Pengertian Perangkat Lunak

Posted on

Pengertian Perangkat Lunak – Saat ini banyak sekali jenis-jenis perangkat lunak saat ini, yang terbagi menjadi program aplikasi, sistem operasi dan bahasa pemrograman di mana saat ini banyak orang tertarik untuk belajar membuatnya. Sekarang karena ada banyak minat manusia yang ingin bertanggung jawab atas perangkat lunak ini.

Kali ini seputarcaraku.com akan membagikan artikel tentang Definisi Perangkat Lunak, Memahami Perangkat Lunak Menurut Para Ahli, Fungsi Perangkat Lunak Secara Umum, Klasifikasi Perangkat Lunak, Jenis Perangkat Lunak, dan Contoh Perangkat Lunak di bawah ini.

Pengertian Perangkat Lunak
Pengertian Perangkat Lunak

Pengertian Software

Perangkat lunak adalah salah satu komponen komputer dalam bentuk perangkat lunak yang menjalankan instruksi dari perangkat keras sebagai penghubung antara perangkat keras dan pengguna, dan sebagai alat untuk mengolah data menjadi informasi.
 

Pengertian Software Menurut Para Ahli

Berbagai pengertian perangkat lunak komputer dikemukakan oleh beberapa ahli yang akan diulas di bawah ini.

  • Wiwit Siswoutomo

    Witit menyatakan pendapatnya bahwa perangkat lunak adalah kehidupan perangkat keras komputer, jadi tanpa perangkat lunak, perangkat keras komputer akan mati dan tidak dapat berfungsi.

  • Imam Prayogo Pujiono

    Perangkat lunak adalah program yang terdapat dalam komputer yang diatur sedemikian rupa dan ketika dijalankan oleh pengguna akan memberikan perintah secara otomatis kepada komputer untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh pengguna atau yang ingin diselesaikan pengguna.

  • Melwin Syafrizal Daulay

    Mengetahui Perangkat Keras-Perangkat Lunak dan Manajemen Instalasi Komputer merupakan sebuah judul buku Daulay yang membahas definisi perangkat lunak, perangkat lunak adalah perangkat yang mengatur semua aktivitas kerja yang terjadi di dalam komputer dan juga instruksi yang diarahkan pada komputer. Setelah itu perangkat lunak berfungsi sebagai jembatan interaksi pengguna dengan komputer menggunakan bahasa mesin.

  • Roger S. Pressman

    Perangkat lunak adalah perintah dalam bentuk program pada komputer yang ketika dijalankan oleh pengguna secara otomatis akan memberikan berbagai fungsi dan menampilkan informasi sesuai keinginan pengguna secara optimal.

  • Wilman dan Riyan

    Mereka mendefinisikan bahwa perangkat lunak adalah perangkat operasi yang berfungsi yang memiliki fungsi menjalankan banyak komponen perangkat keras, perangkat lunak ini memiliki sifat virtual yang tidak dapat dilihat secara fisik, tetapi pengguna dapat melakukan fungsi dan mendapat manfaat dari perangkat lunak komponen perangkat keras, perangkat lunak ini memiliki sifat virtual yang tidak dapat dilihat secara fisik, tetapi pengguna dapat melakukan fungsi dan mendapat manfaat dari perangkat lunak.

 

Fungsi Perangkat/Software Lunak secara Umum

Berikut ini adalah beberapa fungsi yang ditemukan dalam perangkat lunak komputer secara umum, dijelaskan.

  1. Sebagai penyedia fungsi perangkat keras komputer sehingga perangkat komputer dapat dioperasikan secara optimal.
  2. Sebagai pengatur perangkat keras sehingga bisa beroperasi.
  3. Penghubung antara pengguna dan komputer.
  4. Sebagai penerjemah bahasa mesin komputer.
  5. Sebagai pengidentifikasi untuk komputer.

 

Klasifikasi Perangkat Lunak

Perangkat lunak komputer dibagi menjadi dua klasifikasi yang akan diulas di bawah ini.

Perangkat Lunak Berdasarkan Jenis

  • Sistem Operasi (operating system), adalah perangkat komputer yang mengatur fungsi-fungsi yang terdapat pada komponen perangkat keras komputer seperti Windows, UNIX dan Linux.
  • Bahasa Pemrograman (Programming Language), adalah perangkat lunak komputer yang memberikan instruksi atau penerjemah sehingga program aplikasi komputer dapat digunakan, misalnya, PHP, Java, MVB.
  • Program Aplikasi (Application Program), adalah perangkat lunak komputer yang memiliki fungsi tertentu untuk mengeksekusi data sehingga menjadi informasi yang diinginkan pengguna. Contoh program aplikasi adalah Ms. Office, Mozilla Firefox dan lainnya.

