Surat Pengunduran Diri

Posted on

Hai-Hai sobat seputarcaraku.com. Apa kabar ? Sudah baca berapa artikel hari ini ? Boleh dong tambah satu artikel lagi, jadi kali ini kita akan membahas mengenai surat pengunduran diri, untuk lebih jelasnya langsung saja simak artikel dibawah ini.

surat pengunduran diri

Pengertian Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri atau Surat Resign (Resign Letter) adalah salah satu jenis surat yang dibuat untuk menyampaikan bahwa seorang berhenti bekerja dan mengundurkan diri dari suatu pekerjaan adalah hak seorang pekerja.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Dibawah ini merupakan cara atau urutan yang harus ada saat membuat surat pengunduran diri:

  • Tempat dan tanggal pembuatan surat.
  • Nama dan alamat tempat kerja.
  • Isi surat harus jelas, sopan dan mudah dimengerti.
  • Sampaikan permohonan maaf dan ucapan terima kasih.
  • Tanda tangan penulis.
  • Materai (Jika dibutuhkan).

Selain penentuan format surat pengunduran diri juga memiliki syarat dan etika yang harus diterapkan. Berikut ini syarat dan etika penulisan yang baik.

  • Isi surat pengunduran diri harus singkat dan padat.
  • Sampaikan ucapan terima kasih.
  • Tidak menyampaikan kesan buruk terhadap tempat kerja.
  • Sampaikan alasan pengunduran diri anda dengan lugas.
  • Bisa juga berikan cindra mata sebagai kenang-kenangan yang bisa berkesan ditempat kerja.

Fungsi Surat Pengunduran Diri

  • Untuk menyelesaikan proses kontrak kerja.
  • Memberi peluang kepada tempat kerja untuk mencari pengganti.
  • Sebagai tanda hormat bahwa anda diterima kerja secara hormat dan keluar dengan menghormati tempat kerja.
  • Menunjukkan bahwa anda merupakan seorang yang memiliki sikap baik, bermoral, beretika, dan profesional.
  • Sebagai pengunduran diri resmi dari sebuah perusahaan.

Contoh Surat Pengunduran Diri:

1.Contoh Surat Pengunduran Kerja

Tanggal Bulan Tahun

Kepada YTH

Nama lengkap Bapak/Ibu
Nama Perusahaan
Alamat Jalan
Kode Pos

Dengan Hormat,

Paragraf pertama anda bisa menyampaikan maksud anda mengirim surat jelaskan maksud anda secara lugas dan sampaikan juga alasan anda. Contoh kalimat pembuka isi surat pengunduran diri ‘Dengan surat ini saya  bermaksud menyampaikan’ namun jika ragu untuk menggunakan kalimat contoh, Anda juga bisa menentukan kalimat sendiri dengan syarat bersikap sopan dan profesional..

Baca Juga :  Etika Adalah

Pada paragraf kedua, sebutkan rincian seperti tanggal, nama, alamat dan bisa kalian tulis apapun yang akan anda butuhkan untuk dibersihkan sebelum anda keluar serta menjelaskan bahwa anda akan menyelesaikan tugas dan tanggung jawab anda terlebih dulu sebelum keluar.

Terakhir, dengan sopan ucapkan berterima kasih kepada atasan anda atas kesempatan dan dukungan yang telah diberikannya selama Anda bekerja dan juga ucapkan permohonan maaf kepada rekan kerja serta atasan anda.

Dengan hormat

[Nama Anda]

2.Contoh Surat Pengunduran Diri Guru

Bandar Lampung, 25 Januari 2020

Prihal: Penyampaian mohon undur diri
Lampiran : Dua lembar

Yth.
Kepala TK/PAUD Pelita Bunda
di Tempat

Dengan hormat,

Bersama tersampaikannya surat ini,  terhitung mulai dari tanggal 11 Januari 2020, saya selaku guru di TK/PAUD Pelita Bunda mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri karena akan berpindah tempat tinggal  ke luar Sumatera. Bersama surat ini saya lampirkan berkas-berkas persyaratan administratif yang berhubungan.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama   : Melania Nadsyakina
TTl      : Palembang, 24 April 1980
Jabatan : Guru TK/PAUD Pelita Bunda

Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan, kerja sama yang telah terjalin selama ini. Mohon maaf  juga saya sampaikan atas kesalahan-kesalahan dan ucapan yang mungkin kurang berkenan  selama saya mengajar di TK/PAUD Pelita Bunda.

Demikian surat ini saya sampaikan, apabila ada kesalahan kata saya mohon maaf yang setulus-tulusnya. Saya ucapkan terima kasih atas pengertian dan perhatiannya.

Hormat saya,
Melania Nadsyakina

3.Contoh Surat Pengunduran Karyawan   Pabrik

Jakarta, 25 Mei 2018

Kepada Yth :
Kepala Pabrik Adil Makmur
Jln. Kenangan Barat  no 11 Jakarta

Dengan Hormat

Dengan surat ini, saya sebagai salah satu karyawan di PT. Adil Makmur bertanda tangan di bawah ini;

Nama: Lia Andesrada
Departemen: Pemasaran
Jabatan: Staf Admin

Bertujuan untuk mengajukan pengunduran diri dari Pabrik Adil Makmur dikarenakan saya melanjutkan studi S1 di luar negeri. Surat ini saya sampaikan berdasarkan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan oleh pabrik. Saya berharap pihak pabrik memaklumi dan menyetujui permohonan pengunduran diri saya ini. Dapat memberikan hak-hak karyawan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta saya akan menyelesaikan tugas dan tanggung jawab saya terlebih dahulu di pabrik ini.

Baca Juga :  Pengertian Banjir : Jenis, Proses dan Penyebab

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan dengan penuh kesadaran. Terima kasih atas perhatian dan dukungannya selama ini. Serta Mohon maaf atas kesalahan-kesalahan yang saya lakukan selama menjadi bagian dari pabrik ini.

Hormat Saya,

Lia Andesrada

4.Contoh Surat Pengunduran Diri dari Sekolah

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Yth.
Kepala SD/SMA/SMA/SMK* Negeri 1 Lamongan
Jl. Liberty Simanjuntak  Lamongan

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Ahmad Fatih
Pekerjaan : Pedagang
Alamat : Jl. Semoro Tunggal Tanjung Baru
Telp/Hp : 083176383501

Selaku orang tua(wali murid) dari:
Nama siswa : Alera Zadyarizky
Kelas : X TI 3                                                                                                NISN:12356777

Mengajukan permohonan untuk  pengunduran diri anak kami yang bernama  Alera Zadyarizky dari SD/SMA/SMA/SMK* Negeri 1 Lamongan, karena akan pindah sekolah di tempat tinggal yang baru.

Demikianlah surat pengunduran diri ini saya buat dengan kesungguhan tanpa paksaan dari pihak manapun, apabila ada kata yang kurang berkenan saya mohon maaf dan atas perhatiannya  saya ucapkan beribu terima kasih.

Hormat saya,

Ahmad Fatih

5. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Bank

Jakarta, 31 Maret 2018

Kepada Yth.
Bapak Rangga Murjana
HRD Manager PT BANK …. Tbk, KCL Bandar Lampung
Jalan Teuku Umar
Bandar Lampung

Dengan Hormat,

Bersama dibuat surat ini, saya izin mengajukan surat pengunduran diri sebagai karyawan di BANK… Tbk, KCL Bandar Lampung ini.

Nama: Wilda Nugroho
Alamat: Jl. Tupai no.11 Kedaton

Bersamaan dengan adanya surat ini, Saya juga mengucapkan beribu terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk mengaplikasi ilmu saya dengan bekerja di BANK .. sebagai Admin Support selama satu tahun ini.

Saya juga mengucapkan beribu permohonan maaf kepada seluruh jajaran manajemen BANK …. Tbk, KCL Bandar Lampung jika selama ini ada hal yang tidak menyenangkan yang telah saya lakukan baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

Baca Juga :  Pengertian Integrasi

Saya berharap pengajuan pengunduran diri saya ini diterima, sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas pengertian dan perhatiannya.  Semoga BANK … tetap menjadi salah satu perbankan terbaik yang ada di Indonesia dan terus semakin maju.

Demikian lah surat ini saya sampaikan.

Hormat saya,

Wilda Nugroho

6.Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja dengan Alasan

Palembang, 11 Agustus 2019

Yth Kepala Bagian HRD
PT. Azka Terdepan
Jln. Lintang Biru Palembang

Dengan Hormat,

Dengan surat ini, saya mengajukan pengunduran diri terhitung dari tanggal 06 Agustus 2019. Dikarenakan saya akan mendirikan usaha sendiri.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama   : Muhammad Aldul Pratama
TTL      : Bandar Lampung, 05 Mei 1998
Alamat : Palembang
Jabatan: General Accoaunting PT. Azka Terdepan

Semua hal yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai General Accounting PT. Azka Terdepan akan saya laksanakan sampai selesai terlebih dahulu.

Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh kepala pimpinan dan semua rekan kerja yang selama ini membimbing, membantu saya dalam menyelesaikan pekerjaan, serta saya memohon maaf  karena tidak lagi menjadi bagian dari PT. Azka Terdepan ini, mohon maaf juga atas segala kesalahan, ucapan yang kurang berkenan  yang  sengaja maupun tidak sengaja  saya lakukan selama bekerja.

Demikian surat pengunduran diri saya, surat ini saya buat dalam keadaan penuh kesadaran, tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak lain. Atas pengertian dan perhatiannya , sekali lagi saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Muhammad Aldul Pratama

 

Sekian artikel mengenai surat pengunduran diri, semoga bermanfaat bagi kalian para pencinta baca. Sampai jumpa di artikel artikel penambah ilmu lainnya sobat.

Baca Juga: