Peta Tematik

Posted on

Pengertian Peta Tematik – Hello sobat pembaca setia, kembali lagi berjumpa. Langsung saja di artikel kali ini akan membahas topik mengenai Peta Tematik atau peta khusus beserta jenis, ciri dan contohnya. Untuk lebih jelasnya mari simak uraian dibawah ini.

Pengertian Peta Tematik
 

Pengertian Peta Tematik 

Peta Tematik merupakan peta yang hanya akan menampilkan sebagian dari permukaan Bumi yang diinginkan dan dibutuhkan. Peta ini memiliki sebutan yaitu peta khusus. Peta tematik menampilkan tampilan yang disesuaikan dengan tema yang ditentukan, misalnya belahan bumi bagian tertentu, baik daratan maupun lautan.
 

Fungsi Peta Tematik

  • Memberikan informasi yang lebih spesifik atas lokasi tertentu.
  • Memberikan informasi khusus tentang suatu pola.
  • Dapat digunakan untuk perbandingan pola pada dua atau lebih peta.
  • Memberitahu posisi suatu tempat.
  • Menggambarkan bentuk suatu lahan atau wilayah.

 

Jenis- Jenis Peta Tematik

Peta curah hujan

Jenis dari peta tematik pertama adalah peta curah hujan yang disebut juga peta isohyet. Peta tematik jenis ini membahas mengenai curah hujan yang menampilkan informasi persebaran curah hujan di suatu wilayah, misalnya di Palembang.

Peta kepadatan penduduk

Jenis peta khusus yang ini adalah peta kepadatan penduduk, merupakan peta yang menggambarkan perbandingan dari jumlah penduduk suatu wilayah dengan luas suatu daerah yang ditempati. Peta ini dibuat untuk kepentingan pihak dinas sosial. Peta ini hanya akan menampilkan jumlah penduduk saja, dengan tujuan kita dapat melihat dengan jelas daerah mana saja yang memiliki jumlah penduduk tinggi atau daerah mana yang memiliki penduduk rendah.

Baca Juga :  Pengertian Banjir : Jenis, Proses dan Penyebab

Peta penyebaran hasil tambang

Peta khusus selanjutnya adalah peta kumpulan persebaran hasil tambang, peta ini menggambarkan suatu wilayah pertambangan dinegara tertentu, misalnya batu bara dengan icon buatan yang menggambarkan batu bara, bertujuan supaya kita mengetahui daerah mana yang memiliki tambang batu bara terendah atau tertinggi.

Peta hasil pertanian

Jenis peta lain dari peta khusus adalah peta persebaran hasil pertanian. Peta khusus ini hanya akan menampilkan suatu titik wilayah perkebunan atau pertanian saja, misalnya pertanian yang berupa kopi,jadi peta yang akan ditampilkan yaitu daerah perkebunan kopi yang terdapat di suatu titik wilayah. Bertujuan supaya kita mengetahui perkebunan mana saja yang mengolah kopi.

Peta Geologi

Jenis dari peta khusus yang selanjutnya adalah peta geologi. peta ini menyajikan semua aspek yang berhubungan dengan situasi geologi di suatu negara. Misalnya adalah situasi geologi di Amerika.
 

Ciri- ciri Peta Tematik

Memiliki tema khusus

peta tematik memiliki tema khusus yang mencakup bagian suatu aspek. Tema yang dimiliki oleh peta khusus misalnya persebaran perkebunan kopi di Indonesia, jadi peta khusus yang akan ditampilakan berhubungan dengan wilayah persebaran kebun kopi di Indonesia.

Data berasal dari peta-peta yang telah di lakukan overlay

Ciri- ciri dari peta khusus selanjutnya adalah datanya berasal dari semua peta yang telah overlay. Maka keterangan yang ada di dalam suatu peta khusus pun sedikit namun lebih detail. Data yang mendetail berasal dari berbagai peta yang telah diolah kemudian ditampilkan ulang sehingga terlihat lebih rapi dan mudah untuk dipahami.

Informasi yang disampaikan berdasarkan tema

Selanjutnya ciri yang dimiliki oleh peta khusus adalah menyajikan data yang terbatas hanya pada tema yang ditentukan.
 

Baca Juga :  Pengertian Negara Kesatuan

Contoh Peta Tematik yang Ada di Indonesia

Berikut ini beberapa contoh peta tematik yang ada di Indonesia:

Peta Kepadatan penduduk Indonesia

Contoh dari peta khusus yang pertama ada di Indonesia misalnya peta mengenai kepadatan penduduk. Peta kepadatan penduduk di Indonesia diatur oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Peta ini digunakan untuk kepentingan mengevakuasi korban ataupun mengantisipasi jatuhnya korban maksimal ketika ada bencana alam. Peta ini tidak terlalu banyak mengaplikasikan warna.

Peta persebaran curah hujan Indonesia

Selanjutnya peta khusus misalnya megenai persebaran curah hujan yang ada di Indonesia. Peta khusus yang menyajikan persebaran curah hujan lebih banyak warna di dalamnya hal ini karena permasalahan curah hujan lebih beragam  dan memiliki beberapa kategori tertentu. Curah hujan bisa berbeda beda di setiap tempat sehingga muncul  tampilan berwarna warni. Peta khusus mengenai persebaran curah hujan di Indonesia dibuat oleh Badan Meteorogi, Klimatologi dan Geofisika yang khusus menangani cuaca dan iklim.

Peta persebaran cadangan gas bumi Indonesia

Peta khusus misal menunjukkan wilayah Indonesia yang mempunyai cadangan gas bumi atau gas alam. Peta ini mempunyai tampilan sepi warna karena hanya memiliki satu warna yaitu warna hijau dilengkapi dengan beberapa titik merah. Di peta cadangan gas bumi biasanya tampak bahwa ada 10 wilayah di Indonesia yang memiliki memiliki potensi cadangan gas alam atau gas bumi.

Demikianlah artikel Pengertian Peta Tematik, semoga bermanfaat. Sampai jumpa diartikel artikel berikutnya yang pastinya membaca akan menjadikan sobat lebih berwawasan.

Baca Juga: