memiliki tokoh negara yang berkualitas karena diseleksi secara nasional.
  5. Negara Kesatuan umumnya selalu berjalan stabil, tidak terlalu banyak masalah yang dihadapi.
  6. Perekonomian relatif murah, jika mahal patut dipertanyakan.

 

Konsep Negara Kesatuan

Negara kesatuan umumnya memiliki sistem pemerintahan sentralisasi dan desentralisasi, sentralisasi dimana segala urusan kenegaraan di kendalikan oleh pemerintahan pusat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dan pengatur semua jalannya pemerintahan suatu Negara. Sedangkan desentralisasi dengan menerapkan sistem otonomi daerah.

Ciri-Ciri Negara Kesatuan

  1. Memiliki kepala negara atau presiden, para menteri, dan dewan perwakilan rakyat serta adanya UUD suatu negara.
  2.  Memiliki satu kepala pemerintahan dibantu oleh kabinet yang berisi para menteri menteri.
  3. Terdapat satu konstitusi yang mengatur segala aspek kehidupan setiap warga negaranya.
  4. Kedaulatan mencakup kedaulatan luar dan dalam yang disetujui oleh pemerintahan pusat.
  5. Wilayah dibagi atas kumpulan daerah daerah.
  6. Menganut sistem sentralisasi dibagian pusat dan desentralisasi dibagian daerah dalam hal kekuasaan dan wewenang pemerintahan dan ketatanegaraan.
  7. Menganut ketentuan hanya dengan satu kebijakan untuk mengatasi berbagai maslah-masalah yang datang serta dihadapi seperti masalah bidang budaya, ada juga sosial, bidang politik, ekonomi, juga keamanan dan pertahanan.
  8. Rakyat dapat berhubungan langsung dengan pemerintahan pusat mengenai daerah mereka.

 

Contoh Negara Kesatuan

  1. Indonesia

    Negara Kesatuan Indonesia atau sering disebut Republik Indonesia merupakan salah satu negara kesatuan yang berada dikawasan daerah Asia Tenggara dilewati oleh garis Khatulistiwa diantara dua benua yaitu Asia dan Australia serta diapit dua samudera Pasifik dan samudera Hindia. Salah satu negara berkembang yang memiliki keberagaman adat istiadat dan beragam budaya yang telah diakui dibelahan berbagai bumi didunia.

  2. Filipina

    Dengan Negara yang berbentuk Republik presidensial dimana presiden merupakan penguasa tertinggi yang mengatur jalannya sistem pemerintahan negara, dengan ini negara Filipina disebut negara Kesatuan.

  3. Jepang

    Negara Jepang atau nippon yang diberi sebutan negara Matahari karena terletak dibagian timur, Memiliki seorang kaisar sebagai seseorang yang menjadi pemersatu rakyat yang terpilih dari parlemen. Memiliki pemerintahan Monarki Konstitusional.

  4. Inggris Raya

    Inggris Raya juga merupakan salah satu Negara yang berbentuk kesatuan dimana Inggris beribu kota London meiliki luas wilayah (km2): 244.820. Jenis kekuasaan yang dianut merupakan Monarki Konstitusional. Negara Inggris ini terdiri atas 2 komponen sistem pembentuknya. Pertama adalah daerah atau wilayah yang administratif. Kedua adalah wilayah atau tempat yang (bergantung pada kerajaan inggris).

  5. Italia

Italia merupakan salah satu negara di Eropa yang berbentuk Republik, dan sistem pemerintahannya adalah parlementer dimana presiden sebagai kepala Negara dan Perdana Menteri sebagai pusat pengendali pemerintahan. Sehingga negara ini disebut Negara Kesatuan.

 

Perbedaan Negara Kesatuan dan Negara Serikat

Negara Kesatuan ini merupakan negara yang berdiri sendiri tanpa ada negara bagian dengan pemerintahan pusat sebagai pengatur jalannya pemerintahan, dimana rakyat diberikan kesempatan untuk secara langsung berkomunikasi dengan pemerintahan pusat mengenai daerah mereka masing-masing. Sedangkan Negara Serikat adalah suatu negara dengan bentuk sistem pemerintahan yang bukan pemerintahan pusat sebagai pemegang jalannya pemerintahan yang paling tinggi melainkan setiap tugas akan dibagikan dengan cara konstitutional.

Dan sekian dulu artikel dari seputarcaraku.com mengenai tentang Pengertian Negara Kesatuan, dengan adanya artikel ini semoga bisa menjadi referensi untuk kalian dan semoga bermanfaat. Jangan lupa nantikan artikel terlengkap dan tidak kalah bermanfaatnya dilain kesempatan ya sobat.

Baca Juga :

 

Baca Juga :  Contoh Metode Penelitian