Perangkat Lunak Berdasarkan Distribusi

  • Freeware, adalah perangkat lunak yang dapat digunakan tanpa batas secara gratis, tetapi tidak memiliki banyak fitur.
  • Adware, adalah perangkat lunak yang dapat digunakan secara gratis tetapi ada kompensasi untuk iklan di komputer pengguna.
  • Spyware, adalah salah satu perangkat lunak yang berfungsi memata-matai aktivitas atau aktivitas di komputer lain, dan komputer jenis ini banyak disalahgunakan seperti untuk mengambil data orang lain.
  • OpenSource, adalah perangkat lunak yang kode sumbernya dapat dibuka, disebarluaskan, dan ditingkatkan melalui GPL (General Public License).
  • Shareware, alat perangkat lunak yang didistribusikan secara gratis tetapi hanya dalam batas waktu tertentu, misalnya, hanya dalam 30 hari.

 

Macam-macam Perangkat Lunak

Perangkat lunak ini beragam, ada banyak jenis, fungsi dan ada banyak perbedaan, dan karena itu mengikuti ulasan dari jenis perangkat lunak.

  • Perangkat lunak berbayar

    Perangkat lunak berbayar adalah perangkat yang harus kita bayar jika ingin menggunakannya dan tidak dapat diperpanjang karena tidak dapat disalin. Misalnya Corel Draw, Adobe Photoshop dan lainnya.

  • Freeware

    Perangkat lunak bebas adalah perangkat yang dapat kita gunakan kapan saja tanpa batas waktu dan yang dapat didistribusikan. Misalnya, Google Chrome.

  • Free Software

    Perangkat lunak bebas adalah perangkat lunak yang jika kita ingin menggunakannya, kita harus membayar untuk pertama kali menggunakannya dan kemudian gratis, kita juga dapat mendistribusikan dan menyalinnya.

  • Shareware

    Shareware adalah perangkat lunak di mana penggunaannya gratis dalam periode yang ditentukan, untuk penggunaan berkelanjutan, pengguna harus membayar.

  • Malware

    Malware adalah perangkat lunak yang dirancang untuk menembus sistem komputer orang lain dan sering disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab atas kejahatan tersebut.

  • Open Source Software

    Perangkat lunak ini terbuka di mana kode sumber dapat dipelajari dan dapat dibagikan dengan pihak lain dapat digunakan bersama tanpa batas waktu.

 

Contoh Perangkat Lunak

Dengan berbagai jenis dan jenis perangkat lunak, tentunya ada banyak contoh jenis perangkat lunak, berikut adalah beberapa contoh perangkat lunak komputer.

  • Software Anti Virus

    Virus adalah salah satu masalah umum yang dihadapi oleh pengguna komputer, terutama pengguna yang sering berpindah-pindah di dunia maya, oleh karena itu ada alat antivirus untuk mengurangi serangan virus pada komputer seperti AVG, Norton, Avast, Smadav, dll.

  • Image/Paint Software

    Merupakan perangkat lunak pengolah gambar dan desain, sehingga dapat membuat pola atau bentuk desain tertentu, umumnya digunakan oleh anak-anak desain dan anak-anak multimedia seperti Corel Draw, Adobe Photosoft, dan perangkat lunak Paint.

  • Microsoft Office

    Adalah aplikasi yang tugasnya membantu pekerjaan kantor, seperti pembuatan dokumen, akuntansi, presentasi slide yang terdiri dari perangkat lunak Microsoft Word, Excel, Access, PowerPoint, Outlook, dan Publisher.

  • Software System

    Merupakan perangkat lunak sistem operasi yang tentunya sangat penting dalam peralatan komputer, peralatan komputer tidak dapat berfungsi tanpa sistem operasi seperti Windows, Mac dan Linux, Ubuntu, Debian dan lainnya.

  • Software Browser

    Sedangkan untuk peramban, ini adalah salah satu perangkat lunak komputer yang digunakan untuk membantu pengguna menemukan berbagai informasi online, tentu saja, menggunakan kuota dan jaringan. Sedangkan contohnya adalah Opera Mini, Internet Explorer dan Mozilla Firefox.

Demikian artikel tentang Pengertian perangkat lunak, berbagai jenis, jenis, contoh perangkat lunak yang telah kami ulas, Semoga bisa memberikan wawasan kepada semua yang membaca artikel ini. Jangan lupa untuk membagikan pengetahuan Anda dengan orang lain. Sampai jumpa artikel selanjutnya.

Baca Juga :  Pengertian Database