Pengertian Puisi

Posted on

Pengertian Puisi – Halo sobat seputarcaraku.com, Pada materi kali ini kami  akan mengulas mengenai Puisi  dimana dalam hal ini Pengertian Puisi, Menurut  Ahli, Tujuan, Unsur-Unsur dan Jenis-Jenis Puisi , agar lebih dapat memahami dan mengerti selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Puisi
Pengertian Puisi

Pengertian Puisi

Puisi adalah karya sastra dalam bentuk ekspresi hati penulis di mana ada irama, irik, sajak dan irama pada setiap baris. Dikemas dalam bahasa imajinatif dan disusun dengan kata-kata penuh dan bermakna. Puisi dibagi menjadi dua jenis, yaitu puisi lama dan puisi baru. Setiap jenis puisi tentunya memiliki karakteristik dan struktur yang berbeda.

Pengertian Menurut Para Ahli

  • Menurut KBBI

Menurut KBBI, puisi ialah jenis karya sastra yang bahasanya dihubungkan dengan matra, rima, ritme, dalam susunan larik dan bait. Definisi puisi dapat diartikan sebagai puisi dan komposisi dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan diatur dengan hati-hati dan presisi sehingga orang menjadi sadar akan pengalaman yang ada dan tanggapan khusus diterbitkan oleh pengaturan suara. , irama dan makna khusus. .

  • Menurut Mark Doty

Puisi ialah penyelidikan dan bukan ekspresi yang diperoleh dari apa yang kita ketahui.

  • Menurut Tjahjono

Puisi adalah pencipta, pembangun dan pembuat karena, pada dasarnya, penciptaan karya puisi berarti bahwa seseorang telah membangun, menciptakan dan membentuk dunia baru, baik secara fisik maupun mental.

  • Menurut Sumardi

Puisi adalah karya sastra yang menggunakan aturan bahasa ringkas dan padat dan diselingi sesuai dengan suara yang benar dengan pilihan kata-kata kiasan imajinatif (ilusi).

  • Menurut Theodore Watts-Dunton

Puisi adalah ekspresi konkret dan artistik yang berasal dari semangat manusia dalam ekspresi dan ritme emosional.

  • Menurut Shahnon Ahmad

Puisi  adalah unsur-unsur yang berasal dari emosi, imajinasi, pikiran, ide, nada, irama, kesan sensorik, urutan kata, kiasan, kepadatan, ketepatan dan perasaan yang datang dari seorang penyair.

  • Menurut Panuti Sudjiman

Puisi adalah ciptaan karya sastra yang, dalam susunan larik dan bait, dihubungkan oleh sajak, dimensi, dan ritme. pikiran manusia dalam bahasa yang emosional dan berirama.

Tujuan Puisi

Setiap penyair memiliki tujuan dan sasaran mereka sendiri ketika membuat puisi. Tentu saja, Sasaran dan tujuan dari setiap penyair berbeda-beda. Secara umum, penyair bertujuan untuk mengekspresikan hati mereka, hal-hal yang membuat mereka bingung bahwa mereka tidak dapat menyampaikan hanya secara lisan. Tetapi ada juga penulis yang membuat puisi untuk kesenangan dan kepuasan untuk mengungkapkan imajinasi mereka. Tujuan sebuah puisi dapat tersirat (tersembunyi) di balik bahasa kiasan yang digunakan oleh penyair.

Puisi adalah karya seni yang digunakan untuk menyampaikan ide, sehingga tujuan puisi adalah dulce (indah) dan bermanfaat (berguna). Puisi juga berupaya mengurangi nilai kemanusiaan yang terkikis teknologi dan menyadarkan kembali umat manusia dari posisinya sebagai subjek dalam kehidupan. Puisi bertujuan untuk mengembalikan stabilitas, keharmonisan dan kelengkapan pribadi manusia.

Unsur-Unsur Puisi

Unsur-Unsur  puisi dibagi menurut strukturnya menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut:

Baca Juga :  Contoh Metode Penelitian

Struktur Fisik Puisi

Berikut adalah  struktur fisik puisi antara lain:

  • Tipografi

Tipografi adalah elemen puisi yang diisi dengan kata-kata, tepi kiri dan kanan, dan tidak memiliki susunan baris. Sehingga permulaan puisi tidak dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik. Tetapi masih bisa menentukan makna sebuah puisi.

  • Diksi

Diksi  ialah pilihan kata-kata yang digunakan oleh penyair dalam puisinya. Karena puisi memiliki sifat menggunakan bahasa yang berisi, pilihan kata harus mengandung makna. Pilihan kata-kata dibuat dengan penekanan pada ritme, nada dan estetika (keindahan bahasa).

  • Imaji

Imaji  Merupakan  elemen yang melibatkan indera manusia, seperti penglihatan, suara, dll. Penggunaan Imaji dimaksudkan untuk memungkinkan pembaca dan pendengar membayangkan dan merasakan apa yang dirasakan penyair.

  • Kata  Konkret

Kata konkret adalah kata yang mungkin untuk Imaji, kata konkret ini misalnya permata biru dapat berarti lautan. Kata-kata konkret memiliki kualitas imajinatif yang memunculkan Imajinasi.

  • Gaya Bahasa

Gaya bahasa adalah cara menggunakan bahasa yang memiliki sifat menjiwai dan melahirkan rasa konotasi dengan menerapkan bentuk.

  • Rima / Irama

Rima atau Irama adalah persamaan suara di awal, di tengah dan di akhir puisi.

Struktur Batin Puisi

Di bawah struktur Batin puisi ini:

  • Tema

Tema adalah salah satu elemen utama dari sebuah puisi karena tema tersebut sangat terkait erat dengan makna yang dimaksudkan oleh penyair dalam puisi itu. Tanpa tema yang jelas, sebuah puisi akan tercipta  tanpa makna yang jelas.

  • Nada

Nada adalah elemen yang terkait dengan sikap penyair terhadap pembacanya. Pada dasarnya, nada yang digunakan bervariasi seperti  nada sombong, nada tinggi dan nada rendah.

  • Amanat

Amanat  adalah pesan yang terkandung dalam sebuah puisi. Amanat dapat ditemukan dengan cara menafsirkan puisi secara langsung.

Baca Juga :  Surat Pengunduran Diri

Jenis-Jenis Puisi

Berikut Ini adalah Jenis-jenis puisi beserta pengertiannya :
  • Puisi Lama

Puisi lama adalah puisi yang terikat oleh aturan. Biasanya, jumlah kata pada 1 baris, jumlah baris dalam 1 bait, puisi dan banyak suku kata di setiap baris, dan ritme.

  • Pantun

Pantun adalah puisi yang memiliki puisi sajak a-b-a-b, setiap baris memiliki 8-12 suku kata, 2 baris pada awal puisi disebut sampiran, 2 baris pada akhir puisi disebut isi , setiap bait terdiri dari 4 baris.

  • Syair

Syair  adalah puisi dari negara Arab yang memiliki karakteristik di setiap bait, ada 4 baris, bersajak a-a-a-a, berisi saran dan cerita.

  • Karamina

Karamina adalah jenis sajak cepat yang berarti sajak yang sangat singkat.

  • Gurindam

Gurindam adalah puisi yang memiliki 2 baris syair, bersajak  a-a-a dan umumnya berisi saran.

  • Puisi Baru

Puisi Baru adalah puisi yang tidak lagi terikat oleh aturan, puisi baru memiliki bentuk yang lebih bebas pada saat yang sama dalam jumlah baris, suku kata atau sajak.

Demikianlah materi tentang pengertian Puisi beserta ulasan lengkapnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda, jangan lupa untuk selalu mengujungi website ini untuk mendapatkan artikel – artikel menarik sobat sekalian.